Cara Mengetahui Model Motherboard Lewat CMD

Ketika anda ingin mengupdate driver, mengecek hardware yang cocok atau kamu hanya ingin tahu. Salah satu cara yang biasa dilakukan pengguna komputer untuk mengetahui model dari motherboard komputer dan tentunnya dengan membuka CPU. Tapi bagaimana jika kamu tetap tidak menemukannya? Atau bahkan malas untuk membuka casing Kumputer CPU  Anda demi melihat label model motherboard didalamnya? Tenang, Masih ada cara lain yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui model motherboard yang kamu gunakan tanpa harus membuka  atau membongkar CPU Komputer anda.





Kenapa Kamu Harus Mengetahui Model Motherboard ??

Ada banyak situasi yang mengharuskan kamu untuk mengetahui model motherboard, contohnya seperti upgrade driver, membeli hardware baru Upgrade PC Beli VGA Ram dan lain lain tentunnya, untuk mengecek kecocokan hardware yang ingin kamu beli.

Jika kamu tidak mengecek kecocokan hardware untuk motherboard kamu akan menyesal dan membuang uang karena salah beli barang buat upgrade pc anda. Contohnya saja WinPoin, ketika ingin upgrade RAM untuk motherboard Intel DG41WV. WinPoin membeli dua keping RAM 4GB, dan ternyata mobo Intel DG41WV satu slot DIMMnya hanya mendukung max 2GB saja per slot. (Yeah,, 1 juta rupiah gak bisa dipake..sakitnya tuh bener-bener disini men ;v)


Jika terbiasa menggunakan command line, kamu akan lebih mudah untuk mengecek mobo dan hardware dengan menggunakan Windows Management Instrumentation Command-line (WMIC). Dengan WMIC tool, kamu bisa masuk ke baseboard untuk mengecek status motherboard seperti perusahaan, model, nama, partnumber, slotlayout, serialnumber dan sebagainya.
Bagai mana cara mengecek Mobo lewat cmd simak langkah-langkah berikut ini:
  • Pertama buka command prompt, caranya tekan Win+R, ketikkan cmd dan tekan Enter.
  • Lalu ketikkan atau paste perintah seperti di bawah ini.
  • wmic baseboard get product,Manufacturer,version,serialnumber
  • Kamu akan melihat data seperti di bawah ini.


Dari informasi di atas, perusahaan yang membuat mobonya adalah Intel, modelnya adalah DG41WV, dan selain itu tool WMIC juga menampilkan informasi serial number. Semua informasi yang kamu butuhkan ada di WMIC, tapi jika kamu suka tampilan GUI maka kamu bisa menggunakan aplikasi bantuan saja.

Nah, begitulah caranya. Mungkin sampai disitu dulu penjelasan tentang Cara Mengetahui Model Motherboard Lewat CMD. Apabila masih ada yang bingung dengan langkah-langkah di atas, kalian bisa tanyakan langsung kepadaku lewat comment dibawah. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Posting Komentar