Cara Membuat Pakan Ikan Hias yang Masih Kecil

Hallo  Shobatasmo - Kutu air merupakan pakan alami bagi anak ikan (burayak) air tawar maupun ikan air payau.Terlebih burayak ikan cupang, ikan guppy, ikan molly dan burayak  ikan hias air tawar yang lainya ataupun ikan air tawar seperti benih ikan lele, gurame, nila dan sebaginya.


Sebenarnya budidaya kutu air ini dilakukan sebelum melakukan pemijahan ikan cupang ataupun pemijahan ikan hias lainya, karena ketika burayak menetas dari telurnya, pakan untuknya telah tersedia. Sebelum melakukan budidaya kutu air ada baiknya kita kenali dulu seperti apakah kutu air yang nantinya menjadi makanan untuk burayak ikan cupang.


Buidaya Kutu Air Dengan Kol Dan Air Moina

Budidaya Kutu Air daphina Dengan Kol

Dhapnina sp berwarna putih transparan sedangkan
Habitat Daphnia sp adalah perairan tawar seperi kolam, danau, dan tempat-tempat tergenang lainnya dengan suhu 21 derajat celcius dan Ph 6,5 – 9.

Budidaya Kutu Air moina

Sedangkan Moina sp berwarna kemerahan dan banyak dijumpai pada perairan rawa yang banyak  mengandung bahan organik yaitu rawa-rawa yang berumput dan banyak kayu-kayu mati.Nah pada kesempatan kali ini admin akan mengulas budidaya kutu air yang jenis Daphnia sp.

Budidaya Kutu Air Dengan Kol busuk

Sayur kol yang admin dapat adalah dari sampah pasar, kenapa admin pilih yang sampah tidak yang masih bagus dan beli, itu karena yang dari sampah hampir busuk dan cara membuat kutu air datang dengan cepat.

Langkah Kedua Menyiapkan Wadah Untuk Budidaya Kutu Air

Wadah untuk budidaya kutu air dengan kol yang terpenting adalah lebar ataupun panjang tidak perlu yang tinggi. Budidaya kutu air ini juga tergantung dengan budidaya ikan (cupang) anda

Jika ikan yang dibudidaya banyak maka di perlukan budidaya kutu air skala besar dan untuk itu perlu juga membuat kolam yang besar, baik itu kolam semen maupun kolam terpal.

Langkah Ketiga Mengisi Air Untuk Budidaya Kutu Air

Masukan air yang sudah tua " air yang sudah diendapkan", pengisian air ini secukupnya saja, yang terpenting tidak tinggi akan tetapi melebar ataupun memanjang seperti (kulkas).

Langkah Keempat Memasukan Kol

Kol yang sudah sudah didapat bersihkan dahulu sebelum di masukan ke wadah budidaya. Agar supaya tidak jadi tempat bersarang dan bertelurnya nyamuk, maka wadah perlu di beri tutup. saya  sendiri tidak memberi penutup dan itu sengaja admin lakukan agar nyamuk bertelur, karena teman saya  butuh jentik nyamuk untuk pakan ikan cupang teman saya yang sudah besar.

Langkah Kelima Dalam Budidaya Kutu Air

Biarkan selama kurang lebih satu minggu, dalam masa pembusukan kol, air akan berubah menjadi hitam....lama kelamaan air akan jernih kembali karena sudah mengendap, dan tereeeeeng......anda akan melihat beribu-ribu bahkan berjuta-juta kutu air.

Langkah Keenam Pemanenan Kutu air

Ambil dengan saringan halus khusus kutu air, dan lakukan penkulturan secara kontinu agar burayak selalu kenyang dan cepat besar.

 Nah, begitulah caranya. Mungkin sampai disitu dulu penjelasan tentangCara Membuat Pakan Ikan Hias yang Masih Kecil. Apabila masih ada yang bingung dengan langkah-langkah di atas, kalian bisa tanyakan langsung kepadaku lewat comment dibawah. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Posting Komentar