Cara Screenshot Di Komputer atau Laptop

Hallo Shobatasmo – Ingin mengambil screenshot di laptop atau di PC tetapi belum tahu
bagaimana caranya? Di artikel ini WinPoin akan jelaskan 3 cara
screenshot di Laptop / PC — yang beberapa diantaranya mungkin belum kamu
ketahui sebelumnya.

Screenshot atau sering di sebut SS. Apa itu Screenshot? Screenshot adalah gambar tangkapan layar yang biasa kamu lihat di Komputer atau hp untuk mengabadikan moment2 yang mungkin berarti bagi kamu tanpa harus ribet Berikut Tutorial dan tips Cara Screenshot Di Komputer

Berikut ini adalah 2 cara screenshot laptop / PC berbasis Windows.

Cara Screenshot 1: Menggunakan Print Screen

Ini adalah cara screenshot di laptop dan PC yang paling banyak diketahui serta digunakan oleh pengguna Windows  menggunakan tombol Print Screen yang berada di keyboard. Tetapi yang tidak banyak diketahui orang adalah bahwa mengambil screenshot menggunakan Print Screen ini bermacam-macam:

  • Mengambil screenshot tanpa menyimpan sebagai file, hanya disimpan ke clipboard.
  • Mengambil screenshot dan secara otomatis disimpan menjadi file
  • Mengambil screenshot hanya satu window yang aktif, dan bukan seluruh layar

Cara print screen di laptop bisa kamu lakukan dengan menekan tombol Print Screen. Tombol Print Screen berada di keyboard laptop / PC dan biasanya diberi label PrtScn / PrntScrn / PrintScr / PrtSc atau semacamnya. Di laptop terkadang kamu harus menekan tombol Functions atau Fn untuk mengakses tombol Print Screen.

Mengambil Screenshot Tanpa Menyimpan Sebagai File

Caranya cukup tekan tombol Print Screen (di beberapa laptop terkadang mengharuskan kamu menekan Fn + PrtScn)

Tidak akan terlihat apa-apa setelah kamu menekan tombol Print screen, tetapi screenshot layar akan tersimpan di Clipboard. Kini kamu tinggal buka aplikasi Image Editor favorit kamu (misalnya saja MS Paint), dan paste. Screenshot akan langsung ter-paste disana dan siap untuk kamu simpan atau kamu olah lebih lanjut.

2. Menggunakan Software Screenshot Lightshot

 Salah satu software screenshot favorit saya adalah Lightshot yang selain fiturnya lengkap juga sudah dilengkapi dengan image editor, sehingga kamu bisa langsung menambahkan tulisan, tanda panah, blur, atau keterangan lain yang kamu perlukan. untuk menggunakan Lightshot ini kamu cukup instal dulu aplikasinnya lalu pencet keyboard yang ada di keyboard PRTSC/SYSRQ

Lightshotini cocok banget buat kamu yang sering menulis tutorial di blog atau sekedar untuk pamer screenshot game

Itulah 3 cara screenshot komputer yang bisa kamu praktekkan dengan mudah. Punya tips dan cara screenshot lainnya? Silakan bagi di kolom komentar.