Penting!!
Jaga Kesehatan Dari Virus Corona Stay at Home #DiRUmahAja

Seperti Apa Cara Kerja Gojek itu?

Hallo Shobatasmo - Gojek sudah sangat akrab bagi kamu yang tinggal di Jakarta Bandung dan juga beberapa kota besar di Indonesia dimana Gojek sudah menggelar layanannya disana. Bagi kamu yang belum megenal Gojek maka Kamu mungkin akan bertanya-tanya bagaimana cara kerja Gojek atau sistem kerja Gojek.



Pada dasarnya cara kerja Gojek ini adalah mempermudah cara memesan layanan seperti ojek melalu aplikasi, antar makanan dan layanan-layanan lainnya melalui aplikasi android/iOS dengan informasi tarif yang sudah diinformasikan sebelumnya.

Misal saja jika dulu ketika orang akan naik ojek maka ia harus nyari tukang ojek, menawar harga untuk kemudian diantar sampai tujuan. Nah dengan aplikasi Gojek maka proses mencari tukang ojek dan tawar menawar tersebut dipermudah melalui aplikasi Gojek yang tentunya harganya lebih murah daripada ojek pangkalan pada umumnya.

Cara kerja Gojek , Go-Ride (Ngojek)

Mengingat proses pesan Gojek ini melalui aplikasi, maka aplikasi tersebut dapat dikatakan sebagai jendela untuk berkomunikasi antara konsumen sebagai calon penumpang/pengguna jasa dan Gojek sebagai penyedia aplikasi Gojek.

 Konsumen melakukan pemesanan ojek melalui aplikasi Gojek dengan memasukan alamat penjemputan dan alamat tujuan. Informasi harga dari tempat anda di jemput sampai tujuan sudah otomatis. Selanjutnya aplikasi Gojek akan memproses pesanan tersebut dengan menggunakan algoritma tertentu untuk pencarian driver Gojek yang akan mengantarkan calon penumpang tersebut biasanya Gojek mengambil Driver gojek yang paling dekat dengan Penumpang.

    Driver Gojek yang berhasil memenangkan bidding ( nge-bid), maka ia berhak mengantar penumpang. Driver Gojek akan menjemput penumpang sesuai alamat dan mengantarkan sampai tujuan. Setelah sampai tujuan maka penumpang akan membayar ke driver Gojek yaitu dengan cara cash atau Gopay.

Cara kerja Gojek Untuk Antar Dokumen/barang, Go-Send

Pada cara kerja layanan Go-Send Gojek, akan ada 5 objek yang akan terlibat dalam sistem kerja Gojek untuk pengiriman dokumen/barang-barang kecil ini yaitu konsumen, Gojek, driver Gojek, barang yang dikirim dan pihak penerima barang.

Inti dari layanan Go-Send Gojek ini adalah konsumen ingin agar barang yang diantar sampai ke tempat tujuan melalui Jasa driver Gojek.

 Melalui aplikasi Gojek, konsumen akan mengisi detil alamat pengambilan barang yang akan dikrim, alamat tujuan pengiriman barang serta informasi lain yang diperlukan. Pesanan tersebut kemudian akan diproses oleh pihak Gojek dengan menggunakan algoritma tertentu sampai akhirnya mendapatkan driver Gojek yang mennag nge-bid untuk mengirimkan barang tersebut. Selanjutnya driver Gojek akan mengambil dokumen/barang sesuai alamat pengambilan dan mengirimkan sesuai alamat tujuan. Sampai alamat tujuan, barang diserahkan ke penerima barang.

Cara kerja Gojek Go-Food

Dalam cara kerja Gojek untuk Go-Food atau Gojek untuk pesan makanan, maka ada 5 objek yang akan terlibat dalam sistem kerja Gojek Go-Food yaitu konsumen/pembeli, Gojek, driver Gojek, pihak restoran/rumah makan dan makanannya itu sendiri.

Inti dari layanan Go-Food Gojek ini adalah pembeli ingin membeli makanan melalui perantara orang lain yaitu driver Gojek.

  • Pembeli memilih makanan yang ingin dibeli melalui aplikasi Gojek (Go-Food Gojek).
  • setelah menu makanan dipilih dan dikirim ke Gojek, maka Gojek akan memproses pesanan tersebut dengan algoritma pencarian tertentu untuk mendapatkan driver Gojek yang nantinya akan mengantar makanan yang dipesan.
  • Setelah mendapatkan driver Gojek yang menang nge-bid, maka driver Gojek tersebut akan membeli makanan di resto yang telah dipilih pembeli.
  • Pihak resto yang mendapat pesanan pembelian tersebut akan menyiapkan makanannya.
  •  Makanan yang sudah jadi kemudian dikirim ke alamat dimana makanan tersebut harus dikirim.
  •  Saat orang/pembeli telah menerima makanannya maka ia akan membayar sejumlah harga makanan dan biaya kirimnya. untuk Go-Food, pilihan pembayaran sampai saat ini masih menerima untuk cara cash saja.

Cara kerja Gojek GO-Mart

Untuk cara kerja Gojek pada layanan Go-Mart adalah sama dengan cara kerja pada layanan Go-Food diatas yang membedakan hanyalah barang yang dibeli.

Pada layanan Go-Food, barang yang dibeli dan diantarkan adalah makanan dari resto/rumah makan maka pada layanan Go-Mart adalah barang-barang yang dijual di toko-toko sepertihalnya kalau kita belanja dipasar.


Itulah gambaran singkat mengenai cara kerja Gojek dan sistem kerja Gojek, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi anda untuk terus berinovasi.



Subscribe Our Newsletter

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel