Penting!!
Jaga Kesehatan Dari Virus Corona Stay at Home #DiRUmahAja

Tips Sukses Berternak Burung Kenari

Hallo Shobatasmo -  Beternak Burung Kenari merupakan aktifitas yang sangat  menyenangkan dan menguntungkan untuk menambah kebutuhan ekonomi juga. Dalam beternak kenari kamu akan mendapatkan pengalaman yang sangat berharga berharga, disamping hobi kamu tersalurkan kamu  juga akan mandapatkan uang dari hasil penjualan anakan kenari nantinya. Banyak peternak yang menjadikan budidaya kenari ini sebagai lahan bisnis yang menguntungkan karena penangkaran kenari mempunyai prospek bagus dan menjanjikan. Tentunya Burung Kenari mempunyai nilai jual yang cukup lumayan tinggi. Harga kenari dari waktu ke waktu cendrung stabil dan tidak turrun, mulai dari harga ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah, sehingga saat ini banyak pemula yang ingin sukses ternak kenari.


Bagi seorang  pemula, Saya sarankan untuk ternak kenari lokal atau kenari kecil dulu, karena relatif lebih mudah dibanding ternak kenari postur atau kenari besar seperti yorkshire,F1,F2 dan F3. Namun bila memungkinkan tidak masalah anda memulai beternak kenari besar. Bagi sobat kicau mania yang ingin segera memulai beternak burung kenari, berikut saya bagikan carannya di bawah ini :

1. Membedakan Jenis Kelamin Pada Burung Kenari

Sebagai calon peternak kenari atau peternak pemula kamu harus bisa membedakan Kenari jantan dan betina. Apa jadinya bila kanari yang kamu ternak sama2 jantan atau sama2 betina nanti jadinnya bakal gak jadi anakan hehehehe. Memang awalnya sulit menentukan jenis kelamin burung kenari namun lama-lama kamu bisa paham dengan sendirinya. cara membedakan jenis kelamin kenari yang sudah dewasa gacor :

JANTAN

  • Kloaka atau dubur menonjol, tegak lurus atau vertikal.
  • Berbunyi ngerol dan nyaring.
  • Bodi atau tubuh nya cendrung ramping memanjang, leher lebih panjang.

BETINA

  • Kloaka atau dubur tidak menonjol tapi datar.
  • Berbunyi tapi tidak ngerol, ada juga yang ngerol tapi tidak nyaring dan putus2.
  • Bodi atau tubuh nya cendrung agak bulat dan leher lebih pendek.

2. Mengetahui Usia Burung Kenari

Usia Kenari dan kesiapan Kenari menjadi faktor penting sukses atau tidak nya dalam proses penangkaran burung mungil ini. Kenari yang sudah siap diternak idealnya usia 6 bulan untuk kenari betina dan 8 bulan untuk kenari jantan. Namun untuk kenari postur atau besar seperti keturunan kenari yorkhire idealnya usia 10 bulan atau lebih.

CIRI-CIRI KENARI BIRAHI:

  • Kenari jantan : Sering berkicau atau gacor terkadang terlihat menabrak jeruji sangkar. Melompat-lompat ke kanan ke kiri dibagian dasar sangkar kadang sambil berbunyi. Kenari jantan berbunyi nyaring dengan gayanya menurunkan sayap setengah badan di atas tangkringan.
  • Kenari betina : Sering bunyi cuit memanggil pejantan. Merobek koran atau kertas yang ada di dalam sangkar. Dan sering ngeleperkan sayap nya.

3. Perhatikan Sangkar Kenar Dan Alat2 lainya

Setelah anda menyiapkan sepasang kenari yang sudah siap diternak. Langkah berikut nya adalah menyiapkan sangkarnya. Tips memilih sangkar kenari ternak, pertama pilihlah sangkar box khusus ternak, alternatif kedua menggunakan sangkar yang bagian tengahnya ada penyekatnya sehingga memudahkan saat proses penjodohan. Untuk sangkar kenari jantan sebaiknya menggunakan sangkar gantung yang agak besar seperti sangkar kos-kosan lalu letakanlah sangkar tersebut ditempat yang aman dan tenang. Simak juga: Tips memilih sangkar kenari yang baik.



Kebutuhan makanan kenari yang baik perlu diperhatikan, supaya proses ternak kenari berjalan dengan lancar dan sesuai harapan. Makanan Kenari ialah berupa biji-bijian seperti canary seed, biji sawi, millet, sayuran berupa sawi ijo, sawi putih, mentimun dan buah apel, tidak lupa air minum selalu tersedia di dalam sangkar. Sebagai tambahan diberikan telur rebus. Telur rebus yang diberikan telur puyuh atau telur ayam bila perlu tambahkan juga multivitamin khusus ternak kenari.

4. Proses Penjodohan

Dalam proses ternak kenari tidak lepas dari proses penjodohan. Penjodohan Kenari adalah proses memperkenalkan kenari jantan dengan kenari betina atau sebaliknya. Kenari jantan dan betina ditempatkan pada sangkar berbeda kecuali menggunakan sangkar yang ada penyekatnya, kenari jantan dan dan betina hanya dibatasi oleh penyekat tersebut. Namun kali ini saya akan membahas beternak kenari menggunakan sangkar box khusus ternak burung kenari.

TIPS MENJODOHKAN KENARI:

  • Dekatkanlah kedua sangkar tersebut, kenari betina yang ada pada sangkar box dan kenari  jantan yang ada pada sangkar gantung. Idealnya proses penjodohan ini 3 hari.
  • Selama proses penjodohan sebaiknya kenari jantan dan betina dijemur dalam sangkar terpisah selama 3 jam sebaiknya kedua kenari dijemur berdekatan.
  • Kenari diberikan makanan bergizi seperti telor puyuh, sayuran, apel dan multivitamin. Pemberian sebaiknya selang seling agar kenari tidak bosan.
  • Pastikan kenari tidak gemuk, Bila kenari gemuk akan menghambat proses penjodohan. Cara mengetahui kenari yg gemuk bisa dilihat dibagian leher dan perut, bila kegemukan akan terlihat gumpalan lemak berwarna kuning. Jika kegemukan sebaiknya pakannya ditakar, tambahkan mentimun dan kenari dijemur setiap hari.

CIRI-CIRI KENARI BERJODOH:

  • Kenari jantan akan meloloh kenari betina walau dari luar sangkar.
  •  Pejantan akan berbunyi keras merayu kenari betina, lalu kenari betina mengeleperkan sayapnya, ada kalanya kenari betina akan menungging itu pertanda minta kawin.
  •  Kedua kenari akur dan tidak berantem.

5. Menyatukan Kenari Jantan dan Betina Siap2 Kawin

Bila kenari sudah terlihat berjodoh seerti ciri-ciri diatas, selanjutnya ialah menyatukan kenari jantan dan kenari betina dalam satu sangkar. Karena sebelumnya sudah dilakukan proses penjodohan, sehingga saat disatukan bisa mengurangi resiko kanari berantem yang hebat. Adapun cara menyatukan kenari jantan dan betina adalah tangkap kenari jantan yang ada pada sangkar gantung lalu masukan ke sangkar box (kenari betina), jangan terbalik ya.


Menyatukan Kenari jantan dan betina sebaikya dilakukan sore hari, setelah disatukan lalu anda perhatikan perilaku kedua kenari tersebut. Jika kenari sudah berjodoh maka kenari jantan dan kenari betina akan saling meloloh yang biasanya terlihat seperti sedang berciuman. Jika kedua kenari memang sedang birahi maka pejantan dan betina akan segera melakukan perkawinan. Namun jika diawal tidak terjadi perkawinan jangan khawatir karena umumnya begitu apalagi jika kenari betina masih perawan. he.

Bila kedua Kenari tidak segera kawin sebaiknya biarkan dalam satu sangkar hingga malam hari, biasanya di pagi hari setelah mereka terbangun dari tidurnya mereka akan melakukan perkawinan. Sekira jam 07.00 pagi baru kenari jantan ditangkap dan ditempatkan pada sangkar gantung kembali. Pada sore hari kenari jantan dimasukan kembali ke dalam sangkar betina, begitu seterusnya. Proses ini bisa berlangsung beberapa hari hingga kenari betina bertelur.

Cara ini sangat ampuh khususnya untuk kenari betina yang belum pernah bertelur. Untuk kenari betina yang sudah pernah berproduksi beda lagi cara mengawinkannya yaitu kenari jantan hanya disatukan paling lama 1 jam. Jangan lupa setelah menyatukan kedua kenari tersebut untuk menyiapkan sarang lengkap dengan serat nanas.

Ciri Kenari betina akan bertelur bisa dilihat pada sarang nya, biasanya kenari betina yang siap bertelur sarang akan dibuat rapih berbentuk bundar, tak lama jika sarang sudah demikian sekira 1 mingguan kenari mulai bertelur. Jumlah telur kenari rata 3 atau 4 butir, telur akan dierami selama 14 hari dan telur akan menetas berselang 1 hari. Kenari yang sudah bertelur tidak dianjurkan dijemur karena akan merusak telur kenari sehingga gagal menetas.

6. Proses Pengeraman

Sekarang anggap saja Kenari betina sudah bertelur. Lalu sobat kenari mania ada yang bertanya, lantas, kenari jantan nya diapain ? nah kenari jantan sebaiknya dibiarkan bersama kenari betina karena kenari pejantan akan senantiasa meloloh kenari betina sehingga si betina jarang keluar sarang dan ini baik untuk proses pengeraman yang maksimal.


Jika anda miliki beberapa kenari betina untuk dijodohkan sebaiknya kenari jantan dipisah. Alangkah baiknya pisahkan kenari jantan jika kenari betina sudah bertelur dua butir, ini bertujuan supaya kenari betina tidak ngambek. Walaupun Kenari jantan sudah dipisahkan, kenari betina akan senantiasa mengerami telur-telur nya hingga menetas.

TIPS PERAWATAN KENARI SAAT MENGERAM:

  • Pakan biji-bijian,air minum selalu tersedia, tambahkan jika kurang.
  • Kebersihan kandang selalu terjaga, sebaiknya saat pembersihan kandang dilakukan dengan hati-hati supaya tidak terjadi goncangan yang keras, sehingga telur kenari tetap aman.
  • Berikan sawi dan buah apel, pemberiannya selang seling, ini penting sekali. Terkadang ada kenari betina yang mati kurus karena dia saat mengeram hanya diberi makan biji-bijian.
  • Tambahkan telur puyuh rebus, pemberian bisa 2 kali seminggu.
  • Kenari jangan tidak dijemur lagi.

7. Proses Menetas  Dan Panen

Pada hari ke 14 telur-telur kenari sudah mulai menetas. saat anda mulai melihat anakan kenari yang baru menetas mungkin anda akan berkata “wow” mahluk kecil yang lucu baru muncul ke permukaan bumi, sambil lalu mengelus dada seraya berkata oh my god maha besar tuhan yang telah menjadikan ini semua. Ini pengalaman berharga dan menyenankan bukan!.

berikut tips pemberian pakan induk kenari yang sedang meloloh anakan yang baru menetas hingga anakan siap panen:

  • Saat anakan baru menetas pastikan air dan biji-bijian selalu ada, tambahkan telur puyuh rebus sampai anakan kenari berumur 1 minggu.
  • Sebelum anakan kenari berumur 1 minggu sebaiknya tidak diberikan sayuran dan buah dulu, namun cukup biji-bijian dan telur rebus. Ini berguna untuk meminimalisir kematian dini pada anakan kenari atau piyik kenari. Karena pada fase ini anakan kenari sistem pencernaannya belum kuat.
  • Jika usia anakan kenari sudah lewat satu minggu, anda bisa tambahkan buah apel dan sayuran seperti sawi ijo dan sawi putih.
  • Untuk hasil yang terbaik berikan telur rebus, sayuran dan apel hingga anakan kenari siap dipanen.
  • Tambahkan pula multivitamin, di pasaran sudah banyak beredar seperti multivitamin produk OmKicau, Bnr dan Ebod dsb.
  • Anakan kenari siap dipanen idealnya jika sudah berumur 25 hari. Pada tahap ini anakan kenari sudah bisa makan sendiri, namun biasaya masih makan telur rebus. Jika sudah berumur 1 bulan anakan kenari sudah bisa makan biji-bijian.

Setelah anda panen anakan kenari, anakan kenari dipisah dari induknya, nah langkah selanjutnya adalah anda pisahkan indukan kenari tersebut. Ambillah Kenari jantan dan kembalikan ke sangkar semula (sangkar gantung). Lalu anda mandikan kedua induk kenari tersebut dan penting diberikan obat kutu, supaya kutu yang menempel pada bulu kenari bisa mati dan bersih. Kemudian dijemur sebaiknya ini dilakukan di pagi hari. Sangkar juga perlu dicuci bersih dengan sabun atau antiseptik lalu sangkar dijemur hingga kering.


Nah, begitulah caranya. Mungkin sampai disitu dulu penjelasan tentang Tips Sukses Berternak Burung Kenari. mudah-mudahan tulisan sederhana ini bisa bermanfaat bagi kita semua, calon peternak dan peternak pemula.

Subscribe Our Newsletter

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel