Cara Menghemat Baterai Semua Merek Hp Android Smartphone

Hallo Shobatasmo - Ada beberapa alasan kenapa baterai hp bisa cepat habis meski kapasitasnya besar. Mungkin bisa karena terlalu banyak aplikasi yang didownload dan dijalankan, hp sudah terlalu lama digunakan, dan lain sebagainya. Langsung saja berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan supaya baterai bisa tahan beberapa jam lebih lama.


Kapasitas baterai seharusnya jadi salah satu fitur utama yang paling diperhatikan. Selain itu kadar keborosan daya baterai juga harus lebih Anda sadari agar segala kegiatan berjalan di hp bisa berjalan dengan lancar. Xiaomi adalah salah satu produsen hp yang sering menyematkan kamera berkapasitas besar di setiap produknya, paling kecil sekitar 3000 mAh. Jika Anda pengguna Xiaomi dan ingin tahu bagaimana cara menghemat baterainya maka bisa membaca artikel mengenai cara menghemat baterai hp Xiaomi. Supaya Anda bisa menghematnya maka bisa baca pembahasan mengenai cara menghemat baterai hp Xiaomi di bawah ini.


1. Install Aplikasi yang Perlu

Meski kapasitas memori Anda besar tapi lebih baik tetap pilih mana aplikasi yang diperlukan untuk didownload. Downloadnya lakukan saja jika Anda memang sedang butuh aplikasinya. Jika Anda membiarkan banyak aplikasi yang didownload nanti jumlah file sampahnya menjadi lebih banyak. Dan ada banyak aplikasi yang tiba-tiba berjalan di latar belakang sehingga baterai hp jadi sangat cepat berkurang.


2. Aktifkan Mode Auto Close Application

Jika Anda punya hp Xiaomi apa saja mungkin sudah disematkan mode ini. Kegunaannya adalah untuk membuat memori RAM dapat dibersihkan apabila hp Anda sedang dalam keadaan tidur.
Untuk bisa mengaktifkannya, cara yang dilakukan adalah Anda pergi ke menu Pengaturan kemudian pilih baterai, profile, dan tambah profile. Kemudian pilih lagi menu bersihkan memori dan tentukan waktunya, lebih baik pilih 1 menit saja. Setelah itu atur pengaturan lainnya sesuai dengan yang Anda kehendaki sendiri, dan aktifkan. Mudah sekali.


3. Bersihkan File Sampah Secara Teratur

Terlalu banyak file sampah yang tidak dibersihkan bisa menjadi salah satu jawaban kenapa baterai hp jadi boros. Itu terjadi karena file sampah bisa membuat kinerja hp menkadi lebih berat. Ada baiknya Anda selalu membersihkan file sampah secara rutin, dan teratur. File-file sampah yang dimaksud bisa berupa cache aplikasi, history browsing, dan file lainnya.

Salah satu cara membersihkannya adalah dengan masuk ke menu Pengaturan kemudian pilih Aplikasi Keamanan. Selanjutnya pilih menu pembersih lalu klik tombol scan dan tunggu hingga prosesnya selesai. Bersihkannya tidak perlu setiap hari, seminggu sekali saja.

4. Mengatur Sleep Display

Dengan menyalakan menu ini maka hp Anda akan tidur secara otomatis jika tidak digunakan dalam beberapa waktu. Lebih baik atur waktunya selama 15 detik agar baterai bisa dihemat sampai 50 persen. Caranya dengan ke menu Pengaturan kemudian pilih opsi Display > Sleep dan pilih 15 second.

5. Nyalakan Power Saving

Mode ini dapat membuat berbagai fitur bisa bekerja dengan lebih minimal. Dengan menyalakan mode ini Anda bisa memilih aplikasi mana saja yang bisa dipakai tapi Anda hanya bisa memilih yang ringan-ringan seperti pesan, kontak, dan lainnya. Anda bisa menyalakannya ketika tidur atau ketika tidak memerlukan penggunaan-penggunaan aplikasi. Caranya adalah masuk ke menu Security kemudian pilih Power lalu Battery Saver, dan Switch ON Battery Saver.

6. Nonaktifkan Mode Suara dan Getar

Inilah cara menghemat baterai hp Xiaomi yang mungkin banyak tidak terpikirkan. Meski sederhana tapi memang terbukti bisa mengurangi penggunaan daya baterai. Anda mungkin sudah tahu bagaimana caranya, hanya perlu ke menu pengaturan kemudian pilih suara, dan pilih mana saja suara dan getar yang Anda ingin matikan.


7. Atur Kecerahan Hp

Banyaknya daya baterai yang digunakan bisa juga ditentukan dengan kecerahan hp. Semakin cerah pengaturannya maka semakin banyak daya baterai yang diambil. Caranya adalah masuk ke Pengaturan kemudian pilih Display, dan atur kecerahannya pada kadar yang lumayan minimal.

8. Matikan GPS, Bluetooth, dan Wifi

Jika sedang tidak menggunakannya lebih baik jangan aktifkan tiga menu tersebut. Jila diaktifkan maka hp akan terus bekerja dan mencari-cari fitur tersebut.

9. Nonaktifkan Screensaver

Nah, begitulah caranya. Mungkin sampai disitu dulu penjelasan tentang Cara Menghemat Baterai Semua Merek Hp Android Smartphone. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel