Penting!!
Jaga Kesehatan Dari Virus Corona Stay at Home #DiRUmahAja

Apa Itu Fastboot Di Android ? Penjelasan Fastboot Lengkap

Hallo Shobatasmo - Jika Kamu seorang pengguna Oprekter Smartphone, Kamu mungkin tidak asing lagi dengan istilah Fastboot. Istilah ini sering didapati jika seseorang ingin melakukan kustomisasi maupun melakukan perbaikan pada perangkatnya. Secara garis besar fastboot adalah tools yang bisa digunakan untuk memodifikasi sistem file pada perangkat Android. Untuk itu, baca ulasannya di bawah ini.


Apa itu Fastboot Android?

Sesuai dengan sifatnya yang open source, sistem operasi Android memang memungkinkan pengguna untuk melakukan modifikasi ulang perangkatnya. Google sendiri melengkapi Android dengan berbagai tool, selain ada Recovery Mode dan Download Mode, Kamu juga bisa menemukan tools bernama Fastboot Mode. Namun ternyata tidak semua perangkat Android memilikinya.

Definisi dari Mode Fastboot

Fastboot mode merupakan sebuah tool pada sistem Android yang bisa digunakan untuk melakukan berbagai hal seperti flashing, melakukan recovery, upgrade/downgrade firmware, dan yang lainnya. Untuk masuk ke mode Fasboot ini, Kamu bisa melakukannya dengan mengetik command di CMD Windows atau melalui terminal di Android. Untuk masuk ke mode Fastboot, Kamu membutuhkan tool khusus yang disebut dengan Android SDK (Software Development Kit).

Fungsi Mode Fastboot

Seperti yang sudah disebutkan diatas, Fastboot merupakan metode alternative bagi Kamu yang ingin melakukan recovery, upgrade maupun downgrade software. Dengan kata lain, mode Fastboot juga bisa digunakan seperti tool Recovery Mode dengan fungsi yang sama. Berikut beberapa fungsi mode Fastboot di Android :
  • Flashing system update
  • Flashing custom recovery
  • Flashing bootloader
  • Flashing kernel
  • Restore nandroid
  • Mengganti splash screen
  • Menghapus data
  • Menghapus cache
  • Untuk wipe/format sistem
  • Untuk wipe/format data
  • Untuk wipe/format cache

Cara Masuk ke Dalam Mode Fastboot

Jika Kamu gunakan untuk mengakses mode Fastboot, yaitu dengan menekan tombol fisik pada smartphone. Berikut cara melakukan keduanya :

Masuk Mode Fastboot Dengan menekan tombol
  1. Matikan perangkat Android Kamu
  2. Tekan tombol Power + Tombol Volume UP/Down (tergantung dari merk ponsel Kamu) kemudian tahan sampai bergetar lalu lepaskan tombol .
  3. Setelah itu, Kamu akan masuk ke Fastboot mode/CSC mode.
Namun, jika smartphone Kamu masih dalam keadaan Lock Bootloader, Kamu tidak bisa mengakses mode fastboot tidak akan berlaku.

Nah, demikianlah ulasan mengenai apa itu apa itu Fastboot Android dan fungsinya. Jika Kamu ingin berbagi tips atau bertanya seputar dunia smartphone, Kamu bisa mengunjungi Forum Ponselgue untuk berdisukusi dengan member dan pembaca Ponselgue.com lainnya.

Subscribe Our Newsletter

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel