Apa Itu ROOT Beriukut Penjelasan Lengkapnya

Hallo Shobatasmo - Apa Itu ROOT Beriukut Penjelasan Lengkapnya Pernahkah kalian berpikir Apa sih Root di android itu? Android adalah sistem operasi Open Source. Maka dari itu android mudah dikustomisasi dan dikembangkan oleh para penggunanya. Salah satu kemudahan android adalah kemampuan root Android yang memberikan akses Penuh bagi penggunanya. Bagi Kamu Pengguna Android pasti tidak asing lagi dengan istilah Root ini. Lalu, apa sih akses root itu?


Sebelum saya lanjut, banyak sekali artikel yang mengatakan jika HP Kita di ROOT maka akan banyak terkena v1rus atau neglag dan aransi pada ponsel akan hilang. Namun, ada produsen smartphone yang menerima garansi walaupun device telah di root, yaitu Xiaomi. Jadi, untuk para pengguna Xiaomi tidak usah khawatir untuk me-rooting ponselnya, karena selama masa garansi masih berlaku, pihak produsen akan menerima itu.

Jika ponsel kita sudah di root, kita mendapatakan “superuser” yang mana akun adminisrator tersebut membuat pengguna tersebut dapat mengkustomisasi sistem yang tidak dapat dilakukan oleh user biasa.

Keuntungan dan resiko rooting Android

Rooting Android sangat bermanfaat bagi oprekers yang memiliki bakat untuk mengotak atik Android dengan fitur terbatas, apalagi bagi yang mempunyai kemampuan tweaking terhadap sistem Android, sehingga bisa menambahkan banyak fitur lain.

Maka dari itu banyak developer yang membuat custom ROM. Ada banyak sekali custom ROM yang membuat tampilan smartphone kita jadi lebih wah, atau kernel yang sudah di modifikasi sehingga membuat kinerja ponsel menjadi lebih maksimal.

Berikut ini adalah keuntungan dan resiko dari aktifitas rooting.

Keuntungan ROOT Android

  • Pengguna bisa mengubah tampilan melalui instalasi custom ROM, atau untuk pengguna yang mempunyai kemampuan developing Android bisa membuat versi android-nya sendiri.
  •  Pengguna dapat melakukan Overclock karena dapat kontrol penuh terhadap CPU dan Kernel sehingga bisa membuat kinerja ponsel lebih maksimal.
  • Hak mendapatkan “superuser” yang mana bisa memberikan kita akses penuh terhadap sistem Android dan bisa melakukan kustomisasi ataupun modifikasi seperti developer sungguhan.
  • Kita bisa menghapus aplikasi bawaan dari produsen yang tidak bisa dilakukan oleh user biasa. Kita juga bisa menambahkan aplikasi yang tidak disertakan oleh developer Android.
  • Pengendalian aplikasi penuh. Yang mana hal ini termasuk saat ingin melakukan backup aplikasi dan sistem, restore sistem atau jika ingin melakukan factory reset.

Resiko ROOT Android

  • Tweaking yang terlalu berlebihan dapat menyebabkan menurunnya performa Android.
  • Bisa menghilangkan garansi produk pada device Android (seperti pada vendor Samsung dan Sony).
  • Penyalahgunaan akses root bisa mengakibatkan masalah pada ponsel Android, seperti malfungsi, gagal boot, error atau yang lainnya.

Keuntungan dan resiko setelah proses root merupakan tanggung Masing2 penuh pengguna, pihak produsen sama sekali tidak ada kewajiban apapun terhadap aktifitas ini. Jika ada pertanyaan perihal aktifitas root android, silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar supaya tim PonselGue.com dapat membantu.

Related Posts