Cara Mengaktifkan USB Debugging di Android

Hallo Shobatasmo - Pengguna smartphone Android kurang mengerti atau bahkan tidak membutuhkan fitur Developer Option dan USB Debugging di perangkatnya. Google sendiri memang menyembunyikan fitur ini semenjak dirilisnya Android Kitkat. Alasannya, karena cukup banyak pengguna yang melakukan aktifitas root. Fitur ini sebenarnya hanya diperuntukan untuk para pengembang/developer/programer perangkat lunak, untuk mencari bug dari aplikasi atau program yang dikembangkan, dengan menganalisis alur kerjanya.


Di menu Developer option (Opsi pengembang) terdapat beberapa fitur yang cukup penting. Salah satunya adalah Debugging USB yang bisa dimanfaatkan untuk mempermudah proses instalasi custom recovery, melakukan root, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial mengenai cara mengaktifkan USB Debugging Xiaomi semua tipe.

Langkah-langkah Mengaktifkan USB Debugging Xiaomi

Sebelumnya Kamu harus mengaktifkan Mode Pengembang terlebih dahulu, setelah itu baru Anda bisa mengaktifkan USB debugging Xiaomi Anda.
  • Pertama, masuk ke menu Setting di perangkat Xiaomi Anda, kemudian gulir layar kebawah dan pilih About Phone.
  • Selanjutnya, ketuk pada tulisan MIUI Version sebanyak 7x secara cepat untuk membuka Developer Option.
  • Setelah itu kembali ke menu Setting, lalu cari dan pilih opsi Additional Settings pada halaman tersebut
  • Selanjutnya, scrool ke bawah pada halaman Additional Settings, cari  Developer Options,
  • Buka opsi tersebut, pilih opsi USB Debugging kemudian ketuk toogle hingga tombol slider ke posisi hidup
Nah, dengan mengaktifkan USB Debugging Xiaomi Anda, nantinya perangkat akan secara otomatis masuk ke mode debugging-nya setiap kali terhubung dengan komputer atau laptop. Namun jika masih baru dihubungkan untuk pertama kalinya, Anda harus memberi izin terlebih dahulu.

Related Posts