Penting!!
Jaga Kesehatan Dari Virus Corona Stay at Home #DiRUmahAja

Keuntungan dan Kerugian HP Yang di Root

Hallo Shobatasmo - Keuntungan dan Kerugian HP Yang di Root Kata root Pasti mengacu pada superuser yang merupakan administrator dalam semua sistem operasi Linux termasuk Android. Aplikasi adminisrator ini memiliki akses penuh terhadap sistem sehingga dapat melakukan hal apapun layaknya developer di hp anda. Karena itu Android berbasis Linux, maka HP Android memiliki 2 pengguna (users) yang diatur oleh OS (System Operations).


Apa saja itu ?

  • Kamu » hanya bisa melakukan sesuatu yang diijinkan oleh verdor HP atau OEM
  • Root User (Superuser) » Memiliki ijin untuk melakukan perubahan apapun pada sistem android kamu termasuk menurunkan dan menaikkan kemampuan sistem Android.

Keuntungan dan Kerugian HP Android yang Telah di Root

Root merupakan satu langkah yang harus dilakukan pengguna perangkat pintar apapun kalau ingin mendapatkan akses penuh terhadap sistem andoid yang digunakan perangkat tersebut.. karena yang saya bahas adalah OS Android, maka root android artinya kita ingin mendapatkan akses penuh terhadap sistem Android tersebut.

Keuntungan Mengapa ingin mendapatkan akses penuh

Pada intinya sih si pengguna Android tersebut ingin mengubah atau memodifikasi sistem Android sesuai dengan yang diinginkan. Dengan adanya ijin untuk memodifikasi sistem, maka bisa  mendapatkan keuntungan sebagai berikut:

#1. Menghapus Aplikasi Bawaan
Bloatware adalah aplikasi yang sudah terpasang di HP Android secara pre-installed oleh pabrikan.
Pada dasarnya bloatware dipasang untuk mendukung kinerja sistem Android itu sendiri, namun terkadang tidak semua aplikasi bawaan pabrik berguna, bahkan terkadang bisa memberikan ancaman terhadap sistem Android dari serangan-serangan peretas. Untuk menghapus bloatware secara permanen, kamu butuh root.

#2. Meningkatkan Kinerja CPU dan Memperluas Memori
Rooting memungkinkanmu melakukan kontrol penuh terhadap CPU, kernel dan lainnya sehingga bisa melakukan overclock agar kinerja ponsel menjadi lebih maksimal. Selain itu, kamu juga bisa melegakan kapasitas memori internal karena bisa memasang aplikasi di kartu SD Card.

#3. Menjalankan Aplikasi Khusus yang Butuh Root
Ada beberapa aplikasi tertentu yang hanya bisa berfungsi dengan normal kalau HP Android kamu sudah di-root.

Contohnya :
  • FlashFire;
  • Undeleter;
  • ViPER4Android;
  • Greenify;
  • Xposed Framework;
  • Google Camera;
  • GMD GestureControl;
  • Titanium Backup;
  • Boot Animations;
  • GravityBox; dan
Jadi kalau kamu ingin memasang aplikasi khusus yang butuh root, ya mau tidak mau root HP Android kamu.

#4. Memasang dan Memodifikasi ROM Custom
Kalau kamu bosan menggunakan versi Android seri lawas, atau kesal dengan tampilan Android murni (AOSP) dan ingin mencoba ROM baru yang telah dimodifikasi misalnya LineAgeOS, Resurrection Remix, Nitrogen OS atau Pixel Experience..

#5. Mem-backup dan Restore Keseluruhan Sistem (Firmware)
Dengan kondisi HP yang telah diroot, kamu bisa melakukan backup dan restore keseluruhan sistem dari Android kamu menggunakan aplikasi backup seperti Titanium Backup. Jadi kalau kamu ingin melakukan factory reset, ganti ROM dan terjadi kegagalan, kamu bisa melakukan restore seperti kondisi awal tanpa harus mengunduh dan memulai dari awal lagi melakuan root akan mempermudah pemasangan Custom ROM dan memodifikasinya.

Kerugian HP Android yang Telah di Root

Namun dibalik keuntungan root, ada kerugian yang harus ditanggung oleh pengguna, diantaranya..

#1. Menghilangkan Garansi HP Anda
Bisa menghilangkan garansi kalau ketauan. Jadi kalau mau klaim garansi sebaiknya unroot terlebih dahulu, kecuali HP kamu sudah mati total.

#2. Bisa Meyebabkan Malfuction / Abnormal System hingga Bricked
Gagal root, salah pemasangan, kesalahan dalam penggunaan atau modifikasi sistem dengan akses root bisa mengakibatkan HP menjadi malfungsi sistem.. hingga mati total.!

#3. Tidak Bisa Update System atau Update Otomatis
HP Android yang telah di-root tidak akan mendapatkan update OTA lagi atau tidak bisa melakukan update secara otomatis. Jadi kamu harus melakukan update secara manual dengan mengunduh ROM sendiri dan update melalui Recovery Update, TWRP atau dengan melakukan flashing.

#4. Tidak Bisa Memasang Aplikasi Tertentu
HP Android yang telah di rooted biasanya tidak bisa dipasang aplikasi yang membutuhkan sistem keamanan yang tinggi seperti aplikasi perbankan (Mobile Banking). kecuali root dilakukan dengan Magisk kemudian aplikasi tersebut disembunyikan (hide) dari status root.

Itulah 4 kerugian kalau kamu telah nge-root HP Android-mu, jadi kalau ingin menghapus root atau unroot, baca artikel

Subscribe Our Newsletter

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel