Cara Memperbaiki Headset Tidak Terbaca Android Atau Leptop

Hallo Shobatasmo - Cara Memperbaiki Headset Tidak Terbaca Android Atau Leptop Headset merupakan sebuah perangkat elektronik yang untuk menyalurkan suara dari suatu Media menuju Telinga. kemudian akan disalurkan melalui perantara headset dan akan diterima telinga pendengar. Selain sebagai alat penyalur suara, headset juga dapat menjadi mikrofon yang bisa di gunakan untuk telfon.



Headset ini bisa digunakan hampir pada seluruh perangkat elektronik seperti laptop, hp, radio dan lainnya. Walaupun sederhana, perangkat ini juga tidak luput dari masalah. Permasalahan yang sering dihadapi yaitu headset tidak terdeteksi oleh perangkat laptop atau pun smartphone. Hal ini terjadi ketika anda menyambungkan headset ke laptop, tapi suara tidak terdengar keluar.

Ya, meskipun terdengar cukup serius, permasalahan seperti ini tetap saja ada solusinya. Apabila anda sekarang memiliki masalah headset yang tidak terdeteksi di hp, berikut ini kami berikan beberapa solusi dari permasalahan tersebut.

1. Cek Headset Tidak Rusak

Yang bisa Kamu lakukan ketika headset tidak terdeteksi di hp adalah dengan memastikan bahwa headset Kamu tidak rusak. Kerusakan pada perangkat headset entah itu dibagian mana, kemungkinan besar yang menyebabkan headset tidak terdeteksi. Cara yang paling mudah adalah dengan mencoba menyambungkan 1 headset ke hp lain atau leptop lain.

2. Membersihkan Lubang Jack Audio Pakai cotton bad (hati2)

Ada juga solusi dari headset yang tidak bisa terdeteksi di hp. Solusinya adalah dengan membersihkan lubang Jack audio pada hp. Ya, bisa jadi masalah ini disebabkan oleh kotoran yang menumpuk, sehingga aliran listrik tidak berjalan. Untuk membersihkannya anda bisa menggunakan cotton bad. Caranya sangat mudah, pastikan hp dalam keadaan mati. Lalu, silakan anda bersihkan Jack audio headset atau pun cotton bad. Terakhir usap pada lubang Jack audio pada hp anda.

3. Mengganti Jack Audio

Apabila penyebab tidak terdeteksi headset di hp adalah Jack audio, maka solusinya adalah menggantinya. Sebab Jack audio lama sudah tidak memiliki sensor yang baik. Dengan menggantinya, maka kemungkinan Jack audio akan kembali memiliki sensor yang baik. Untuk menggantinya anda bisa membawanya ke jasa service, jika anda memiliki kemampuan memperbaikinya, coba perbaiki sendiri di rumah.

Nah, itu saja cara mengatasi headset yang tidak terdeteksi di hp yang bisa anda lakukan. Dari beberapa cara di atas, semoga dengan artikel ini bisa mengatasi permasalahan yang tengah anda miliki. Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts