Penting!!
Jaga Kesehatan Dari Virus Corona Stay at Home #DiRUmahAja

Cara Merekam Internal Sound Semua Merek HP

Hallo Shobatasmo - Cara Merekam Internal Sound Semua Merek HP Kalian mungkin sering atau suka menggunakan Screen Recorder untuk merekam berbagai aktifitas merekam setiap moment gameplay dari game yang kamu mainkan dan lainnya. Aplikasi Screen Recorder tanpa akses root di androidpun juga sudah pada bagus dan banyak, mulai dari yang gratis dengan fitur tersedia FaceCam, opsi resolusi, bitrate dan lainnya dan ada juga yang berbayar untuk menggunakan beberapa fitur.


Saya sering sekali menggunakan yang namanya screen recorder ini, mulai dari bikin tutorial buat share di youtube, merekam gameplay dari game contohnnya mobile legends, tapi ada satu hal yang kurang disaat menggunakan Screen Recorder yang beredar di Google Play Store. Kurang apa, yaitu  fitur untuk merekam audio atau suara internal, dari sekian banyak aplikasi Screen Recorder hanya menawarkan perekaman layar android kita beserta audio yang bersumber dari Mic hp kita doang tanpa merekam internal sound di hp kita. :(

Jujur aja sebelum tau cara yang saha share ini hasil rekaman video recorder kurang begitu bagus hasilnya karena audio atau rekaman suara yang terekam dirusak suara nafas, angin dan noise yang begitu mengganggu.

Jadi gimana agar Screen Record atau perekam layar yang kita gunakan bisa merekam Audio Internal doang tanpa merekam audio mic, langsung aja simak aplikasi merekam audio internal di android berikut :

1. Pakai Aplikasi Screen Recorder “SCR PRO”  (Harus DI ROOT)

Aplikasi SCR PRO  saya rekomendasikan untuk kalian yang emang gak mau ribet, tinggal atur sedikit pengaturannya sesuai kebutuhan lalu mulai merekam aktifitas yang ada di layar android kalian lengkap dengan suara dari audio internal tapi syaratnnya harus sudah di root hp kalian ya.

Jika kalian pake SCR Pro ini audio yang dihasilkan kalau saya bilang sih gak terlalu bagus hasilnya ya gak bening-bening amat lah suaranya. Tapi Lumayan kan bisa rekam internal audionnya dariada gak bisa. Sebelum lanjut menggunakan SCR Pro, Pastikan android kamu maksimal berada di versi Marshmallow atau 6.0 kebawah, karena lebih dari itu aplikasinya belum support.

DownloadSCR-PRO

Sebelum kalian gunakan pastikan juga kalau mau merekam dengan suara atau audio internal dirubah dulu di menu Audio > Source > Internal.


    BUG :
  • Setiap kali Reboot pengaturan yang sudah di atur sebelumnya bakalan balik lagi seperti semula, jadi silahkan dicek juga di device kalian siapa tau dapet bug yang sama.

2. Pakai Aplikasi Screen Recorder 'RecMe' (Harus DI ROOT)

Apliaksi Yang kedua adalah Screen recorder “RecMe” , Hampir sama seperti aplikasi di atas bisa merekam audio mic atau merekam audio internal di android kalian, tapi dengan bantuan plug-in tambahan.

Kalau di SCR PRO maksimal bisa berjalan di Android 6.0 atau Marshmallow, sedangkan RecMe bisa berjalan di Android Nougat (7.0), sudah saya coba sendiri dan rekamannya lancar gak ada masalah tapi ada satu bug yang cukup mengganjal.

Download link:
DownloadRecMe
Plug-in Internal Audio

Kalau sudah kalian install keduanya, buka plug-in nya lalu klik tombol yang ada untuk mengaktifkannya nanti diminta restart, jika sudah cek di pengaturannya nanti ada pilihan audio internal tinggal atur aja sesuai kebutuhan kalian


BUG
  • Audio terasa telat, jadi tidak sinkron dengan video.
  • Fitur “Keep Internal Audio” gak berfungsi (fitur agar saat rekaman audio tetap keluar di speaker/headset). 
Nah itu dia tutorial untuk merekam audio internal android dari cara yang paling simpel dan juga cara  yang lumayan panjan,  walaupun panjang tapi hasil yang di cari sudah tercapai yaitu mendapatkan sumber audio dari internal bukan dari Mic handphone yang kualitas audionya yang aduhai, campur aduk deh pokoknya.

Semoga dengan adanya postingan ini bermanfaat buat kalian, terutama para content creator apalagi yang baru memulai.. 🙂
Kalau ada yang bingung silahkan tinggalkan komentar dibawah ya, semoga saya bisa bantu jawab ..

Subscribe Our Newsletter

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel