Dibalik Momen Perayaan Hari Raya Nyepi tahun 2019

Hallo Shobatasmo - Dibalik Momen Perayaan Hari Raya Nyepi tahun 2019 Hari raya Nyepi merupakan acara peringatan tahun baru Saka berdasarkan kalender Bali. Kalender ini adalah kalender modifikasi Kalender Saka yang berasal dari India dengan tambahan elemen-elemen masyarakat setempat. Di dalam kalender Masehi, hari raya Nyepi selalu jatuh di antara bulan Maret dan April. Untuk tahun ini, hari raya Nyepi dirayakan pada hari Kamis tanggal 7 Maret 2019 (1 Saka 1941).


Hari raya Nyepi dirayakan oleh umat Hindu di Indonesia Terutama di Bali. Nyepi berasal dari kata sepi yang berarti sunyi dan masyarakat Hindu berhenti dari semua kegiatan di hari yang suci ini. Di propinsi Bali dimana banyak orang yang beragama hindu, semua aktivitas umum juga berhentikan sejenak kecuali untuk rumah sakit. Bandar udarapun  bandara Ngurah Rai pun ditutup selama 24 jam pada hari raya nyepi.

Tapi apakah Anda tahu fakta-fakta di balik momen perayaan Hari Raya Nyepi? oke saya akan merangkum beberapa fakta di balik perayaan Hari Raya Nyepi, yang bisa dijadikan bahan untuk menambah wawasan dan pengetahuan Anda:

1. Menghemat Bahan Bakar

Perayaan Hari Raya Nyepi, selain menghemat listrik, fakta menarik yang lain yang terlihat sangat jelas adalah mengenai bahan bakar kendaraan yang lebih hemat. Karena ketika nyepi semua aktivitas tidak dilakukan termasuk berkendara.

2. Menghemat Listrik

Saat perayaan Nyepi di Bali, otomatis akan menghemat listrik sebesar 60 persen, Karena listrik di Bali tidak dinyalakan selama 24 jam. sepertinnya pada saat malam akan gelap gulita di sebagian tempat di bali karena perayaan nyepi ini.

3. World Silent Day

World Silent Day ini terinspirasi dari kearifan budaya lokal di Bali, yaitu Perayaan Hari Nyepi. World Silent Day sendiri berbeda dengan perayaan Nyepi di Bali yang dilakukan selama 24 jam. WSD hanya dilaksanakan selama 4 jam saja, mulai pukul 10.00 pagi hingga pukul 14.00. Peringatan WSD sudah dikampanyekan sejak tahun 2007 dan mulai berlaku pada tanggal 21 Maret 2011 lalu.

4. Festival Ogoh - ogoh

Perayaan Nyepi juga identik dengan ogoh-ogoh, lambang kejahatan berbentuk seram, yang diarak keliling kota. Biasanya setelah itu ogoh-ogoh dibakar. Namun karena pembuatannya yang mahal, ogoh-ogoh bisa disimpan untuk perayaan di tahun berikutnya.

Itulah nenerapa moment yang pasti akan terjadi pas hari raya nyepi di bali semoga artikel di atas menambah wawasan kita untuk mengenal adat isitiadat hehehe


Belum ada Komentar untuk "Dibalik Momen Perayaan Hari Raya Nyepi tahun 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel