Hal-hal Yang Identik Dengan Imlek

Hallo Shobatasmo - Hal-hal Yang Identik Dengan Imlek Nah, dengan dirayakannya Tahun Baru Imlek di Indonesia, otomatis akan ada sejumlah kegiatan terkait yang meramaikan perayaan tersebut, Selain itu, ada juga hal-hal yang identik banget dengan perayaan tersebut. Mau tahu apa aja? Yuk, kita lihat bersama:

1. Tarian barongsai



Barongsai adalah tarian tradisional Cina dengan menggunakan sarung yang menyerupai singa. Barongsai memiliki sejarah ribuan tahun. Catatan pertama tentang tarian ini bisa ditelusuri pada masa Dinasti Chin sekitar abad ke tiga sebelum masehi
Kalau ke mall atau pusat perbelanjaan, kamu pasti menyadari banyak banget gambar atau kostum berbentuk singa yang dimainkan dua orang. Biasanya sih mereka menampilkan atraksi tarian barongsai dengan gaya akrobatik gitu, Kawan Muda.

2. Lampion


Lampion adalah sejenis lampu yang biasanya terbuat dari kertas dengan lilin di dalamnya. Lampion yang lebih rumit dapat terbuat dari rangka bambu dibalut dengan kertas tebal atau sutera bewarna (biasanya merah). Lampion biasanya tidak dapat bertahan lama, dan mudah rusak.

Buat orang Tionghoa, lampion punya filosofi menerangi. Oleh karena filosofi itu, pemasangan lampion selalu dilakukan saat perayaan Imlek. Gak hanya lampion berwana merah berbentuk bulat yang menghiasi dekorasi perayaan Imlek, namun ada juga lampion berbentuk naga gitu, Kawan Muda. 

3. Angpao


Angpao berasal dari dialek Hokkian yang artinya adalah bungkusan atau amplop merah. Di dalam tradisi Tionghoa, orang yang wajib dan berhak memberikan angpao biasanya adalah orang yang telah menikah karena mereka biasanya dianggap udah mapan secara ekonomi. Selain memberikan angpao kepada anak-anak, mereka juga wajib memberikan angpao kepada yang dituakan.

Dalam kebudayaan masyarakat Tionghoa dan Asia, angpau adalah bingkisan dalam amplop merah yang biasanya berisikan sejumlah uang sebagai hadiah menyambut tahun baru Imlek atau perayaan lainnya. Bahasa Hokkien menyebutnya angpau, Kantonis sebagai lai see, Vietnam sebagai lì xì, dan Korea sebagai sae bae don

4. Warna merah


Lihat-lihat lagi deh ke mall atau pusat perbelanjan, pasti akan ada banyak warna merah menghiasi mall. Warna merah identik dengan perayaan Imlek karena bagi orang Tionghoa warna itu menggambarkan kebahagiaan dan membawa nasib baik. Mulai dari pakaian, lampion, amplop, pokoknya semuanya warna merah.  

Belum ada Komentar untuk "Hal-hal Yang Identik Dengan Imlek"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel