5 Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Konek Ke Wifi

Hallo Shobatasmo - HP Android tidak bisa konek ke wifi tentu adalah hal yang menyebalkan. Tadinya kita ingin menyelesaikan kerjaan, tugas, atau hanya untuk sekedar download film malah tidak jadi. Ini tentu akan mengurangi produktivitas. Tapi sebenarnya, apa sih yang membuat HP Android kita tidak bisa terhubung ke wifi? Sebenarnya ada beberapa penyebab.



Mulai dari pengaturan yang salah, sampai dengan hardware yang rusak. Semuanya akan dibahas secara lengkap di artikel ini. Jika kamu juga sedang mengalami masalah yang sama, kamu bisa mencoba cara-cara dibawah ini satu persatu.

Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Konek Ke Wifi

1. Hapus Cache Pengaturan Wifi

Adakalannya kamu ketika main ke rumah sodara teman atau tempat umum ketika kita ingin mengkoneksikan hp andoid kita ke wifi yang berada di sekitar terkadang susah untuk nyambuk ke wifi tersebut, namun saya sarankan kamu coba cara di bawah ini agar nanti bisa tersambung ke wifi terdekat anda.
Berikut ini adalah langkah-langkahnya:
  • Buka Pengaturan > Aplikasi > Manajemen aplikasi > Pengaturan Wi-Fi > Hapus cache
  • Selesai.
Setelah itu cache wifi kamu akan terhapus.

2. Gunakan pilihan “Lupakan Jaringan”

Kejadian ini sering terjadi ketika biasannya kita tersambung ke wifi tapi tiba2 tidak bisa konek entah kenapa, kejadian ini biasannya di sebabkan tergantinya password wifi tersebut dengan password yang baru, namun kamu bisa mengkoneksikannya lagi kok dengan cara Luppakan jaringan lalu kamu minta password wifi yang baru kepada orang yang mengetahui password wifi tersebut untuk cara melupakan jaringan kamu bisa ikuti langkah di bawah ini.
Berikut ini adalah tutorialnya:
  • Buka Pengaturan > Jaringan & internet > Wi-Fi > Jaringan tersimpan > Pilih Wi-fi yang diinginkan > Lupakan
Setelah melupakan jaringan kamu coba koneksikan lagi dengan password yang baru di jamin bakal konek lagi deh.

3. Restart HP Android Kamu

Jika tidak berhasil menghubungkan android ke wifi kamu bisa menggunakan cara restar hp, cara ini terbukti ampuh biasanya di semua hp, karena restart hp di andoid itni bertujuan untuk mereset semua sistem andoid yang sedang bekerja jadi tidak heran pasti bisa konek lagi deh kalo pake cara ini.

4. Atur Tanggal Dan Waktu Saat Ini

Mengatur tanggal pada andoid ini mungkin bisa berpengaruh di andoird kita, maka dari itu coba kamu setting zona waktu sekarang, misalkan sekarang bulan 5 tahun 2019 kamu ikuti saja tanggal dan waktu sekarang dan coba lagi koneksikan ke wifi, dan untuk cara setting tanggal dan waktunnya kamu bisa cek bawah.
Ikuti tutorial lengkapnya dibawah ini:
  • Buka menu Pengaturan > Sistem > Tanggal & waktu > lalu centang pilihan “Tanggal & waktu otomatis”
Jika sudah di setting silahkan kamu coba sambungkan lagi ke wifi

5. Gunakan Custom ROM

Jika semua cara diatas sudah kamu lakukan tapi HP Android kamu masih tidak bisa terhubung atau konek ke jaringan wifi, Mungkin sistem ROM hp kamu yang sedang di pakai biasannya terkena bug atau error bawaan ROM, dengan itu saya sarankan kamu mengganti ROM hp anda agar bisa kembali normal untuk menggunakan wifi yang ada di sekitar anda

Semoga dengan mengikuti tutorial diatas kamu bisa menggunakan wifi di Android lagi. Selamat mencoba.

Related Posts