Bersihkan Cache Aplikasi atau Hapus Data Aplikasi ?

Siapa pun yang pernah memperbaiki masalah aplikasi atau perangkat lunak di Android mungkin telah meminta saran “aplikasi cache kosongkan” atau “aplikasi data kosongkan”. Kedua solusi ini sering dianggap sebagai obat ajaib untuk Android, tetapi apa perbedaan antara operasi yang didukung Ini? Biarkan saya menjelaskan apa itu, dan bagaimana gunakan kapan saja.

Bersihkan cache aplikasi atau hapus data aplikasi

Apa yang membersihkan aplikasi cache?

Cache adalah area penyimpanan sementara perangkat, yang menyimpan jenis data tertentu. Tujuannya adalah untuk menambah cepat dan efisien perangkat yang Kamu gunakan dan mengurangi jumlah data yang dibutuhkan dan dikonsumsi.

Setelah memulai kembali ponsel Kamu, pernahkah Kamu membahas lebih lambat aplikasi game coc Kamu untuk memulai pada saat, setiap upaya berikutnya lebih cepat? Peningkatan kecepatan setelah pembaruan awal aplikasi adalah berkat data yang di-cache ini. Demikian pula, Kamu mungkin menemukan situs web. Sekali lagi, ini karena file seperti gambar telah disimpan sebelumnya dalam cache.

Saat Kamu menyimpan data cache aplikasi, Kamu menyimpan file sementara yang ditempatkan di sana, dan Kamu akan terkejut sulitnya menggunakannya. Kamu juga harus memperbarui, lalu tidak perlu menginstal kembali yang lebih baik, dan aplikasi perlu lebih banyak untuk sementara waktu digunakan.

Apa yang disarankan dengan ‘hapus data aplikasi’?

Menghapus data aplikasi adalah langkah yang lebih parah (karena ingin kata yang lebih baik). Meskipun cache dapat dihapus dengan sedikit risiko pada pengaturan aplikasi, preferensi, dan status tersimpan, aplikasi penyimpanan data akan disimpan / disimpan sepenuhnya ini.

Mengosongkan data akan menyetel ulang aplikasi ke status default: itu membuat aplikasi Kamu menjalankan seperti kompilasi Kamu pertama kali menginstal dan menginstalnya. Misalnya, Kamu melakukan perubahan pada pengaturan aplikasi kebugaran favorit Kamu. Kamu mengubah lama latihan dan mengatur suara.

Membersihkan cache tidak akan memengaruhi pengaturan yang disimpan ini. Mengosongkan data yang disimpan dapat, dan dikeluarkan akan terjadi. Menghapus data aplikasi sederhana, tetapi akan menghapus semua preferensi dan mengatur dalam aplikasi Kamu. …

Bagaimana cara Hapus data atau cache?

Saya menjalankan cache cadangan dari waktu ke waktu, dan kompilasi Kamu selesai, lakukan dari daftar aplikasi dengan data terbanyak. Untuk melakukan ini:

  • Buka Menu Pengaturan
  • Klik Aplikasi
  • Temukan tab Semua (jika sistem Kamu tidak menampilkan semua aplikasi secara default)
  • Pilih aplikasi yang menghabiskan banyak ruang
  • Klik Tombol Bersihkan Cache. Jika Kamu menjalankan Android 6.0 Marshmallow atau yang lebih baru di perangkat Kamu, maka Kamu harus mengklik Storage dan kemudian Clear Cache.
  • Untuk menyimpan data aplikasi alih-alih cache, cukup pilih Hapus Data saja

Cadangan cache setiap aplikasi secara terpisah. …
Namun, ini hanya untuk pemeliharaan satu aplikasi. Untuk menyimpan cache dari setiap aplikasi secara bersamaan, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pergi ke pengaturan
  • Klik Penyimpanan> Data Tembolok atau Data Tersimpan
  • Layar akan meminta konfirmasi untuk menginstal semua yang disimpan di dalam cache. Konfirmasikan dan simpan untuk menyimpan konten.

Catatan: Pada Android 8 Oreo atau versi yang lebih baru, Kamu mungkin tidak dapat melakukan pembersihan cache dan data di seluruh sistem, tergantung pada kulit pabrikan Kamu. Jika Kamu pergi ke Pengaturan> Penyimpanan> Kosongkan ruang> Berkas Sementara dan temukan data Tembolok di sana.

Untuk tutorial tersendiri untuk perangkat tertentu, Kamu dapat mencari situs web AndroidPIT.
Sebuah kata di aplikasi “peningkatan kinerja”

Ada banyak aplikasi yang mengklaim “meningkatkan kinerja perangkat” tetapi seringkali ini tidak benar. Dalam banyak kasus, aplikasi ini hanya menyediakan tombol sekali sentuh untuk mengakhiri proses dan membersihkan cache, yang keduanya sebagian besar tidak diperlukan pada platform Android saat ini. Kamu dapat, dan harus, melakukan ini secara manual jika memang diperlukan, tetapi jangan biasakan.

Cache pada dasarnya adalah area penyimpanan tempat data atau proses yang sering digunakan disimpan untuk akses yang lebih cepat di masa depan. Pada akhirnya, cache sebenarnya menghemat waktu dan menghindari penggunaan perangkat keras yang tidak perlu pada ponsel Kamu.

Jadi, membersihkan aplikasi Kamu ketika ponsel Kamu berjalan lambat atau memori penuh bisa tampak seperti pilihan terbaik dalam jangka pendek, tetapi itu bisa memiliki konsekuensi dalam jangka panjang, itulah sebabnya Kamu tidak harus terlalu sering melakukannya.
Pikiran terakhir

Sudah tidak perlu kekhawatiran Kamu tentang data aplikasi dan data yang di-cache? Jika tidak, beri tahu kami di komentar.