10 Tempat Wisata di Indonesia Terpopuler

Hallo Shobatasmo - Tempat wisata biasannya sering kita kunjungi bersama keluarga di hari libur, namun kita selaku kepala keluarga suka bingung mau pergi ke tempat wisataa mana yang harus dituju, nah saya di sini ada beberapa saran tempat wisata terpopuler menurut saya yuk langsung aja cek di bawah ini apa aja tempat-tempat wisata terpopuler di indonesia ini.

1.Danau Toba – Sumatera Utara


Kamu tentu sudah tak asing lagi dengan tempat wisata yang satu ini, bukan? keindahan Danau Toba dengan Pulau Samosir di tengahnya memang berhasil menarik perhatian wisatawan, tidak hanya lokal, tapi juga internasional. Danau Toba sendiri merupakan sebuah danau raksasa yang terbentuk akibat dari aktivitas gunung berapi. Danau ini memiliki panjang 100 km dan lebar 30 km dan disebut-sebut sebagai danau vulkanik terindah yang dimiliki Indonesia. Tidak hanya wisata danaunya yang menarik, di sini pengunjung juga bisa menjelajah kawasan hutan pinus di sekitar danau, menikmati pemandian air hangat, dan bermain-main di sekitar air terjun. Sudah? Tunggu dulu, di Pulau Samosir ada 2 desa wisata yang juga tak luput dari perhatian wisatawan, yakni Tomok dan Tuktuk. Di Tomok, Anda bisa mengunjungi makam Raja Sidabutar, Museum Batak, dan melihat pertunjukan boneka Sigale-gale. Mau bermalam di sini? Ada banyak penginapan murah di Tuktuk yang bisa Anda jadikan referensi

2. Candi Muaro Jambi – Jambi



Selama ini, dua candi yang paling banyak dikenal di Indonesia adalah Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Namun tahukah Anda, bahwa di tanah Jambi juga terdapat sebuah kompleks candi Hindu-Budha terbesar di Indonesia? Ya, Candi Muaro Jambi namanya. Tempat wisata bersejarah ini merupakan perpaduan peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu dan diperkirakan sudah ada sejak abad 11 Masehi. Tempatnya yang menarik dan kaya akan nilai sejarah membuat Candi Muaro Jambi diresmikan sebagai Kawasan Wisata Sejarah Terpadu (KWST) pada 2012 silam oleh mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Tidak hanya wisatawan domestik, beberapa tahun belakangan wisatawan asing pun mulai berdatangan demi bisa menyaksikan langsung tempat yang dulunya pernah dijadikan sebagai salah satu pusat tempat peribadahan agama Budha Tantri Mahayana di negeri ini.

3. Taman Nasional Way Kambas – Lampung



Apa sih yang pertama muncul di pikiran Anda ketika mendengar kata Lampung? Kopinya yang harum dan penangkaran gajahnya yang terkenal itu? Ya, tidak salah, Lampung memang merupakan salah satu tujuan wisata yang pas bagi Anda yang ingin melihat penangkaran mamalia bertubuh besar yang satu ini. Adalah Taman Nasional Way Kambas yang terletak di Kecamatan Labuhan Timur, Lampung. Tempat wisata yang dikelola oleh Kementerian Perhutanan ini pertama kali dibangun pada tahun 1985 dan merupakan sekolah gajah pertama di Indonesia. Selain merupakan tempat konservasi dan pelatihan gajah, di TNWK juga terdapat International Rhino Foundation yang difungsikan sebagai tempat penangkaran badak dari kepunahan. Untuk bisa masuk ke sini, Anda hanya akan dikenai tiket masuk sebesar Rp30.000 per orang. Murah sekali, bukan?

4. Kepulauan Seribu – DKI Jakarta

 

Jakarta ternyata tidak melulu soal macet, gedung-gedung pencakar langit, hotel dan pusat perbelanjaan mewah, lho. Jika mau bergeser sedikit ke arah utara di Kepulauan Seribu, Anda akan menemukan Jakarta yang berbeda. Ya, di sini terdapat sebuah tempat wisata bertajuk Taman Nasional Kepulauan Seribu yang tidak hanya dijadikan sebagai zona konservasi, tapi juga tempat wisata. Selain itu, Kepulauan seribu juga memiliki banyak pulau cantik yang sangat cocok dijadikan destinasi liburan akhir pekan, beberapa di antaranya adalah Pulau Kahyangan, Pulau Pabelokan, Pulau Bidadari, Pulau Onrust, dan masih banyak lagi yang lainnya. Karena air lautnya jernih dan berpasir putih, tempat ini merupakan spot yang sangat cocok untuk menyelam, snorkeling, dan aktivitas air yang lainnya. Untuk mencapai Kepulauan Seribu, Anda harus menyeberang menggunakan kapal yang disediakan di Pelabuhan Ancol selama 3 jam perjalanan.

4. Pelabuhan Ratu – Sukabumi



Pernah mendengar legenda Nyi Roro Kidul? Ya, salah satu tempat yang sering disebut-sebut sebagai lokasi persemayaman Ratu Laut Selatan adalah Pantai Pelabuhan Ratu, Sukabumi. Pelabuhan Ratu sendiri merupakan pantai paling terkenal yang ada di Sukabumi, hal ini tidak lepas dari mitos yang beredar di masyarakat tersebut. Pantai ini memiliki karakter khas pantai selatan, yakni pasir cokelat dengan ombak yang cukup tinggi serta bibir pantai yang dihiasi bebatuan besar. Di sini ada satu hotel bersejarah yang pembangunannya diinisiasi oleh Presiden Soekarno, yakni Samudera Beach Hotel.

5. Kawah Putih – Bandung, Jawa Barat


Bergeser ke Provinsi Jawa Barat, di Bumi Pasundan, Bandung, ada banyak tempat wisata dengan pemandangan memesona yang wajib Anda kunjungi, salah satunya adalah Kawah Putih yang terletak di Ciwidey, Bandung. Terletak sekira 50 km arah selatan Kota Bandung, objek wisata ini merupakan sebuah danau vulkanis yang dihasilkan dari letusan Gunung Patuha. Karena tercampur dengan unsur belerang, tanah di kawasan wisata ini seluruhnya berwarna putih. Yang menarik, danau di sini juga bisa berubah warna sesuai dengan kadar belerang, suhu, serta iklim. Karena letaknya berada pada ketinggian 2.400 dpl, cuaca di sini terbilang cukup dingin sehingga Anda disarankan untuk memakai jaket tebal. Untuk bisa menikmati keindahan Kawah Putih, Anda cukup membayar tiket masuk seharga Rp15.000. Di lokasi, ada banyak fasilitas yang bisa Anda nikmati, mulai dari musala, restoran, area parkir, dan transportasi dari gerbang sampai kawah.

6. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru – Jawa Timur

Jawa Timur memiliki satu pesona wisata yang kecantikannya tak terbantahkan, bahkan oleh wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Ya, apa lagi kalau bukan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru? Tempat wisata berupa taman nasional yang terletak di 4 kabupaten di Jawa Timur ini sendiri memiliki banyak objek menarik yang tidak boleh dilewatkan, mulai dari Gunung Bromo dan semeru, lautan pasir, Pantai Berbisik, Air Terjun Madakaripura, Ranu Pane, Ranu Kumbolo, dan lain-lain yang semuanya cantik. Akses menuju TNBTS ini terbilang cukup mudah, Anda hanya perlu mengikuti rute menuju Gunung Bromo. Meskipun jalannya cukup ekstrem, semua akan terbayar tuntas jika Anda sudah sampai di lokasi.

7. Nusa Dua - Bali


Usai puas menjelajah Kalimantan, mari bergeser ke Pulau Dewata, Bali. Siapa yang tak terkenang dengan keindahan Pulau Seribu Dewa yang satu ini? Pesonanya yang begitu memikat pun sampai membuat wisatawan mancanegara berbondong-bondong melancong ke sini setiap tahunnya. Nah, di Bali ada satu tempat wisata yang begitu cantik, yakni Nusa Dua. Objek wisata pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dengan air lautnya berwarna biru jernih. Selain bisa berselancar di pantainya, Anda juga akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang ada di sekitar lokasi, mulai dari penginapan dan resort berkelas internasional, restoran, pusat-pusat perbelanjaan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

8. Gili Trawangan – Nusa Tenggara Barat


Selain Bali, provinsi lain di Indonesia yang sering dikunjungi wisatawan asing adalah Nusa Tenggara Barat. Maklum saja, di sini ada banyak sekali tempat wisata alam yang tak kalah cantik dan menarik. Anda tentu pernah mendengar tentang pesona Gili Trawangan di NTB, bukan? Ya, Gili Trawangan memang memiliki pantai dengan panorama yang eksotis. Siapa pun yang berkunjung ke sini pasti akan tersihir dengan keindahan alamnya. Paduan langit biru, air laut yang jernih berkilauan terkena pantulan cahaya matahari, dan pasir putih yang halus bak permadani akan semakin menyempurnakan liburan Anda bersama orang terkasih di sini. Pantai ini juga punya pesona bawah laut yang menakjubkan, lho. Jika Anda mendambakan suasana pantai yang lebih sepi, datanglah ke pantai di sisi barat karena suasana di sini tak seramai pantai Gili Trawangan di sisi timur yang ramai oleh aktivitas warga setempat.

9. Pura Luhur Uluwatu – Bali



Bali dijuluki sebagai Pulau Seribu Pura karena di sini terdapat banyak sekali pura sebagai tempat pemujaan kepada dewa-dewa, salah satunya adalah Pura Luhur Uluwatu yang terletak di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Badung, Bali. Pura ini sendiri terletak di atas batu karang yang terjal dengan ketinggian sekitar 97 meter dari permukaan laut. Dari atas tebing, wisatawan bisa menyaksikan kemegahan Samudera Hindia yang biru sejauh mata memandang. Tidak hanya itu, letak pura yang berada di ujung barat daya Pulau Bali membuat tempat wisata ini digadang-gadang wisatawan sebagai lokasi paling baik di antero Bali untuk melihat matahari terbenam. Pura Watu juga dikenal sebagai lokasi terbaik untuk melihat pertunjukan Tari Kecak yang biasanya dimulai pukul 18.15 persis ketika matahari mulai kembali ke peraduannya.

10. Gunung Rinjani – Lombok, NTB



Selain Gili Trawangan, di NTB juga terdapat satu tempat wisata lain yang tak kalah popular di kalangan wisatawan, yakni Gunung Rinjani. Gunung ini merupakan gunung berapi tertinggi kedua yang ada di Indonesia. Setiap tahunnya, ada ratusan ribu pendaki yang berjuang menaklukkan puncak Rinjani pada ketinggian 3.726 mdpl tersebut, terlebih pada saat menjelang 17 Agustus. Konon, Gunung Rinjani merupakan gunung dengan pemandangan terindah se-Asia. Di sini juga terdapat hamparan bunga edelweiss dan Danau Segara Anak yang merupakan spot menarik para pendaki untuk mendirikan tenda, mandi air hangat, maupun memancing ikan. Nah, sebelum memutuskan untuk mendaki, buatlah persiapan sematang mungkin. Tidak hanya bekal mendaki, tapi juga mental dan stamina. Kebanyakan pendaki menyerah di tengah jalan karena tidak punya persiapan yang matang.

Itulah Beberapaa saran destinasi wista kamu dan keluarga kamu yang cocok untuk di datangi bersama keluarga anda.

Belum ada Komentar untuk "10 Tempat Wisata di Indonesia Terpopuler"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel