Google Play Store Tidak Berfungsi? Berikut ini Beberapa Cara Memperbaikinnya

Hallo Shobatasmo - Google Play Store adalah salah satu aplikasi yang penting di dalam sebuah hp android, Namun ketika aplikasi Google Play Store mengalami eror atau tidak berfungsi membuat kita sedikit pusing, karena aplikasi Google Play Store ini sangat berguna ketika kita ingin mendownload aplikasi seperti game online maupun offline. Saya ada beberpa cara untuk memperbaiki masalah tidak bisa download aplikasi di Google Play Store yuk simak penjelasannya di bawah.


Tidak ada manual yang pasti untuk memperbaiki Google Play Store, tetapi kami telah mengumpulkan serangkaian tips dan trik yang kemungkinan besar akan membuat toko aplikasi Anda yang berharga berjalan kembali. Mari kita lompat ke seluk-beluk seluk beluk, sebelum Anda menjadi gila tanpa akses Play Store!

Cara Memperbaiki Google Play Store Error/ Tidak Berfungsi

Paksa Berhenti Google Play Store

Terkadang Anda hanya perlu menutup kekuatan secara sederhana! Anda dapat melakukan ini dengan hanya mengusap Google Play Store pada pengalih aplikasi multi-tugas Anda. Atau Anda bisa pergi ke Pengaturan> Aplikasi> Semua dan kemudian mengakses Google Play Store dan tekan "Berhenti paksa."

Aktifkan mode pesawat

Tidak yakin seberapa banyak ini bekerja, tapi saya telah mendengar banyak orang mengatakan bahwa mengaktifkan Mode Pesawat, dan kemudian mematikan, akan membantu Google Play Store kembali ke jalurnya. Hei, ini bukan proses yang rumit dan aman. Mengapa tidak mencoba, bukan?

Matikan Wi-Fi dan nyalakan lagi

Sama seperti dengan Mode Pesawat, Wi-Fi bisa menjadi masalah. Belum lagi, jaringan Anda mungkin mengalami masalah koneksi yang sederhana! Nyalakan dan matikan Wi-Fi, dan mainkan dengan Google Play Store untuk beberapa orang. Itu mungkin bisa membantu.

Mulai ulang router Anda

Saya bukan ahli, tetapi saya telah memperbaiki satu atau dua masalah Wi-Fi hanya dengan me-restart router saya. Ini mungkin tidak selalu masuk akal, tetapi cobalah dan Anda mungkin akan memengaruhi sihir Wi-Fi cukup untuk membuat semuanya berfungsi kembali.

Mulai ulang ponsel Anda alias restart hp!

Seperti di masa-masa indah, elektronik modern kadang-kadang hanya membutuhkan pukulan untuk bekerja dengan baik.

Seperti di masa lalu, elektronik modern kadang-kadang hanya membutuhkan pukulan untuk bekerja dengan baik. OK, mungkin bukan pukulan yang sebenarnya, tetapi Anda harus meletakkan semuanya kembali, dan kadang-kadang reboot sederhana akan berhasil. Ini akan memakan waktu satu atau dua menit dan sangat sering memperbaiki masalah.

Hapus cache Google Play Store

Memori cache adalah alat yang luar biasa. Dengan menyimpan data secara lokal, ponsel dapat mengurangi penggunaan data dan mempercepat waktu pemuatan. Ini adalah data yang seharusnya perlu diunduh setiap kali Anda mengakses halaman, yang tidak perlu jika tidak ada perubahan! Bagian yang buruk adalah bahwa kadang-kadang data yang lebih lama dapat menumpuk, dan itu juga bisa berperilaku buruk. Inilah sebabnya mengapa ada baiknya menghapus cache dari waktu ke waktu.

Untuk menghapus memori cache Google Play Store, cukup buka Pengaturan Anda dan pilih opsi "Aplikasi". Dari sana, cukup cari Google Play Store dan ketuk di sana. Anda akan disajikan dengan banyak pilihan, termasuk tombol "Bersihkan cache".

Hapus data Google Play Store

Apakah membersihkan cache tidak cukup? Sudah waktunya untuk mengambil beberapa senjata yang lebih besar dan benar-benar membersihkan segalanya. Untuk menghapus data terkait, cukup akses Pengaturan Anda dan masuk ke App Manager seperti yang Anda lakukan untuk menghapus cache. Alih-alih memukul "Hapus Cache," pilihlah "Hapus Data."

Hanya perlu diingat ini akan menghapus aplikasi. Itu harus masuk dan mengambil semua data lagi saat berikutnya Anda mengakses Google Play Store.

Lihatlah aplikasi yang dinonaktifkan

Ingatlah bahwa beberapa aplikasi saling membutuhkan agar berfungsi dengan benar. Terutama ketika berhadapan dengan aplikasi sistem seperti Google Play Store. Sudahkah Anda menonaktifkan aplikasi apa pun baru-baru ini? Itu bisa menjadi penyebab kesengsaraan Play Store Anda.

Cukup buka Pengaturan> Aplikasi> Semua dan gulirkan sepenuhnya ke bawah. Di sinilah aplikasi yang dinonaktifkan pergi ketika mereka diletakkan. Jika Anda melihat layanan yang dinonaktifkan, aktifkan saja dan lihat apakah itu membantu.

Periksa pengaturan tanggal dan waktu di hp Anda

Ini mungkin tampak seperti saran yang konyol, tetapi sering kali ini bisa menjadi penyebab banyak masalah Google Play Store. Ini bisa disebabkan server Google mengalami masalah sinkronisasi dengan pengaturan tanggal dan waktu Anda. Kembali dan letakkan di otomatis, jika tidak. Jika itu tidak membantu, cobalah untuk mengatur waktu dan tanggal Anda setepat mungkin. Hanya bermain-main dengan pengaturan waktu dan tanggal sedikit. Ini mungkin tampak seperti saran yang konyol, tetapi pengaturan tanggal / waktu sering menjadi penyebab masalah Google Play Store.

Copot saja!

Jika semuanya gagal, taruhan terbaik Anda mungkin adalah mencopot pemasangan Google Play Store. Satu-satunya trik adalah bahwa ini adalah aplikasi sistem dan Anda benar-benar tidak bisa menyingkirkannya. Yang dapat Anda lakukan adalah menghapus instalan pembaruan, membawa aplikasi ke versi yang lebih lama. Anda dapat memperbaruinya lagi setelah itu, jadi jangan khawatir - ini adalah prosedur yang aman.
  • Cukup buka Pengaturan> Aplikasi> Google Play Store dan ketuk "Copot pemasangan pembaruan."

Mungkinkah masalahnya Layanan Google Play?

Bisa dibilang aplikasi Google adalah motor yang menggerakkan perangkat Android. Ya, kita berbicara tentang aplikasi aneh yang perlu diperbarui setiap saat, ketika Anda mencoba untuk mendapatkan aplikasi lain. Dan banyak yang tidak tahu apa itu, tetapi kebetulan itu adalah tulang punggung ponsel Anda. Aplikasi Google menawarkan beberapa fitur paling menarik yang tersedia, dan semuanya didukung oleh Layanan Google Play.

Seperti aplikasi lain, Layanan Google Play kadang-kadang bisa gagal, jadi ada baiknya bermain-main dengan itu jika Anda mengalami semua jenis masalah terkait Google. Coba bersihkan cache dan data dengan mengikuti langkah-langkah yang sama dari atas. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa alih-alih mengakses Google Play Store, Anda menuju ke Google Play Services di App Manager.
google_play_services

Hapus data dan masukkan kembali akun Google

Saya tidak terlalu percaya pada yang ini, tetapi beberapa menyarankan Anda dapat mengatur ulang akun Google Anda untuk memperbaiki masalah tertentu. Saya kira itu patut dicoba sebelum melompat pada tip terakhir (dan paling ekstrim). Cukup buka Pengaturan> Akun dan pilih akun Google Anda. Ketuk tombol menu tiga titik dan tekan “Hapus.” Kemudian tambahkan akun Anda lagi dan coba akses ke Google Play Store.

Apakah Anda mendapatkan kode kesalahan?

Bekerja dengan kode kesalahan mungkin lebih mudah, karena sistem memberi tahu Anda apa yang sedang terjadi. Sedikit riset dan Anda harus tahu apa masalahnya dan bagaimana cara memperbaikinya. Mari kita membahas beberapa kode kesalahan Google Play Store paling populer yang mungkin Anda temui.

Google Play Store Error 944
Mereka yang mendapatkan kode kesalahan 944 tidak perlu panik. Semua kode ini memberi tahu Anda bahwa server Google sedang offline atau mengalami masalah konektivitas. Solusi yang jelas adalah menunggu sampai Google memperbaiki masalahnya.

Google Play Store Error 919
Anda kehabisan ruang! Mencoba mengunduh aplikasi itu berulang kali tidak akan membantu, karena kode kesalahan ini memberi tahu Anda bahwa aplikasi tersebut tidak lagi sesuai dengan penyimpanan Anda. Hapus beberapa kekacauan dan hapus instalasi aplikasi yang tidak penting.

Google Play Store Error 481
Mari berharap tidak ada dari Anda yang pernah melihat kode kesalahan ini, karena itu kemungkinan berarti akhir dari akun Google Anda. Kode ini berarti ada semacam kesalahan besar pada akun Anda. Satu-satunya perbaikan adalah menghapus akun lama Anda dan kemudian mendaftar yang baru. Anda dapat menghapus akun Anda di bawah Pengaturan Umum> Akun> Google.

Google Play Store Error 505
Kesalahan ini biasanya disebabkan oleh aplikasi serupa yang mencari izin yang sama, yang menyebabkan konflik. Google mungkin telah memperbaikinya dengan pembaruan yang lebih baru, karena kesalahan ini lebih sering terjadi pada perangkat dengan Android 4 KitKat dan iterasi yang lebih lama.

Upaya pertama Anda untuk memperbaiki ini harus menghapus cache Google Play Store dan Google Play Services. Ini dilakukan dari bagian "Aplikasi", di dalam aplikasi Pengaturan Anda. Selanjutnya, Anda dapat menghapus dan menginstal ulang pembaruan ke Google Play Store. Pastikan juga Anda menjalankan perangkat lunak terbaru yang tersedia untuk perangkat Android Anda.

Google Play Store Error 927
Ini adalah kesalahan Google Play Store yang muncul ketika mencoba mengunduh atau memperbarui aplikasi, tetapi kode khusus ini hanya terjadi ketika Play Store terperangkap di tengah pembaruannya sendiri.

Perbaikan terbaik biasanya menunggu Play Store selesai memperbarui dan menginstal, dan kemudian hanya mencoba lagi. Atau, Anda dapat menghapus data aplikasi untuk Play Store dan Layanan Google di bawah Pengaturan> Aplikasi> Semua.

Punya kode kesalahan yang berbeda?
Jangan khawatir. Kami menangkapmu. Kami telah melakukan posting yang lebih luas pada kode kesalahan Google Play Store yang mungkin Anda temui. tekan saja tautan di bawah untuk mengaksesnya.

Reset data pabrik

Jika semuanya gagal, cukup bersihkan perangkat Anda dan berikan awal yang baru. Pada titik ini kami tidak tahu apa yang dapat menyebabkan perbedaan Google Play Store Anda, tetapi pengaturan ulang data pabrik kemungkinan akan memperbaiki sebagian besar masalah Anda, karena menghapus semua yang ada di perangkat dan membiarkannya seperti saat Anda menyalakannya untuk pertama kali. Anda dapat melakukan reset data pabrik dengan mengklik tombol di bawah ini dan mengikuti instruksi di dalam posting itu.

Adakah di antara Anda yang mengalami masalah dengan Google Play Store? Apa yang Anda lakukan untuk memperbaikinya? Tekan komentar dan beri tahu kami jika Anda telah menggunakan metode ini, atau jika Anda memiliki metode lain.

Related Posts