Solusi Cara Mengatasi Memori HP Android Penuh Tanpa Sebab

Hallo Shobatasmo - Pasti Kamu Pernah mengalami penuh memory atau not enough phone storage space pada hp kamu ? ya sudah pasti pernah mengalami not enough phone storage space. Ketika kita ingin menginstal aplikasi tapi ada notifikasi memory tidak cukup untuk menginstal dan harus menghapus beberapa aplikasi atau file gambar video yang ada di memory internal

Nah kamu pernah berpikir penuhnya memory internal tanpa sebab? mungkin kamu pertanya-tanya kenapa hp anddroid saya sudah mencapai memory penuh alias not enough phone storage space pada hp android. Jawabannya adalah banyak aplikasi yang terinstal atau kamu menyimpan file yang besar di dalam memory internal hp android kamu..


Memory penuh tanpa sebab bisa di atasi kok, cuman ada beberapa penyebab yang sudah pasti mempengaruhi penuh memory pada hp android, Cache yang menumpuk pada aplikasi seperti game dan browser yang jarang kamu bersihkan membuat file menjadi menumpuk. dan jangan lupa hal spele seperti foto dan video yang kamu rekan itu juga berpengaruh pentung ke memori internal hp kamu.

Untuk mengatasi memori penuh tanpa sebab di hp android kamu bisa lakukan cara ini untuk menormalkan kembali hp andoird kamu agar bisa di instal aplikasi lagi atau download film yang size gede di browser internet hp android kamu yuk simak apa saja tips cara mengatasi memory android penuh tanpa sebab berikut tipsnya di bawah :

Cara Mengatasi Penuh Memory HP Android Tanpa Sebab

1. Membersihkan File Cache

File cache merupakan wadah penempatan sementara sebuah cache aplikasi di memori internal android kamu, dimana itu di sebabkan ketika kita sedang menjalankan aplikasi tertentu yang dalam proses kerjanya membutuhkan ruang sementara untuk data mereka. Misalnya saja yaitu seperti aplikasi Youtube, Facebook, dan Browser. Lalu Bagaimana cara membersihkan data cache? cukup simple, download aplikasi berupa pembersih sampah seperti CCleaner atau lain sebagainya.

Untuk cara manual menghapus data cache bisa anda lihat langkah-langkahnya berikut di bawah ini:
  • Buka menu Pengaturan pada smartphone kamu
  • Tap pada opsi Setelan > pilih Manajemen Aplikasi
  • Kemudian pilih aplikasi mana yang mau anda hapus data cache nya, kalau sudah tinggal tap untuk buka
  • Setelah itu cari aplikasi yang kira kira cachennya besar lalu klik aplikasi tersebut dan hapus cache.

2. Mengubah Penyimpanan Kamera Ke SD Card ( Memory Card )

Secara default atau pengaturan di sistem android, Pengaturan kamera bisa kamu pindahkan penyimpanannya dari internal ke External alias Memory Card. Sebenarnya Cara ini penting ketika memanajemen kapasitas memori kita penuh untuk digunakan. Saya sendiri sering menyepelekan penyimpanan kamera ini ke internal memory jadi lambat laun saya tidak sadar ternyata foto dan video yang di hasilkan oleh hp juga mempengaruhi penuh tidaknya memori tanpa sebab.

Jadi intinya kita harus memindahkan penyimpanan memori internal dan eksternal isinya bisa seimbang, jika hanya penuh salah satu maka juga mempengaruhi kinerja handphone anda. Selain itu juga akan sering muncul notifikasi ruang penyimpanan penuh.

3. Hapus File Tidak Penting di Memory Internal

File sisa seperti ini seringkali di abaikan, ketika kita menerima data dari handphone lain, contohnya kita minta aplikasi ke teman lain atau game dan data obbnya. Terkadang kita suka lupa untuk menghapus file yng di kirim oleh shareit. Selain aplikasi yang di kirim oleh android lain kamu juga harus menyeleksi file yang ada di memory internal kamu dan hapus yang menurut anda sudah tidak penting lagi.

4. Pakai aplikasi Pembersih Cache di Google PlayStore

Cara ini juga terbilang efektif karena bisa menghapus cache aplikasi yang sering kita gunakan. Aplikasi apa saja yang bisa membersihkan file cache atau sampah pada andorid contohnya adalah NoxCleaner, CCleaner, Pembersih Ponsel, Clean Master dan masih banyak lagi yang bisa kamu download di playstore.

Semoga artikel penyebab memori internal cepat penuh di HP android dan cara mengatasinya ini bisa membantu. Jangan lupa bantu like dan share

Related Posts

Posting Komentar