Penting!!
Jaga Kesehatan Dari Virus Corona Stay at Home #DiRUmahAja

Tips Kuat Berpuasa Seharian Penuh

Hallo Shobatasmo - Bulan Ramadhan atau bulan puasa sekarang sudah dimulai dimana sidang isbat sudah memutuskan bahwa sudah di mulai, lalu lantas kita besoknya akan menjalankan puasa selama 1 bulan penuh. Namun di saat berpuasa terkadang kita sebagai manusia pasti kadang suka tidak kuat menahan hawa nafsu atau mencuim bau makanan yang membuat kita tergiur saat mencium baunya atau melihatnnya.


Terkadang buat orang yang mau belajar puasa contohnya anak usia kelas sd kelas 1-4 sd ingin mencoba berpuasa namun selalu gagal alias buka puasa di jam 12 siang rata-rata lantas bagaimana biar anak yang mau belajar puasa itu kuat menahan lapar dan haus sampai nunggu adzan maghrib ?
Oleh karena itu saya punya beberapa tips agar kamu kuat berpuasa seharian penuh mulai dari sahur sampai ke adzan maghrib.

Tips Agar Kuat Berpuasa di Bulan Ramadhan

1. Hindari makan berlebihan ketika berbuka

Wajar sekali ketika kita buka puasa dan melihat banyak makanan seketika kita langsung reflek ingin memakan banyak makanan yang ada di dalam meja makan,Alangkah baiknya kita perlahan saat berbuka puasa mulai dari memakan yang manis-manis seperti kolak es buah atau es campur lalu di lanjut dengan kurma setelah itu makan nasi dan jangan lupa jangan terlalu banyak makannya.

2. Hindari Matahari dan Mengurangi Aktifitas Olahraga Berat

Agar tetap bugar selama puasa, hindarilah berada di bawah terik matahari. Kita juga harus mengurangi aktifitas olahraga berat. Mengonsumsi buah ketika sahur adalah cara yang tepat untuk menjaga asupan air dalam tubuh. Air yang terkandung dalam buah membantu menghidrasi tubuh di siang hari. Namun, kita juga tak boleh meminum banyak air sekaligus. Kopi dan teh juga harus kita hindari. Minuman berkafein hanya meningkatkan rasa haus dan dehidrasi. Untuk energi tambahan, cobalah minum smoothie atau jus buah yang diencerkan dengan air.

3.Tidur Yang Cukup

Cukup saat puasa. Aktifitas tidur di saat puasa pasti sangat meningkat di kalangan semua orang, tidur boleh saja asal jangan terlalu lama tidurnnya karena itu tidak boleh, lebih baik secukupnya saja

4. Makan Buah Saat Buka Puasa

Pada saat berbuka puasa tubuh membutuhkan asupan nutrisi lebih terutama dari cairan. Selama berpuasa konsumsilah buah buahan biar nanti tubuh terisi lagi oleh cairan.

5. Jangan melewatkan sahur

Jika anda ingin kuat berpuasa tentu saja tidak boleh melewatkan sahur. Hal ini biasanya terjadi jika seseorang malas untuk bangun sahur dan mengabaikannya. Makan sahur amatlah penting terutama untuk menjaga asupan nutrisi yang akan digunakan sebagai cadangan makanan disaat berpuasa. Orang yang melewatkan sahur tentu akan merasakan cepat lemas saat berpuasa dan bisa jadi puasanya kan lebih mudah batal karena sakit.

6. Jaga keseimbangan cairan

Menjaga cairan tubuh selama berpuasa sangatlah penting karena tubuh manusia sebagian besar terdiri dari cairan. Bila tubuh keurangan cairan akan menyebabkan dehidrasi dan tubuh menjadi lemas. Untuk menghindari dehidrasi saat berpuasa, jangan lupa untuk mengkonsumsi cairan 8 gelas pada malam hari setelah berbuka puasa. Tidak hanya mengkonsumsi air putih, agar kuat berpuasa anda bisa mengkonsumsi jus buah atau susu.

Itulah tips kuat berpuasa selama 1  hari penuh yang bisa kamu coba, jangan lupa terapkan dan baca tips di atas biar kamu kuat dalam berpuasa selama 1 hari full. oke emoga bermanfaaat bagi kita semua jangan lupa share jika di rasa berguna terima kasih.

Subscribe Our Newsletter

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel