Perencanaan SDM untuk Memaksimalkan Bisnis Perusahaan


Sumber daya manusia yang berkualitas sangatlah diperlukan perusahaan untuk meningkatkan produktivitas perusahaan. Potensi SDM yang ada haruslah disesuaikan dengan kondisi perusahaan agar dapat lebih berkembang. Untuk itulah, perusahaan perlu menyusun perencanaan SDM. Berikut ini adalah tahapan perencanaan SDM yang perlu dipahami.

1. Pahami Kualitas dan Kuantitas Karyawan

Tahap pertama dari perencanaan SDM adalah memahami kualitas dan kuantitas karyawan. Dalam suatu perusahaan, kualitas dari setiap karyawan tentu tidaklah sama. Seorang HR memiliki tugas untuk mencari tahu secara pasti jumlah SDM yang ada dalam perusahaan dan kualitasnya. Hal ini dilakukan agar HR dapat memetakan penempatan SDM pada posisi tertentu guna memaksimalkan produktivitas karyawan.

2. Lihat Hasil Evaluasi

Setiap tahunnya, perusahaan tentu mengadakan penilaian karyawan yang dapat meliputi tingkas ketangkasan karyawan dalam menyelesaikan masalah, ketepatan waktu saat mengumpulkan deadline, kecepatan menyelesaikan pekerjaan, kepatuhan terhadap atasan, hubungan komunikasi dengan karyawan lain, dan lain sebagainya. Dari evaluasi inilah, HR dapat melihat profil karyawan dan mengetahui kekurangan SDM yang harus diperbaiki lagi. Evaluasi ini haruslah dilakukan secara objektif agar mendapatkan hasil yang akurat.

3. Sesuaikan dengan Program Perusahaan

Apa sajakah yang dibutuhkan perusahaan ke depannya? Jika SDM yang sudah ada belum memiliki kualitas yang cukup untuk memenuhi kebutuhan perusahaan, HR perlu mencoba suatu program pelatihan khusus yang dapat membantu meningkatkan kualitas karyawan. Apabila yang menjadi kendala adalah kuantitas, maka opsi yang dapat dilakukan oleh HR adalah merekrut karyawan baru.

4. Pahami Kondisi Pasar Tenaga Kerja

Walaupun jumlah penduduk setiap tahunnya mengalami peningkatan, jumlah lapangan kerja yang memadai tidaklah imbang. Sehingga SDM yang tersedia di luar sana sangatlah melimpah. Setelah mengetahui kualitas SDM yang ada dan kebutuhan perusahaan kedepannya, sudah saatnyalah perusahaan untuk membuka peluang baru bagi para calon pelamar. Tidak menutup kemungkinan perusahaan dapat menemukan bibit unggul dari para pelamar tersebut. Mengambil kandidat yang benar-benar berkualitas tentu sudah menjadi kewajiban sebagai seorang HR.

5. Analisis Tren

Tidak hanya memahami kondisi pasar tenaga kerja yang ada, HR juga perlu melihat kecenderungan tren perekrutan. Dengan memahami tren perekrutan yang ada, perusahaan tentu dapat memaksimalkan pemanfaatan SDM.

6. Ambil Kesimpulan

Seusai mempertimbangkan kondisi dan kemungkinan-kemungkinan yang mungkin terjadi di masa mendatang, kini perusahaan dapat memutuskan apa yang perlu dilakukan dalam mengembangkan  SDM. Apakah merekrut karyawan baru, menggunakan jasa freelancer? Perlukah mengadakan pelatihan, atau justru melakukan pengurangan tenaga kerja? Untuk mengambil keputusan yang tepat, software HRIS sangatlah membantu dan turut berperan penting. Keputusan yang diambil perusahaan dapat lebih akurat berdasarkan penilaian kinerja dan bukti yang otentik.

Perencanaan SDM memang bukan hal mudah dan dapat dilakukan dalam waktu singkat. Seluruh divisi HR harus bekerja sama dan terlibat dalam setiap prosesnya. Perencanaan SDM yang efektif haruslah tepat sasaran agar perusahaan dapat berkembang dengan baik.

Baca Juga :  Mengenal HRIS dan Manfaatnya bagi Perusahaan

Software HRIS dari LinovHR dapat di pertimbangkan untuk digunakan oleh perusahaan, karena berbagai modul dan fitur di dalam Software HRIS LinovHR sangat mendukung dan mampu menyelesaikan masalah perusahaan di bidang Human Resource Information System ( HRIS ) seperti

Modul Personal administration yang dapat membantu mengelola data personal karyawan, Modul Performance Appraisal untuk menganalisis kinerja karyawan, Modul Recruitment untuk membantu proses rekrutmen perusahaan, Modul Competency Management untuk mengelola setiap kompetensi yang ada di dalam unit kerja, Modul Time Management untuk mengelola jam kerja karyawan. Masih banyak modul dan fitur lain yang dapat dimanfaatkan untuk perusahaan.

Gunakanlah Software HRIS dari LinovHR agar perusahaan dapat lebih fokus dalam perencanaan SDM. Yuk, coba sekarang juga dan buktikan keunggulan Software HRIS LinovHR untuk menambah performa tim HR Anda.

Related Posts