Resep Bakso Bandung Enak Banget Dan Mudah Dibuat

Hallo shobatasmo - Bakso atau baso adalah Makanan yang berbentu bola daging yang sangat enak Bakso ini ditemukandi seluruh daerah di indonesia. Bakso umumnya dibuat dari daging sapi dan tepung tapioka, Tapi terkadang bakso juga bisa di ganti bahan tambahannya selain sapi yaiyu ayam dan ikan.

Bakso sudah tidak asing bagi masyarakat indonesia. Bakso sendiri menjadi salah satu makanan ternikmat yang di santap di berbagai suasana mulai dari siang hari malam hari bahkan saat hujan. Makanan berkuah ini sudah meluas di masyarakat indonesia. mungkinkah kamu salah satu penggemarnya?


Penggemar dari makanan yang satu ini mulai dari kalangan anak-anak hingga dewa. Sejak jaman dahulu sampai sekarang makanan bakso ini memang sudah melegenda. Makanan bakso Populer di indonesia bahkan di luar negri. Mantan Presiden Amerika Serikat juga pernah mencicipi bakso yang beradaa di indonesia suatu masa kecilnya.

Selain Bakso Sapi sekarang ini banyak sekali bakso dengan aneka rasa dan isian mulai dari bakso ikan, Bakso ayam dan bakso telur. Cara membuat bakso memang dikatakan tidaklah susah. Makanan ini dibuat dari bahan campuran tepung tapioka, garam, penyedap rasa dan bahan lainya.

Daging atau isianya bisa kamu giling secara lembut atau kasar terserah kamu sendiri, dan untuk penyajian dari bakso ini biasanya disajikan selagi panas dengan kuah yang guring dan di campur mie bihun, sayur dan di taburi bahan goreng dan saledri membuat bakso menjadi tambah enak.

Bakso tidak hanya di konsumsi sama baso saja, melainkan bakso juga sering dikombinasikan dengan nasi goreng, mie goreng bahkan capcai. Makanan tadi kerap di sangkutkan pasti dengan bakso sebagai bahan pelengkapnya. Kelezatan bakso emang sudah di akui oleh berbagai orang jadi tidak asing bila ada bakso dalam pembuatan makanan lainya

Jadi pernahkah kamu terpikir untuk membuat bakso di rumah sendiri dengan mudah? Tenang saja untuk resep baksonya anda bisa pelajari di sini di bawah ini yuk langsung aja ke resep bakso nya. Ohya untuk kamu yang tidak punya daging sapi kamu bisa mengunakan daging ayam, yuk cek di bawwah ini :

Resep Bakso Bandung Kenyal dan Enak

Bahan Bakso ini dagingnnya daging ayam jika kamu ingin mengunakan daging sapi bisa saja resepnya sama kok, ini hanya untuk yang tidak punya modal buat beli daging sapinya jadi pakai daging ayam.

Bahan Bakso Daging Ayam

  • ½ sdt lada bubuk
  • 1 sdt garam
  • 2 l air
  • 40 g es batu, hancurkan
  • 1 kg daging ayam, tanpa tulang, giling
  • 50 g tepung kanji
  •  4 siung bawang putih, haluskan
  • 2 sdm bawang merah goreng
  • Telur 1 butir

Bahan Untuk Kuah Bakso Daging Ayam

  • air 3 liter
  • bawang merah 5 siung, goreng dan haluskan
  • bawang putih 7 siung, goreng dan haluskan
  • garam 2 sdm
  • merica 1 sdt
  • daun bawang 4 batang, ambil bagian putihnya, iris.
  • kaldu sapi instan 2 sdt    tulang sapi 200 g
  • gula pasir 2 sdt

Cara Membuat Bakso Daging Ayam

  1. Giling daging ayam atau sapi terlebih dahulu.
  2. Masukkan daging ayam atau sapi yang sudah digiling ke dalam wadah, Lalu campurkan tepung kanji,garam, lada bubuk, telur, dan bawang putih yang sudah dihaluskan serta bawang merah goreng. 
  3. Campurkan atau uleni menggunakan tangan atau dapat menggunakan alat hingga semua tercampur sempurna.
  4. Jika dirasa adonan masih lembek dan susah untuk dibentuk, maka kamu tambahkan es batu secara perlahan sambil di aduk hingga dirasa adonan bisa dibentuk.
  5. Siapkan panci dan Rebus air dalam panci hingga mendidih
  6. Ambil adonan baksonya lalu cetak dengan tangan lalu bentuk bulat baik dengan kedua tangan atau dengan satu tangan.
  7. Masukkan adonan yang sudah bentuk bulat ke dalam air panas.
  8. Habiskan hingga semua adonan habis tidak tersisa.
  9. Jika bakso telah mengapung maka Bakso sudah matang. Angkat dan tiriskan.
  10. Untuk Huah Baksonya sendiri kamu sudah pasti tahu kan apa aja bahannya, kamu hanya perlu menambahkan garam, micinm bumbu penyedap rasa dan saus kecap cabe.
Itulah  Resep Bakso Bandung Kenyal Enak Sederhana yang bisa kamu coba di buat di rumahm tidak sulit bukan untuk membuat bakso sendiri di rumah. Jika kamu berhasil jangan lupa bagikan ke tetangga anda biar bisa mencicipi bakso buatan kamu sendiri, semoga bermanfaat terima kasih.

Related Posts