5 Kegiatan Tahun Baru Islam Yang Masih Dijalankan Hingga Saat Ini

Hallo Shobatasmo - Tahun baru islam tentunya sangat dinantikan oleh umat beragama Islam. di tahun baru Islan ini pasti banyak kegiatan yang positif yang akan dilakasnakan, Tahun baru islam pada tahun ini Jatuh pada tanggal 1 September 2019. Di indonesia sendiri sudah pasati banyak sekali kegiatan acara yang sangat positif untuk menyambut 1 Muharramdi kampung masing masing.

Kegiatan positif pada saat Muharram biasanya di isi dengan acara keagamaan seperti membaca al-quran, ceramah ustad dan pawai obor. Di indonesia sendri [asti di setiap daerah mempunyai kegiatan yang berbeda alias beragam untuk menyambut tahun baru islam ini yang tentunya positif.

Nah di bawah ini mungkin adalah termasuk kegiatan 1 Muharram yang mungkin kamu bisa lakukan dan tiru di kampung kamu untuk menginpirasi semua orang ketika merayakan 1 Muharram. Yuk langsung aja cek di bawah ini kumpulan kegiatan 1 Muharram yang ada di indonesia.

Kumpulan Kegiatan Tahun Baru Islam


1. Ngadulag


ngadulag

Beberapa daerah pada saat perayaan 1 Muharram tahun baru islam biasanya mengadan tradisi kegiatan Ngadulag. Ngadulag ini adalah salah satu acara yang suka ada di daerah sukabimi.

setiap kampung pasti merayakan tradisi Ngadulag ini karena pemerintah sendiri yang menyelengarakannya. DI tahun baru islam ini di sebagian daerah juga ada perlombaan menarik seperti menarik bedug yang pastinya bakal seru dan rame.

2. Mabit di Masjid


 Mabit di Masjid

Perayaan tahun baru Islam 1 Muharram ini wajin di contoh. karena kegiatan ini sangat positif. Di mesjid-mesjid di daerah tertentu sering ada mengadakan mabit yang biasanya dimulai pada Malam Tahun Baru Islam.

Kegiatan ini bagus sekali diikuti oleh semua kalangan terutama bapak-bapak dan anak muda. Dengan adanya acara kegiatan ini kita akan mendengarkan ceramah dari ustad yang tentunya akan membuat kita lebih menikmati jika datang ke mesjid bareng teman teman.

3. Pawai Obor


pawai Obor

Acara kegiatan pada saat Tahun Baru Islam 1 Muharram biasanya di setiap daerah pasti mengadakan acara ini. Kegiatan ini termasuk kegiatan yang umum di setiap daerah pasti ada pawai obor terutama di daerah jawa barat.

Dengan mengenakan pakaian muslim baju koko putih dan berkopiah masyarakat berpawai obor mengelilingi kampung atau pergi ke desa mereka untuk merayakan pawai obor ini. Tentu sangat seru jika kita memegang obor bersama teman teman.

4. Kirab Muharram


Kirab Muharram

Tradisi menyambut tahun baru islam di daerah jawa ini adalah salahsatu yang paling unik yaitu Kirab Muharram. ini adalah ritual yang biasanya dilakukan oleh Keraton Surakarta yang biasanya menghadirkan kerbau yang berkulit bule atau putih.

Konon katanya kerbau bule adalah salahsatu hewan kesayangan dari susuhunan yang di anggap keramat oleh masyarakat disana.

5. Nganggung


Nganggung

Kegiatan Perayaan 1 Muharramdi daerah bangka memiliki keunikan dan keseruan tersendiri. Didalam acara ini setiap orang akan datang ke mesjid dan membawa dulung yang harus di isi dengan makanan dan nantinya akan dinikmati oleh semua orang secara bersama-sama.

tentu ini akan menambah nilai positif bagi kita semua. Disamping menambah silaturahmi dan bercakap rama sama teman sekampung acara kegiatan ini juga bagus dan uniq menurut mimin.

Sekian tentang pembahasan  5 Kegiatan Tahun Baru Islam Mang Masih Dijalankan Hingga Saat Ini Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu tentunya. Terima kasih sudah berkunjung jangan lupa share ya info ini biar tahu teman teman kamu.

Related Posts