Cara Membuat Google Forms Lengkap Dengan Tutorial Gambar

Shobatasmo.com - Sebelum saya masuk ke pembahasan admin akan menjelaskan apa itu Google Forms. Google Forms adalah ini sangat berguna sekali di internet. Dengan adanya Google Forms kamu bisa mengelola pendaftaran secara online dengan cara polling quick count untuk mengisi pendapat dengan cepat dan masih banyak lagi.

Dengan adanya aplikasi Google Forms, Kamu bisa membuat surveri secara online dan kamu harus mengisi survei itu dengan benar tidak lupa juga untuk membuat Google Forms harus mengunakan internet.

Cara Membuat Google Forms
Tutorial Cara Membuat Google Forms

Untuk mengakses Google Forms tidak perlu mengunakan perangkat khusus. Kamu cukup mendapatkan hasil instan saat mereka mengisi masuk. Jika survei sudah masuk kamu akan mendapatkan diagram grafik nantinya..

Google Forms sangat dibutuhkan untuk mengumpulkan informasi yang kita ingin buat secara lebih mudah. Dengan Google Forms, kamu butuh beberapa menit saja untuk membuatnya dan itu secara gratis.

Google Forms bersama Documents, Spreadsheet adalah bagian dari alat untuk aplikasi online ini, Tujuannya agar membantu kamu untuk mendapatkan banyak hal di saat kamu mengakses browser secara gratis tentunya.

Untuk mengumpulkan data untuk Spreadshee, Google Forms cocok sekali untuk anda. Dalam hal ini kita lihat secara dalam fitur dari Google Forms, Alat tersembunyi, di sana ada add on untuk bisa membantu kamu membuat Form yang kamu ingin buat dalam hitungan singkat saja sudah bisa di buat.

Lantas Bagaimana Untuk Cara membuat Google Forms

Google telah menambahkan lebih banyak fitur kedalam Google Forms dari waktu ke waktu, Sekarang kamu dapat membuat dan mengelola Formurir Google Forms dengan menggunakan template dan kamu dapat menggunakan template agar bisa di akses dengan cepat.

Google Forms ini untuk saat ini merupakan formurir yang banyak digunakan dan tentunya gratis yang bisa di buat oleh semua orang dan harus mengguanak akun Google anda.

Anda dapat menambahkan banyak pertanyaan di dalam Google Forms, Fitur Drag dan Drop untuk mengatur urutan yang kamu suka, kamu juga bisa menyesuaikan warna yang kamu mau di sana, dan mengumpulkan tangapan yang nantinya akan menyimpan ke GoogleSheets Spreadsheet.

Cara Membuat Google Forms

Lalu bagaimana untuk membuat Google Forms? Bebrapa langkah di bawah ini bisa kamu lakukan untuk membuat Google Forms yuk simak baik baik.
  • Buka forms.google.com, Klik sesuai yang anda inginkan apa ining mengunakan template atau membuat desain sendiri.
  • Namai formulir survey kamu Untitled formmenjadi nama sesuai kamu.
  • Tambahkan deskripsi di bawah nama form, tambahkan text sesuai keinginan anda.
  • Untuk mengubah latar belakang kamu klik Plate pilih warna yang kamu mau.

Forms Editor ini sangat mudah untuk dibuat. Formulir kan memenuhi bagian layar tengan nantinya, dengan ruang dan judul deksripsi kolom formurir. Klik bagian pada formulir untuk mengedit dan menambahkan suatu pertanyaan.

Lalu Untuk Cara Membuat Google Forms Bagaimana?

 Tampilan Google Forms

Untuk membuat Google Forms kamu bisa mengikuti langkah dibawah ini :
  • Klik Untitled question Lalu nanti kamu masukan beberapa jenis pertanyaan yang akan dibuat.
  • Untuk mengubah jenis pertanyaan klik  tanda panah dibawah.
  • Tambahkan opsi respons 
  • Untuk mebuat apakah orang harus menjawab pertanyaan kamu harus klik Required.

Untuk menambahkan lebih banyak pertanyaan silahkan lihat gambar dibawah ini
  • Untuk membuat pertanyan baru kamu, klik ‘Add Question’.
  • Perubahan akan di simpan secara otomatis tentunya. untuk melihat apa sudah ada perubahan klik priview atau pertinjauan.
Membuat pertanyaan baru Google Forms

Google Forms mempunyai fitur di bidang teks, foto dan video. Cukup klik ikon pada sidebar di bagian kanan untuk menambahkan pertanyaan yang baru, untuk ikon teks, foto dan video kamu menambahkannya lewat media ke formulir kamu.


Tips Untuk menghapus elemen formulir atau menambahkannya karena kamu cupkup banyak> cukuk tekat ctrl+z akan membuat kamu membatalkan semua apa yang sudah dilakukan di dokument itu simpel bukan tidak ribet.

Lalu Bagaimana Caranya Membuat Google Forms

Mengirim Google Forms

Bila kamu sudah mendesain formulir dan ingin mengirimkannya lewat email, Menyalin dan menempelkan tautan bisa kamu tambahkan dalam pesat chat atau email, mengshare di blog atau berbagi link tautan di media sosial untuk mengisi formulir ini.

Cara Mengirim Forms Anda:

  • Dikanan atas, ada tombol klik Kirim.
  • Untuk mengumpulkan formulir lewat emai secara tertutup atau organisasi kamu, Periksa secara omotatis kumpulan alamat email di organisasi kamu nanti kamu periksa email dan kumpulkan alamat email
  • Masuk ke email di kolom kepada. Sesuaikan konten subjek dan pesan.
  • kali klik link "insert link" kamu akan mendapatkan URL singkat untuk di tempelkan di tautan percakapan atau email.
  • Untuk situs web kamu mengunakan kode HTML buat nantinya dipasang di blog.
  • Untuk mengirimkan Fomrs anda di publis kamu tinggal klik saja salahsatu ikon media sosial di sana.
Itulah cara mudah tentang membuat Google Forms. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Related Posts