Cara Resize Ukuran File PDF di Android ( Terbaru 2020 )

Shobatasmo.com - Untuk memperbesar atau Resize ukuran pdf mungkin untuk kamu yang awam pasti kebingungan bukan? Padahan cara ini sebenearnnya sangat mudah, emang biasanya pdf itu rata-rata ukurannya dikecilkan bukan diperbesar. Nah kali ini di artikel ini kita akan bahas tentang Menaikan Resolusinya bukan sizenya.

Memperbesar resolusi pdf memang perlu melakukan hal-hal terlebih dahulu untuk mengeditnya supaya file pdf bisa jadi lebih bagus, dan yang pasti akan lebih jelas nanti tampilannya. Teruntuk ukuran pdf yang dari awal sudah rendah resolusinya. Kalo foto atau gambar biasanya saya sendiri mengganti resolusinya memakai bantuan aplikasi seperti photoshop dan aplikasi editing lainnya.

Cara Resize Ukuran File PDF di Android
Cara Resize Ukuran File PDF di Android 

Lalu bagaimana dengan pdf? nah untuk itu admin punya beberapa cara untuk meresize (mengganti ukuran) untuk format pdf untuk di perbesar. Di artikel kali ini admin akan membahas hal ini, untuk kamu yang sedang membutuhkan tutorial ini silahkan simak baik-baik dibawah ini:

Cara Memperbesar Ukuran File PDF di Android

1. Memakai Aplikasi Adobe Photoshop

Nah cara yang pertama kamu bisa memakai aplikasi Adobe Photoshop.
Karena aplikasi ini biasanya dipakai untuk mengedit foto atau gambar seperti yang kamu ketahui, padahal aplikasi ini sebenarnnya bisa juga untuk memperbesar ukuran pdf loh. Dan untuk langkah-langkahnya silahkan simak dibawah ini:

1. Nah langkah pertama adalah kamu buka aplikasi photoshop di komputer atau laptop kamu lalu klik File>Open> lalu cari file pdf yang akan kamu ubah resolusinya.

Cara Resize Ukuran File PDF di Android

2. Jika sudah dibuka file pdfnya, kamu silahkan cari opsi setting dan nanti atur seluruh setting tersebut untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah

Cara Resize Ukuran File PDF di Android


  • Pada kolom kamu silahkan pilih Page
  • Centang Anti-Aliased (Fungsinya untuk menghaluskan garis)
  • Centang Constrain Proportions (Untuk menyesuaikan proporsi)
  • Silakan atur Width dan Height sesuai kebutuhan Anda.
  • Sisanya bisa dibiarkan default (Atau sesuaikan)

3. Jika sudah silahkan save file anda Klik File>Save As>Cari photoshop pdf lalu save untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah

Cara Resize Ukuran File PDF di Android

4. Nah terakhir silahkan kamu klik save pdf untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini

Cara Resize Ukuran File PDF di Android

Catatan, cara ini digunakan untuk PDF dengan 1 halaman saja. Jika lebih dari 1 maka Kamu harus mengulanginya dan mengatur kembali.

2. Menggunakan Situs PDFResizer.com

Dari situs online ini kamu bisa melakukan bebera hal mulai dari Merge PDF, Split PDF, Resize PDF, Convert PDF, Crop PDF, Rotate PDF, Optimize PDF, Reorder PDF, Delete pages, JPG to PDF Nah untuk cara pakainya kamu bisa simak penjelasanya dibawah ini.

Caranya :
1. Pertama kamu buka situs https://pdfresizer.com/resize
2. Setelah itu kamu nanti klik Pilih FIle atau Browse lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini

Cara Resize Ukuran File PDF di Android
3. Lalu Kamu Pilih file pdf yang ingin di edit maximal ukurannya 100MB jika sudah nanti kamu klik Upload Files untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.

Cara Resize Ukuran File PDF di Android

4. Nanti pada bagian Resize pdf to resolution kamu pilih hight+ 300 dpi. dibagian set paper size nanti kamu sesuaikan saja dengan kebutuah kamu. Setelah itu nanti kamu klik tombol Look Good, do the magic

Cara Resize Ukuran File PDF di Android

Tunggu prosesnya sampai selesai dan nanti akan disimpan di tempat yang kamu inginkan.

Nah itu tadi dia pembahasannya, semoga berhasul memperbesar pdf supaya lebih jelas dan bagus. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini ya ke media sosial kalian Terima kasih selamat mencoba tutoria dari kami dan semoga bermanfaat.

Related Posts