Penting!!
Jaga Kesehatan Dari Virus Corona Stay at Home #DiRUmahAja

Muntah Apakah Membatalkan Puasa? Bagaimana Jika Muntah Tidak Disengaja?

Shobatasmo.com - Seperti yang kita ketahui saat ini yang membatalkan puasa adalah diantaranya seperti makan/minum, hubungan badan, muntah disengaja dan haid.

Puasa seperti yang kita ketahui adalah menahan lapar atau menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa mulai dari terbit matahari sampai terbenam matahari yaotu waktu magrib. Ramadhan ini menurut agama islam memang wajib hukumnya.

muntah apakah membatalkan puasa

Puasa termasuk dari rukun islam. Dan hadis muslim dan disebutkan Abdullah, Nabi Muhammad saw. bersabda, "Islam dibangun di atas lima dasar, yakni bersaksi bahwa tidak ada tuhan melainkan Allah, mendirikan salat, menunaikan zakat, mengerjakan haji, dan berpuasa pada bulan Ramadan.”

Muntah Apakah Membatalkan Puasa? Bagaimana Jika Muntah Tidak Disengaja?

Nah di bawah ini perlu kalian ketahui beberapa yang bisa membatalkan puasa adalah sebagai berikut maka simak penjelasan dibawah ini.

Muntah Disengaja

Muntah dengan disengaja adalah termasuk salah satu dari batalnya puasa. Tapi jika muntah tidak di sengaja maka puasanya tidak batal. Diriwayatkan, Nabi Muhammad bersabda, "Ssiapa yang tidak sengaja muntah, maka ia tidak diwajibkan untuk mengganti puasanya, dan siapa yang sengaja muntah maka ia wajib mengganti puasanya”. (H.R al-Tirmidzi 653 dan Ibn Majah 1666).

Hubungan Badan Waktu Puasa

Sepasang suami istri jika melakukan hubungan badan di sengaja di waktu puasa maka puasa itu akan batal. nah jika sudah melakukan itu maka anda harus mengganti puasa tersebut di liar bulan Ramadan untuk menebus itu.

Baca Juga : Apakah Mimpi Basah Yang Terjadi di Pagi Hari Saat Puasa?

Keluar Air Mani Secara Sengaja

Jika kamu mengeluarkan air mani tanpa karena sentuhan tertentu maka itu akan membatalkan puasa. Keluarnya mani ini sering didilakukan sengaja atau dilakukan dengan pasangan. Tapi untuk kasus mimpi basah yang dilakukan tidak di sengaja maka puasa itu tidak akan batal.

Makan dan Minum

Seperti yang kita ketahui makan dan minum ini dapat membatalkan puasa, dan segala sesuatu yang masuk melalui mulut dilakukan dengan sengaja termasuk makan dan minum maka itu akan membatalkan puasa.

Lalu bagaimana jika kita lupa makan dan minum padahal ini adalah sedang berpuasa? Nah jawabannya tidak akan membatalkan puasa. Diriwayatkan nabi muhammad bersabda Siapa yang lupa keadaannya sedang berpuasa, kemudian ia makan dan minum, maka hendaklah ia menyempurnakan puasanya, karena sesungguhnya Allah-lah yang memberikan makanan dan minuman itu”. (H.R. al-Bukhari 1797 dan Muslim 1952)

Haid

Bagi perempuan Haid ini termasuk juga dapat memabtalkan puasa. Perempuan yang mengalami ini di bulan puasa maka kamu harus mengganti puasanya di bulan setelah ramadan. Hal yang sama harus dilakukan juga oleh ibu yang melakukan proses melahirkan.

Nah itu saja pembahasan dari artikel Muntah Apakah Membatalkan Puasa? Bagaimana Jika Muntah Tidak Disengaja?. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi informasi ilmu bermanfaat bagi kamu jangan lupa cek artikel menarik lainyna disini.

Subscribe Our Newsletter

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel