Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Urutan Kabel Straight Cross Jaringan Yang Benar

Shobatasmo.com - Susunan warna Kabel straight dan kabel cross itu jelas berbeda, untuk urutan kabel warna standar kabel straight biasanya setiap ujung kedua kabel ini biasanya sama dan sedangkan untuk cross di setiap ujung kedua kabel ini beda. Untuk alat alat yang digunakan untuk membuat kabel straight dan crossover adalah Tester kabel LAN dan Tang Crimping.


Urutan Kabel Straight Cross Jaringan Yang Benar.jpg


Kabel UTP atau biasa di sebut UNSHIELDED TWISTED PAIR yang biasanya di gunakan jaringan komputer. Kabel UTP ini biasanya mempunyai 5 warna yang berbeda dan dapat mendukung transfer data sampai 100 MBPS. Warna dalam kabel UTP ada beberapa diantaranya adalah.

  • putih orange
  • orange
  • putih biru
  • biru
  • putih hijau
  • hijau
  • putih coklat
  • coklat


Susunan warna Kabel Cross

Kabel Cross biasanya digunakan untuk menghubungkan device contohnya seperti Menghubungkan komputer ke komputer lain, switch ke switch dan hub ke hub

Urutan warna yang ada di kabel Cross ini berbeda dengan straight cross bedanya adalah keuda ujung dari kabel itu warna antara ujung 1 dengan ujung 2.

Urutan warna dari kabel Cross

Ujung pertama dari pada kabel cross ini memiliki warna yang sama dengan urutan kabel straight dan berikut ini adalah urutan warna kabel Straight

Warna kabel Straight pada ujung A

  1. Putih orange
  2. Orange
  3. Putih hijau 
  4. Biru
  5. Putih biru
  6. Hijau
  7. Putih coklat
  8. Coklat

Warna kabel Straight pada ujung A


Dan pada ujung B pada warna kabel cross yaitu:

  1. Putih hijau 
  2. Hijau
  3. Putih orange
  4. Biru
  5. Putih Biru
  6. Orange
  7. Putih coklat
  8. Coklat

ujung B pada warna kabel cross

Susunan warna kabel straight

Kabel straight ini biasanya digunakan menghubungkan device ke perangkat yang berbeda dan saya beri contoh seperti : Menghubungkan komputer ke Hub, Dan sebaliknya dari Hub ke Komputer atau Komputer ke Switch dan sebaliknya.

Dan Urutan warna dari kabel straight biasanya sama di setiap kedua ujung kabel memiliki warna yang sama misalkan dari ujung a atau ujung b. Dan di bawah ini adalah urutan warna kabel straight.

Urutan warna kabel straight

  1. Putih orange
  2. Orange
  3. Putih hijau 
  4. Biru
  5. Putih biru
  6. Hijau
  7. Putih coklat
  8. coklat

warna kabel straight

Sekian untuk artikel kali ini tentang urutan kabel straight dan crossover . Semoga bermanfaat bagi kamu yang membacanya. Share artikel ini ke media sosial kalian atau ke teman teman kalian yang membutuhkan ya Terima kasih.