Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Solusi Unggah KTP Gagal di Prakerja, Lakukan Cara Ini

Shobatasmo.com - Solusi Unggah KTP di prakerja ini jika kamu gagal pada saat pendaftaran program Kartu Prakerja maka jika gagal kemungkinan kamu akan tidak diterima di Program ini, salah satu faktor tidak di terima adalah foto KTP yang tidak jelas.

Pendaftaran kartu prakerja ini kamu bisa melakukan secara gratis di www.prakerja.go.id. Namun ketika daftar ada banyak kendala salah satunya adalah gagal mengunggah KTP pada saat pendaftaran jadi perserta kartu Prakerja.

Solusi Unggah KTP Gagal di Prakerja

Beberapa orang mengalami masalah pada saat mengupload foto KTP di situs prakerja ini. Terkait ini ada beberapa ketentuan dasar di kartu prakerja ini salahsatunya adalah foto KTP harus jelas dan tidak boleh burem agar berhasil daftar di kartu prakerja.

Kegagalan upload foto ke akun prakerja kamu bisa disebabkan oleh foto KTP tidak asli alias Foto Copy dan ini sudah tidak termasuk dalam ketentuan pendaftaran peserta Karatu Prakerja.

Maka dari itu tim pelaksana prakerja menghimbau kepada seluruh masyarakat yang ikut di program ini pastikan menggungah foto KTP yang asli dan tidak blur dan jelas agar berhasil nanti pada saat mendaftarnya.

Foto KTP tidak jelas dan buram akan berpengaruh nanti pada saat verifikasi data nanti sama tim kerkaitnya, Selain itu pastikan foto KTP kamu yang di unggah harus real dan tidak foto copy agar lolos verifikasi.

Foto KTP Berukuran Maksimal 2MB

Pastikan ketika kamu mengupload foto KTP kamu ukurannya tidak lebih dari 2MB, kalo lebih nanti akan tidak bisa di upload karena sudah melebihi ukuran ketentuan yang sudah di tentukan oleh sistem jika lebih dari 2 MB otomatis akan tertolak.

Jika kamu sudah memiliki foto dan itu melebih ukuran 2MB maka kamu bisa menggunakan aplikasi pengecil ukuran file dari suatu gambar kamu bisa menggunakan PICSAY untuk mengecilkan ukuran foto KTP yang kamu punya menjadi kecil.

Tapi jika sudah menggunakan aplikasi PICSAY jangan lupa cek lagi foto kamu apakah menjadi bagus atau blur. Jika blur silahkan cek lagi atau ambil ulang lagi foto KTP kamu. Upload Foto format JPEG dan PNG jangan pernah menggunakan format lain.


Periksa Koneksi Internet

Jika kamu sudah melakukan format KTP dengan benar seperti sudah menyiapkan foto dengan bagus dan sizenya tidak melebihi 2MB dan masih tidak bisa upload maka sudah di pastikan Koneksi kamu tidak ada stabil atau lagi lag.

Lebih baik kamu pas upload foto KTP untuk daftar prakerja kamu mending harus menggunakan Komputer atau Laptop. Jika tidak punya pastikan kamu tersambung ke wifi atau hotspot teman yang koneksinya bagus.


Hubungi Tim Pihak Prakerja

Jika kamu masih kesulitan dalam hal ini, kamu bisa meminta bantuan ke tim terkait dari prakerja. Kamu bisa menghubungi lewat email di info@prakerja.go.id. 

Nah sekian tutorial kali ini semoga bermanfaat jangan lupa share ke media sosial agar orang lain tahu informasi tentang ini dan jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya disini