Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Berselancar di Internet dengan Aman? Ini Tipsnya

Apakah kamu sering buka web yang diblokir tanpa aplikasi? Kebiasaan ini sebaiknya mulai dihindari karena beberapa web yang diblokir biasanya mengandung malware. Alasan mengapa web tersebut diblokir karena bisa membahayakan penggunanya.

buka web yang diblokir tanpa aplikasi?

Perkembangan teknologi internet sayangnya kurang diimbangi dengan edukasi para penggunanya. Banyak masyarakat yang kurang tahu dan bijak untuk menggunakan internet demi mendapatkan informasi.

Tips Menggunakan Internet agar Lebih Aman

Jumlah pengguna internet tak terhitung jumlahnya di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri jumlahnya mencapai 171 juta orang yang tersebar di penjuru daerah. Namun tidak semuanya bisa menggunakan internet dengan baik dan aman.

Ketidaktahuan mengenai penggunaan internet yang aman menjadi celah bagi cybercrime untuk terus berkembang. Perangkat yang digunakan bisa rusak terkena virus bahkan bisa juga terkena tipu.

Data penting di dalam ponsel atau laptop mungkin saja terkena hack sehingga tersebar. Bagaimana jika data tersebut berhubungan dengan rekening bank? Tentu akan sangat berbahaya.

Oleh karena itu beberapa tips berselancar di internet yang aman berikut ini perlu kamu ikuti dengan baik.

1. Jangan lupa untuk log out

Apapun akun yang kamu masuki baik itu internet banking atau akun web yang di sana terdapat data pribadi penting, biasakan untuk log out. Apalagi jika kamu menggunakan internet umum seperti wifi di kampus atau restoran.

Para hacker bisa menyerang perangkat ketika kamu tersambung ke wifi dan tidak log out. Akun kamu masih aktif dan membuat kesempatan orang lain yang berniat buruk untuk menyerang.

2. Jangan sembarangan menginstal

Seringkali ada aplikasi gratis baik itu game atau aplikasi di ponsel bahkan film sekalipun. Jangan sembarangan untuk mengunduh dan menginstal aplikasi yang tidak jelas asal usulnya.

Biasanya aplikasi telah disusupi dengan malware yang akan merusak perangkat komputer milikmu. Supaya aman selalu pastikan untuk melakukan scanning pada aplikasi tersebut. Selain itu cek darimanakah aplikasi tersebut berasal.

3. Selalu buat password yang sulit ditebak

Jangan lupa untuk menciptakan kombinasi password yang sulit untuk ditebak. Perlu juga untuk mengganti password secara berkala supaya tidak mudah untuk dibuka. Buat gabungan angka dan huruf besar kecil.

Hindari untuk membuat password dari tanggal lahir atau tanggal yang umum digunakan. Biasanya website akan menganjurkan kamu atau memberikan peringatan untuk mengubah password setiap satu bulan sekali.

4. Manfaatkan fitur verifikasi dua langkah

Saat ini beberapa layanan media sosial atau website tertentu memberikan fitur tambahan verifikasi dua langkah. Jadi untuk masuk ke akun tersebut kamu tak hanya mengisi username dan password tetapi juga pin yang dikirimkan ke ponsel.

Jadi pada saat mendaftar kamu perlu mengisi nomor hp atau email. Maka saat login kamu harus mengisikan kode verifikasi berupa pin yang dikirimkan ke email atau ponsel. Dengan begitu kamu bisa memantau apakah ada orang lain yang login ke akunmu.

5. Hati-hati memilih situs

Saat ini banyak sekali situs yang memiliki iklan dan sudah disisipi dengan malware. Anda perlu berhati-hati dengan situs ini, biasanya banyak terjadi pada situs nonton film gratis. Selain itu banyak juga konten perjudian atau porno yang menjadi iklannya.

Ketika memilih situs mana yang ingin dibuka sebaiknya pikirkan terlebih dahulu. Jika sekiranya nama dari situs tersebut mencurigakan sebaiknya hindari. Kamu sebaiknya mencari situs lain yang lebih aman.

6. Selektif dalam klik

Hanya dengan sekali klik saja, hacker bisa langsung menyerang komputer atau smartphone yang kamu gunakan untuk browsing. Supaya aman kamu harus tahu apakah tautan dalam situs tersebut aman atau tidak.

Banyak sekali tautan yang sengaja dipasang untuk bisa mengakses perangkat yang kamu miliki. Biasanya tautan paling sering dikirim melalui email dan masuk ke spam. Sebaiknya jangan klik tautan mencurigakan dan tidak jelas berasal dari mana.

Berselancar di internet dengan aman bukan hanya menjaga perangkat komputer atau hp kamu tetapi juga menjaga pikiran. Cukup mengganggu jika kamu harus membaca atau menonton konten-konten yang tidak layak untuk diakses.