Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Cara Membuat Antena TV Sederhana Tanpa Booster Terbukti Ampuh

Shobatasmo.com - 5+ Cara Membuat Antena TV Sederhana Tanpa Booster Terbukti Ampuh. Anda tidak harus membeli antena jadi agar bisa membuat siaran TV menjadi jernih dan bagus untuk disaksikan. Pasalnya Anda pun dapat memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar dan mengikuti cara membuat antena TV sederhana di bawah ini. Dengan demikian di rumah sudah terdapat antena televisi sederhana, murah meriah dan sangat bagus untuk siaran TV tanpa menggunakan booster sekalipun. Untuk itu penting akan saya jelaskan mengenai cara membuat antena tv tanpa booster dengan peralatan sederhana.

5-cara-membuat-antena-tv-sederhana-tanpa-booster-terbukti-ampuh

Memang sebagus dan semahal apapun merk televisi yang Anda beli, tetap saja seluruh gambar yang muncul pada layar TV tak akan bagus tanpa keberadaan sinyal yang bertugas untuk menangkap siaran-siaran pada televisi tersebut. Oleh karena itu ada sejumlah cara yang biasa dilakukan mulai dari pemasangan TV kabel hingga menggunakan parabola ataupun decoder. Tak jarang orang mengandalkan antena untuk menghadirkan siaran televisi berkualitas unggulan. 


Cara Membuat Antena Tv Tanpa Booster Dengan Mudah

Biasanya peralatan penunjang agar televisi bisa jernih seperti parabola atau decoder harganya cukup mahal. Apalagi Anda pun akan dibebankan dengan biaya pemasangan. Selain itu para pengguna TV kabel biasanya harus membayar tagihan untuk penggunaan bulanan. Inilah yang menjadi alasan pemakaian antena sebagai alat untuk membantu penjernih gambar televisi lebih umum dipakai pada banyak rumah.


Namun tentu saja pemakaian antena sebagai alat untuk membantu penjernih gambar TV harganya tidak murah. Setidaknya Anda harus mengeluarkan kocek hingga ratusan ribu rupiah untuk membeli antena TV yang baru. Apabila Anda mempunyai keterbatasan terhadap biaya, maka penting untuk mengetahui seperti apa cara membuat antena televisi dan mudah. Apalagi jika antena tersebut sangat bagus tanpa booster. Berikut akan saya jelaskan mengenai cara membuat antena tv sederhana tanpa booster terbukti berhasil. Lantas bagaimana cara untuk membuat antena TV sederhana tanpa booster tersebut? Untuk Anda yang membutuhkan antena TV bisa simak informasi selengkapnya di bawah ini :


1. Mempersiapkan Peralatan Membuat Antena

Sebelum membuat alat antena TV sederhana, ada sejumlah peralatan serta perlengkapan yang harus Anda miliki untuk membuatnya. Tak perlu khawatir Anda tidak harus membeli peralatan baru sepenuhnya. Pasalnya pemakaian barang bekas pun masih begitu layak agar bisa membuat antena sederhana dengan cara yang mudah. Adapun sejumlah perlengkapan antena TV indoor sederhana dan dibutuhkan antara lain:

- Kabel coaxial 75 ohm dan konektornya.

- Plat seng berjenis nisplang berukuran 1 meter yang dapat Anda temukan di toko material.

- Baut dan paku secukupnya.

- Peralatan obeng dan tang yang bisa menggunakan peralatan dari rumah.

- Apabila semua perlengkapan dan peralatan yang diperlukan telah tersedia, maka tahap berikutnya yaitu membuat antena TV yang sederhana.


2. Memotong Aluminium atau Plat Seng

Cara kedua yaitu mempersiapkan aluminium atau plat seng. Kemudian potong dalam bentuk trapesium yang sesuai dengan bentuk ukuran menengah. Tak hanya plat berbentuk trapesium, pastikan pula untuk membuat plat dengan bentuk persegi sebagai bagian pelapis. Biasanya plat seng atau aluminium yang dibutuhkan berukuran antara 13cm hingga 20 cm. 

Supaya hasilnya tampak rapi dan maksimal, Anda bisa memotong plat tersebut se presisi mungkin. Dengan demikian plat bisa mudah dibentuk dengan baik. Selain itu hasilnya akan terlihat rapi ketika dipasang sebagai antenna.


3. Menghubungkan Aluminium dengan Kabel

Langkah ketiga, bagian inti dari aluminium ataupun seng yakni penampang ini akan membentuk suatu elemen pole di antenna. Elemen tersebut harus dihubungkan dengan rangkaian kabel coaxial 75 ohm di slot bagian antena TV. Di mana kabel itu terpasang di dalam rangkaian paralel.

Perlu Anda perhatikan jika pemasangan kabel coaxial harus benar-benar menempel pada antena plat tersebut. Pasalnya apabila tidak terhubung dengan baik maka akan membuat tangkapan sinyal yang didapat menjadi sedikit sehingga kualitas gambar televisi akan berkurang. Kendati demikian Anda bisa menggunakan antenna ini untuk jenis TV LED ataupun TV tabung.

Agar bisa bersatu, Anda bisa menyatukan semua bahan tadi menggunakan baut yang sudah tersedia. Tujuan dari penggunaan baut tentu saja agar kabel dan penampang plat menjadi kokoh dan tahan lama sekalipun tertimpa angin yang cukup kencang. Selain itu ini adalah cara lain supaya TV menjadi jernih dengan antena buatan sendiri tersebut.


4. Antena Televisi Selesai Dirangkai

Sesudah rangkaian kabel terpasang dengan baik, maka kini Anda sudah dapat memiliki antena televisi yang sederhana. Pada bagian antena yang telah terhubung dengan penampang dan kabel, ada pelapis antena yang dibuat. Bagian pelapis antenna tersebut berguna sebagai pengarah supaya antena TV tersebut ditembakkan ke sinyal TV ataupun channel TV yang berdasarkan satuan UHF atau Ultra High Frequency.

Memang untuk membuat sisi pelapis yang bagus untuk sisi tersebut Anda bisa memakai bahan seng. Namun selain memakai bahan seng, Anda pun bisa juga memanfaatkan papan triplek yang kemudian dilapisi dengan kertas aluminium sebagai penggantinya.


5. Menambahkan Booster

Cara kelima adalah memasang booster. Tujuan dari pemasangan booster tersebut adalah untuk gambar yang dihasilkan bisa semakin membaik. Namun perlu Anda ketahui jika sebenarnya tanpa menggunakan booster sekalipun gambar yang dihasilkan sudah jernih. Akan tetapi gambar akan semakin bagus, dan jernih jika menambahkannya dengan booster. Penambahan booster juga cocok untuk daerah yang susah sinyal.


Akhir Kata

Itulah bagaimana cara membuat antena tv sederhana tanpa booster dengan mudah dan pasti berhasil yang bisa Anda lakukan di rumah. Dengan cara-cara tersebut, kualitas gambar yang muncul dari TV di rumah bisa sangat bagus tanpa harus mengeluarkan uang banyak untuk membeli antena.