Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Cara Mendapatkan Siaran TV Digital Dengan Antena Biasa 100% Berhasil

Shobatasmo.com - 5+ Cara Mendapatkan Siaran TV Digital Dengan Antena Biasa 100% Berhasil. Ternyata cara untuk mendapat siaran TV digital menggunakan antena biasa bisa dengan mudah Anda lakukan dengan sejumlah langkah tersendiri. Di mana dengan cara satu ini para pengguna jenis TV analog sekalipun bisa merasakan keseruan menonton TV digital meskipun hanya mempunyai antena biasa di rumahnya. Hal ini karena pemerintah menghimbau masyarakat agar menyaksikan siaran TV digital.

5-cara-mendapatkan-siaran-tv-digital-dengan-antena-biasa-100-berhasil

Oleh sebab itulah rasa khawatir muncul karena sebagian besar masyarakat harus membeli TV baru yang sudah memfasilitasi adanya siaran digital. Namun Anda tak perlu khawatir, sebab kini sudah bisa mendapat siaran TV digital menggunakan TV lama ataupun tabung melalui sejumlah cara. Berikut cara mendapatkan siaran TV digital dengan antena Biasa untuk bisa menghemat biaya daripada membeli TV baru. Bahkan sejenis siaran TV digital ini bisa didapatkan menggunakan antena biasa. Ini menjadi kabar baik terutama masyarakat yang hanya mempunyai TV analog. 


Cara Mendapatkan Siaran Tv Digital Tanpa Stb Dengan Antena Biasa

Untuk cara mendapatkan siaran tv digital tanpa stb dengan antena biasa, dapat diterapkan oleh siapa saja yang mempunyai TV analog di rumah. Dengan demikian masyarakat tetap bisa menonton televisi tanpa harus membeli TV digital yang baru lantaran harganya cukup mahal. Lantas bagaimana cara agar bisa mendapatkan siaran TV digital menggunakan antena biasa dengan mudah? Di bawah ini ada tata cara cara mendapatkan banyak channel tv digital dengan antena biasa untuk Anda pahami :


1. Memastikan Siaran TV Digital Sudah Ada

Cara agar mendapat siaran TV digital menggunakan antena biasa yang harus Anda terapkan pertama kali adalah memeriksa bahwa jenis siaran digital TV sudah tersedia. Langkah untuk mengatasinya adalah dengan memeriksa wilayah atau lokasi yang ditempat. Selain itu Anda juga bisa mengakses halaman situs siaran digital di halaman resmi https://siarandigital.kominfo.go.id/informasi/lembaga-penyiaran.

Selain itu Anda juga dapat mengunduh aplikasi bernama Sinyal TV Digital melalui Google Play Store. Jika Anda sudah mengunduh aplikasi tersebut kemudian akan ada keterangan untuk permintaan izin. Adapun aplikasi ini juga akan menampilkan lokasi peta yang sesuai berdasarkan tempat tinggal penggunanya atau Anda sendiri. Setelah itu cek pada peta dan cocokan dengan lokasi yang ditinggali agar bisa mendapat siaran TV digital.


2. Mempunyai antena UHF

Menonton jenis siaran TV digital dapat memakai antena UHF yang biasanya digunakan untuk melihat siaran TV analog. Karena itulah Anda jangan sampai terburu-buru membuang semua antena jenis UHF lantaran masih bisa dimanfaatkan saat hendak beralih ke jenis siaran TV digital. Sebagai informasi tambahan, antena UHF tersebut juga dapat digunakan di dalam ruangan ataupun di luar ruangan.


3. Memiliki Set Top Box DVB-12

Berikutnya dalam cara mendapat siaran TV jenis digital menggunakan antena biasa adalah dengan mempunyai perangkat set top box DVB-12. Jika sampai saat ini Anda belum memilikinya maka bisa mendapat set top box secara gratis dari Kominfo yang menyesuaikan berdasarkan syarat yang dibutuhkan.

Namun sebagai informasi, tak semua masyarakat bisa mendapat alat tersebut secara gratis. Pasalnya ada sejumlah persyaratan yang harus terpenuhi antara lain:

- Memiliki TV analog

- Mempunyai rumah atau hunian di kawasan yang terdampak terhadap penghentian saran televisi analog.

- Melampirkan KTP

- Warga miskin yang tercatat dalam DTS pihak Kementerian Sosial atau perangkat daerah di bidang sosial.

Apabila seandainya Anda tidak memenuhi persyaratan di atas maka bisa membeli set top box di toko perangkat elektronik terdekat. Dengan demikian Anda pun bisa memiliki set top box demi menunjang siaran TV digital tanpa harus membelinya yang baru. Selain itu Anda juga bisa membeli set top box secara online karena sudah banyak e-commerce yang menyediakan perangkat tersebut dengan harga bervariasi.


4. Menghubungkan Perangkat Set Top Box ke Televisi Analog

Agar bisa mendapat siaran jenis TV digital menggunakan antena biasa maka cara berikutnya yang dapat Anda praktekkan yaitu dengan menghubungkan perangkat set top box dengan TV memakai kabel AV. Kemudian hubungkan kabel itu ke port yang di bagian ujung warnanya tertera pada TV seperti kuning, merah dan putih. Anda wajib memasang kabel tersebut sesuai dengan warnanya agar perangkat bisa saling terpasang sempurna.

Harap pastikan juga pemasangan port kencang dan nantinya STB bisa langsung membantu dalam mencari sinyal TV digital yang sudah ditangkap oleh bagian antena. Selain itu usahakan supaya TV dalam keadaan AV dan koneksikan STB di kabel AV 1, AV 2 sampai seterusnya. Kemudian nyalakan STB dan klik menu pada remot lalu cari pilihan pencarian saluran secara otomatis.

Jika sudah selesai, tekan simpan supaya pengaturan yang sudah dilakukan tidak mengalami perubahan kembali. Ini penting karena jika belum mengklik selesai kemungkinan besar pengaturan yang sudah diatur oleh Anda tidak tersimpan oleh sistem.


5. Mencari Siaran Digital Memakai TV Analog

Sesudah TV terhubung dengan perangkat set top box, kemudian hidupkan perangkat STB lalu cari menu AV di televisi dan tekan pilihan pengaturan. Berikutnya lanjutkan dengan cara memilih menu pencarian seperti yang sudah disinggung sebelumnya. Langkah melakukan pencarian yaitu tekan tombol yang mengarahkan ke Auto Scan.

Dengan mengikuti tata cara di atas Anda pun sudah bisa menyaksikan siaran TV digital tanpa harus membeli TV yang baru. Hal ini lantaran ternyata televisi dan antena masih dapat digunakan siapa saja.


Akhir Kata

Itulah bagaimana cara mendapatkan siaran tv digital dengan antena biasa dengan mudah dan gratis di jenis televisi analog. Terapkan seluruh caranya dengan seksama agar Anda terhindar dari adanya kesalahan pemasangan atau pengaturannya. Semoga dengan tutorial cara mendapatkan banyak channel tv digital menggunakan antena biasa di atas bisa memberikan pilihan alternatif terbaik buat anda.