Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Cara Mengetahui TV LED Digital atau Analog Sangat Mudah

Shobatasmo.com - 5+ Cara Mengetahui TV LED Digital atau Analog Sangat Mudah. Cara untuk mengetahui TV LED atau analog penting untuk Anda ketahui. Ini berkaitan dengan kebijakan pemerintah yang mana khususnya dari Kemkominfo yaitu melakukan proses migrasi dari awalnya siaran TV analog menjadi TV digital pada tahun 2022 ini. Dengan dilakukannya proses migrasi tersebut, diharapkan masyarakat Indonesia bisa menikmati siaran televisi yang lebih berkualitas sekaligus jernih.

5-cara-mengetahui-tv-led-digital-atau-analog-sangat-mudah

Akan tetapi bagi sebagian besar warga di Indonesia belum mengetahui apakah siaran televisi yang sedang mereka nikmati sudah TV digital atau masih TV analog. Hal ini karena ada ciri tv led yang sudah digital atau spesifikasi tertentu yang harus Anda miliki apabila ingin menikmati siaran digital. Inilah yang masih sedikit orang tahu dan justru mengabaikan siaran TV di rumah mereka padahal masih jenis analog belum digital. Berikut akan saya jelaskan secara lengkap  cara mengetahui TV LED digital atau analog dengan mudah dan cepat.


Cara Mengetahui TV Sudah Digital Atau Belum Pasti Berhasil

Sebenarnya ada beberapa cara mengetahui tv sudah digital atau belum di rumah apakah sudah LED digital atau masih analog. Dengan demikian Anda pun bisa mengetahui jika harus menggantinya menjadi digital atau apakah sudah sesuai berdasarkan himbauan pemerintah. Sebenarnya jika Anda baru membeli TV kemungkinan besar itu adalah LED digital lantaran televisi analog sudah sulit didapat atau bahkan tergolong tidak ada.

Akan tetapi lain halnya jika Anda sudah cukup lama membeli televisi dan bentuknya pun tidak ada pembeda antara LED digital dan analog. Oleh sebab itulah para penggunanya akan merasa bingung dan khawatir jika itu adalah TV analog tidak diganti menjadi TV LED maka kemungkinan besar akan diblokir oleh pemerintah. Karena itulah di bawah ini ada cara mengetahui tv sudah digital atau belum dengan gampang, simak selengkapnya:


1. Melihat Langsung Kualitas Siarannya

Cara pertama untuk mengetahui apakah sebuah TV sudah LED digital atau masih analog yang bisa Anda lakukan adalah dengan melihat kualitas tayangan alias siarannya secara langsung. Sebagai informasi, jenis TV analog akan memberikan siaran dengan kualitas yang tergolong kurang bagus. Hal ini jelas berbeda dengan jenis TV digital ketika Anda memutuskan untuk menyaksikannya karena menampilkan suara yang nyaman dan tajam untuk dilihat dalam waktu cukup lama.

Perbedaan hasil siaran dipengaruhi oleh sambungan yang digunakan oleh TV tersebut. Jenis TV analog kebanyakan masih memakai antena untuk pengaturan siaran mereka. Berbeda dengan jenis TV LED digital yang sudah disematkan dengan sambungan internet. Dengan demikian tak mengherankan jika TV LED digital akan menghasilkan siaran yang bagus terutama jika tidak ada gangguan jaringan internet.


2. Cek Stiker yang ada di Bagian Televisi

Cara mengetahui TV LED digital atau analog berikutnya adalah dengan mengecek stiker yang berada di bagian belakang layarnya. Jika ada stiker ataupun informasi yang di atasnya bertuliskan Digital Tuner, DVB-T2. HDTV, Digital Reader, ATCS, Digital Tuner Built in, DTV, Digital Receiver ataupun Integrated Digital Tuner mengartikan TV Anda bisa menangkap keberadaan sinyal digital secara mandiri atau otomatis.

Namun penting untuk dicatat dan diketahui bahkan masing-masing produk ataupun merk televisi mempunyai informasi serta tulisan tersendiri. Di mana inti dari tulisan tersebut adalah untuk memastikan produknya bisa menangkap siaran digital, Sehingga Anda jangan berpaku pada tulisan di atas saja. Jika ada tulisan yang mirip atau hampir sama maka bisa jadi TV di rumah sudah jenis TV digital.


3. Mengetahui Spesifikasi TV Secara Lengkap

Selain dengan melihat stiker yang ditempel pada TV, Anda juga dapat mencari tahu apakah sebuah TV berjenis digital atau masih analog berdasarkan spesifikasi televisi itu sendiri. Pemakaian spesifikasi TV akan memperlihatkan apakah perangkat elektronik yang ada di rumah Anda memiliki kemampuan untuk menangkap keberadaan siaran digital sampai selengkapnya dan taka ada yang terlewat.

Anda bisa mencari tahu tentang tipe produk yang dimiliki serta mencari informasi tentang televisi di rumah lewat internet. Biasanya pihak pembuat televisi yang Anda miliki akan memberikan informasi apakah jenis televisi keluaran mereka sudah mendukung siaran TV digital atau tidak.


4. Melihat Secara Langsung Daftar Channel TV yang Didapat

Cara agar bisa mengetahui jenis TV digital atau analog berikutnya yang dapat Anda lakukan yaitu dengan mengecek secara langsung siaran di televisi tersebut. Pasalnya jika Anda mendapat siaran yang terdapat tulisan HD tepat di belakang ataupun di depan stasiun TV maka televisi tersebut sudah mendukung keberadaan siaran digital.

Bukan tanpa alasan, pasalnya hanya siaran digital yang bisa menangkap jenis siaran digital dengan kualitas mencapai HD. Sebaliknya apabila televisi Anda tak menangkap siaran dengan nama HD yang ada di belakang stasiun TV tersebut maka kemungkinan besar televisi di rumah belum mendukung jenis siaran TV digital atau kata lainnya adalah masih berupa TV analog.

Tak hanya dari televisi, penyebab TV Anda tak bisa mendapat siaran digital bisa karena antenanya belum mendukung penerimaan jenis siaran digital. Sehingga pastikan seluruh perangkat sudah memenuhi kriteria dan standarnya.


5. Mengunjungi Website Resmi Kominfo

Langah terakhir yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui  apakah TV di rumah sudah dapat menangkap siaran digital atau belum yaitu dengan mengakses langsung halaman resmi kominfo di alamat https://siarandigital.kominfo.go.id/informasi/perangkattelevisi. Di halaman itu Anda bisa mencari tahu bagaimana cara lainnya untuk mengetahui jenis televisi apakah digital atau analog.


Akhir Kata

Itulah beberapa cara mengetahui TV LED digital atau analog yang pastinya bisa dengan mudah anda pelajari dengan cepat dan mudah. Untuk itu jika saat ini anda mencari LED TV, sebaiknya cek secara detail agar tidak menyesal di kemudian hari karena tidak bisa memutar TV jenis digital. Dengan mengikuti cara-cara di atas maka Anda pun dapat lebih tenang dan tak perlu menebak-nebak jenis televisi di rumah.