Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Memperbaiki Blender Tidak Mau Berputar Terbukti Berhasil

Shobatasmo.com - 5 Cara Memperbaiki Blender Tidak Mau Berputar Terbukti Berhasil. Cara memperbaiki blender yang tidak bisa berputar bukan menjadi satu hal krusial atau masih dapat diselesaikan secara sendiri. Seperti diketahui, untuk peralatan elektronik blender inu menjadi salah satu hak yang banyak dibutuhkan oleh kalangan masyarakat di Indonesia. Setiap rumah pastinya sudah memiliki barang penting seperti blender ini.

5-cara-memperbaiki-blender-tidak-mau-berputar-terbukti-berhasil

Apalagi, untuk Anda yang suka memasak di dapur tidak bisa lagi dijauhkan dengan namanya alat elektronik blender. Fungsi dari blender adalah untuk menghaluskan bumbu makanan dan minuman buah. Selain itu masih banyak lagi fungsi dari mesin blender ini tentunya. Semakin sering menggunakan blender, maka untuk intensitas kerusakannya juga tinggi. Sampai dengan saat ini banyak sekali dari kalangan masyarakat yang mengalami permasalahan blender tidak bisa berputar. 


Maka dari itu, pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai cara memperbaiki blender tidak mau berputar 100% berhasil. Sedangkan, untuk Anda yang penasaran gimana saja caranya bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkap dan jelasnya dibawah ini. 


Beberapa Cara Memperbaiki Blender yang Tidak Bisa Berputar Dengan Mudah

Seperti yang sudah disebutkan diatas, untuk saat ini banyak dari kalangan masyarakat mengalami masalah blender tidak bisa berputar. Berikut ada 5 cara memperbaiki blender yang tidak bisa berputar yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki masalah tersebut adalah: 


1. Memeriksa Bagian Kabel Blender 

Cara pertama untuk memperbaiki blender yang tidak bisa berputar pertama adalah memeriksa pada bagian kabel terlebih dahulu. Ketika masih terhubung dengan kabel blender, Anda bisa melepaskan terlebih dahulu. 

Setelah kabel tersebut sudah dilepas, Anda bisa langsung melakukan pengecekan pada blender tersebut. Lakukan pemeriksaan kabel secara teliti, agar kabel yang terputus mudah ditemukan. 

Apabila, bagian semua kabel sudah di pastikan tidak ada kabel yang putus tapi blender tetap saja tidak bisa berputar. Artinya, kerusakannya berada di dalam bagian mesin blender tersebut. 


2. Mengganti  Colokan Listrik 

Blender yang tidak mau berputar ini juga bisa terjadi, karena colokan listrik tersebut mengalami kendala atau masalah. Maka dari itu, langkah atau cara yang bisa Anda ambil adalah melakukan pergantian pada colokan listrik lainnya. 

Apabila di saat sudah diganti dan tetap sama saja blender tidak berputar, Anda bisa langsung membongkar bagian mesin. Akan tetapi, untuk proses pembongkaran mesin pada blender ini tidak boleh dilakukan secara sembarangan begitu saja. 


3. Membersihkan Pada Komponen Terminal 

Terminal pada blender inu mempunyai posisi di bagian paling bawah sendiri. Pada saat menggunakan blender, tidak jarang lagi makanan atau minuman masuk di dalam bagian terminal blender tersebut. 

Kotoran yang masuk ke dalam terminal kali ini bisa menghambat secara keseluruhan dari fungsi pada blender. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah membersihkan pada bagian terminal blender terlebih dahulu. Pastikan juga semua kotoran yang ada di dalam bagian terminal blender benar-benar bersih. 


4. Melakukan Pengecekan Dinamo 

Cara memperbaiki blender tidak bisa berputar selanjutnya adalah mengecek pada komponen dinamo. Pada cara yang satu ini bisa diterapkan di saat pembongkaran mesin sudah dilakukan. 

Lakukan pengecekan pada semua komponen dinamo dan pastikan tidak ada satupun yang terputus. Ketika ditemukan salah satu komponen dinamo sudah terputus, Anda harus melakukan pergantian dengan yang baru. 


5. Membersihkan Pada Komponen Pelumas Dinamo 

Untuk cara yang paling terakhir adalah membersihkan pada semua komponen pelumas dinamo. Pada blender yang rusak atau tidak bisa berputar, maka akan memunculkan suara dengung. 

Ketika sudah muncul suara dengung yang dirasa sangat mengganggu ini, ada salah satu hak harus dilakukan yaitu membersihkan pada komponen pelumas dinamo. Apabila, Anda tidak paham dengan perihal dinamo bisa langsung saja dibawa alat blender pada tukang service handal. 


Penutup

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai cara memperbaiki blender tidak mau berputar dengan mudah dan cepat yang pastinya saya jamin akan berhasil. Diharapkan, dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu Anda yang sedang mengalami masalah dengan blender dirumah.