Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Menghubungkan Speaker Aktif ke Amplifier Terbukti Berhasil

Shobatasmo.com - 3 Cara Menghubungkan Speaker Aktif ke Amplifier Terbukti Berhasil. Sebagai pemilik device perangkat komputer seperti speaker, tentu Anda wajib mengetahui beberapa cara menghubungkan speaker aktif ke amplifier. Ya, speaker aktif kini bisa disambungkan ke amplifier. Sehingga, hasil suara yang dihasilkan lebih halus dan menggelegar.

3-cara-menghubungkan-speaker-aktif-ke-amplifier-terbukti-berhasil

Akan tetapi, tidak semua speaker aktif ini kompatibel dengan beberapa merk amplifier. Pasalnya, amplifier ini berfungsi untuk mengatur karakteristik audio, seperti bass, treble, middle, gain, hingga volume. Sehingga, suara yang dihasilkan pada speaker aktif terasa lebih halus dan enak untuk didengarkan.


Nah, komponen colokan pada amplifier memang sangat banyak. Akan tetapi, tidak semua speaker aktif ini dibekali dengan colokan yang dapat disambungkan dengan amplifier. Apabila speaker aktif milik pribadi kompatibel dengan amplifier, maka Anda bisa menyambungkannya.


Proses penyambungan speaker aktif ke amplifier ini memang tidak sulit. Hanya saja, butuh kehati-hatian dalam proses konfigurasi dua perangkat digital audio ini. Jika tidak, maka bisa saja speaker aktif milik pribadi mengalami kerusakan parah hingga tidak dapat digunakan kembali.


Panduan Lengkap Cara Menghubungkan Speaker Aktif ke Amplifier

Memang, kini speaker aktif bisa Anda sambungkan ke amplifier. Dan peran amplifier ini berguna untuk mengatur dan mengelola output audio yang disalurkan ke speaker aktif. Di amplifier, Anda akan menemukan beberapa tombol untuk mengatur karakteristik audio yang akan didistribusikan ke speaker aktif. Oleh karena itu, ini dia 3 cara menghubungkan speaker aktif ke amplifier. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

1. Menggunakan Kabel AUX

Cara pertama yakni dengan menggunakan kabel AUX. Kabel AUX ini merupakan sebuah kabel jack berukuran 3.5 mm. Kabel ini mirip dengan yang ada di TOA. Apabila speaker aktif milik pribadi memiliki colokan kabel AUX, maka dapat dikonfigurasikan dengan amplifier.

Sebab, hampir semua amplifier selalu menggunakan kabel AUX untuk menyambungkan dengan perangkat lain. 

2. Menggunakan Kabel RCA

Cara yang kedua adalah menyambungkan dengan menggunakan kabel RCA. Cara ini memang sama dengan menggunakan kabel AUX. Caranya yakni dengan menyambungkan 3 kabel RCA sesuai dengan warnanya. Pastikan tidak ada kesalahan pada penempatan kabel RCA. Jika salah, maka speaker tidak dapat terhubung dengan amplifier. 

3. Menggunakan Perangkat Nirkabel

Dan 3 cara menghubungkan speaker aktif ke amplifier yang terakhir adalah menggunakan perangkat nirkabel. Salah satunya adalah dongle. Cara ini memungkinkan Anda untuk bebas bergerak tanpa ada batas kabel. 

Untuk menggunakan cara ini, maka Anda harus memiliki perangkat dongle yang telah terkonfigurasi dengan amplifier maupun speaker aktif. Dan harga alat dongle ini juga cukup mahal di pasaran.


Tips Mengetahui 3 Cara Menghubungkan Speaker Aktif ke Amplifier

Tercatat, ada beberapa tips untuk mengetahui cara menghubungkan speaker aktif ke amplifier. Tips yang pertama, pastikan Anda menggunakan speaker aktif keluaran terbaru. Sebab, speaker aktif keluaran terbaru selalu dibekali dengan fitur canggih.

Salah satunya adalah fitur bluetooth, kontrol jarak jauh, kabel RCA, dan kabel AUX untuk konfigurasi secara manual. Tips yang kedua, pastikan amplifier yang Anda gunakan kompatibel dengan speaker aktif.

Jika tidak, maka proses konfigurasi antara speaker aktif dengan amplifier tidak berjalan sempurna. Alhasil, suara yang dihasilkan tidak jernih atau tidak keluar sama sekali. Oleh karena itu, lakukan pengecekan dahulu sebelum mengkonfigurasi dua perangkat digital audio.


Akhir Kata

Setelah mengikuti petunjuk diatas maka Anda sudah bisa mengkonfigurasikan antara speaker aktif dengan amplifier. Maka dari itu, ketahui beberapa cara menghubungkan speaker aktif ke amplifier menggunakan sambungan yang tersedia di perangkat tersebut. Semoga sedikit pembahasan diatas memberikan manfaat buat kita semua.