Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Menyambungkan Speaker Aktif ke Speaker Lainnya Dijamin Sukses

Shobatasmo.com - 3 Cara Menyambungkan Speaker Aktif ke Speaker Lainnya Dijamin Sukses. Masih banyak orang yang belum memahami bahwa speaker aktif kini bisa dikonfigurasikan ke speaker lainnya. Cara menyambungkannya pun juga cukup mudah. Asalkan, speaker aktif yang akan disambungkan telah disediakan beberapa fitur tertentu. Jika tidak, maka speaker aktif yang Anda miliki tidak dapat tersambung dengan speaker lainnya.

3-cara-menyambungkan-speaker-aktif-ke-speaker-lainnya-dijamin-sukses

Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa manfaat dengan menyambungkan speaker aktif ke speaker lain. Salah satunya agar memperluas jangkauan suara yang dihasilkan oleh speaker. Lalu, mengoptimalkan suara yang dihasilkan oleh dua speaker sekaligis. Dan manfaat lainnya yakni untuk menyesuaikan daya penggunaan speaker ketika sedang digunakan.


Panduan Menyambungkan Speaker Aktif ke Speaker Lainnya

Mungkin masih banyak orang yang merasa heran mengapa speaker aktif harus disambungkan dengan speaker lainnya. Nah, perlu Anda ketahui ada beberapa faktor mengapa speaker aktif harus disambungkan dengan speaker lain.

Salah satunya untuk meningkatkan daya atau power suara agar dapat memiliki jangkauan yang lebih luas. Oleh karena itu, ini dia panduan cara menyambungkan speaker aktif ke speaker lainnya. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :


1. Menggunakan Kabel RCA

Cara pertama adalah menggunakan kabel RCA. Cara menyambungkan speaker aktif dengan speaker lain menggunakan kabel RCA ini sangat mudah sekali. Anda hanya perlu mencolokkan kabel RCA dari speaker aktif ke speaker lain. 

Pastikan kabel RCA tersambung sesuai dengan warnanya. Jika tidak, maka proses penyambungan bisa saja gagal karena ketidaksesuaian colokan pada kabel RCA. 


2. Menggunakan Rangkaian Seri pada Speaker

Cara kedua, Anda bisa membuat rangkaian seri pada speaker aktif yang akan disambungkan dengan speaker lain. Seperti contoh, masing-masing speaker berimpedansi 8 ohm. Jika digabungkan, maka kedua speaker memiliki impedansi 32 ohm. 

Alhasil, suara yang dihasilkan oleh speaker yang telah tersambung ini cukup menggelegar. Akan tetapi, Anda harus mengecek secara berkala agar speaker tidak rusak. 


3. Menggunakan Rangkaian Paralel pada Speaker

Dan merangkai secara paralel ini masuk dalam 3 cara menyambungkan speaker aktif ke speaker lainnya. Cara ini juga cukup mudah karena pemilik speaker hanya perlu membuat rangkaian paralel dengan speaker aktif. 

Dengan menggunakan rangkaian paralel, maka Anda bisa merangkai lebih dari 2 speaker sekaligus. Akan tetapi, speaker mudah cepat panas karena harus bekerja ekstra keras untuk menghasilkan suara.


Tips Menyambungkan Speaker Aktif ke Speaker Lainnya

Untuk dapat menyambungkan speaker aktif ke speaker lainnya memang harus sesuai dengan spesifikasinya. Ya, jika tidak maka salah satu speaker akan dipaksa bekerja secara ekstra hingga menyebabkan kerusakan fatal.

Untuk menghindari resiko tersebut, ada beberapa tips untuk mencoba 3 cara menyambungkan speaker aktif ke speaker lainnya. Tips yang pertama, pilih speaker aktif yang memiliki sambungan kabel RCA. Sebab, cara ini dirasa lebih aman dibandingkan dengan metode pemasangan lainnya.

Tips yang kedua, pastikan kedua speaker memiliki tegangan ohm yang tidak jauh berbeda. Sebab, kerusakan akibat penyambungan speaker ini disebabkan oleh ketidakseimbangan tegangan ohm antar speaker. Akibatnya, salah satu speaker dituntut untuk bekerja keras.

Sehingga, speaker bisa saja mengalami kerusakan fatal hingga tidak dapat mengeluarkan suara. Oleh sebab itu, Anda harus mencari tahu masing-masing tegangan ohm dari speaker yang akan dikonfigurasikan.


Penutup

Untuk itu Anda bisa menyambungkan speaker aktif dengan speaker lain. Tujuannya untuk mendapat jangkauan suara yang lebih jelas. Untuk itu, perlu anda ketahui beberapa cara menyambungkan speaker aktif ke speaker lainnya.