Cara Mengatasi Kamera Tidak Bisa Dibuka di Aplikasi Whatsapp Terbaru 2019

Hallo Shobatasmo – Cara Mengatasi Kamera Tidak Bisa Dibuka di Aplikasi Whatsapp Seperti yang kita tahu saat ini WhatsApp sangat banyak digunakan sebagai alat untuk berbagi file gambar atau video dan sebagainnya. Selain itu, Aplikasi WhatsAppp memiliki fitur seperti media sosial Instagram yaitu penggunanya bisa membuat story alias status berupa video text ataupun foto. Ketika kamu mengirim file gambar mau update story, ada beberapa pilihan yang bisa kamu gunakan untuk mengambil gambar yang akan kamu upload ke WhatsApp. Anda dapat bisa mengambil dari galeri ponsel atapun memfoto secara langsung melalui kamera depan atau belakang hp kamu.

Tetapi ketika WhatsApp akan mengakses kamera hp, Terkadang banyak pengguna yang mengalami error dengan notifikasi “Tidak dapat memulai Kamera silahkan mulai ulang telepon anda” atau error lainnya. Tentunya jika kamu sedang terburu-buru ingin mengambil foto penting, namun tiba-tiba kamera WhatsApp tidak bisa dibuka tentunya sangat menyebalkan bukan? biasannya ini bisa muncul karena beberapa faktor, pertama adalah memori RAM ponsel kamu penuh sehingga tidak ada ruang untuk menjalankan kamera pada ponsel anda, ataupun bisa jadi karena aplikasi WhatsApp crash sehingga tidak bisa memulai kamera.

Nah, untuk Kamu yang sedang mangalami maslah ini, silahkan baca artikel ini sampai habis karena pada kesempatan ini Saya akan membahas beberapa cara untuk mengatasi kamera WhatsApp error tidak bisa dibuka. Berikut ulasan selenngkapnya yang telah Saya rangkum untuk mengatasi kamera yang tidak bisa di buka

1. Update Aplikasi WhatsApp

Developer WhatsApp secara berkala terus melakukan update untuk memperbaiki bug-bug yang terdapat pada versi sebelumnya. Jika anda masih menggunakan versi lawas, mungkin saja terdapat bug pada fitur kamera. Sebaiknya untuk anda yang masih menggunakan WhatsApp versi lawas, segera update ke versi paling baru langsung melalui Google Play.

2. Bersihkan File Cache Ponsel

Seperti yang kita tahu semua
aplikasi yang di install pada ponsel anda akan menghasilkan file cache
atau file sampah. File cache ini tidak hilang walaupun anda telah
menghapus aplikasi dari ponsel anda. Jika penumpukan cache ini terus di
biarkan maka semakin lama performa Android anda semakin menurun dan bisa
menyebabkan crash ketika anda menjalankan aplikasi WhatsApp sehingga
tidak dapat membuka kamera. Oleh karena itu, anda harus secara rutin
membersih file cache di ponsel anda. Anda dapat menggunakan bantuan
aplikasi CCleaner untuk membersihkan ponsel, aplikasi ini bisa anda
unduh langsung melalui Google Play.

3. Aktifkan Izin Akses Kamera Untuk WhatsApp

Aplikasi WhatsApp harus meminta izin untuk bisa mengakses kamera di ponsel anda. Maka jika anda belum mengizinkan aplikasi WhatsApp untuk mengakses kamera, silahkan izinkan melalui Pengaturan / Setelan. Caranya, masuk ke Pengaturan Ponsel > Aplikasi / Manager App > kemudian cari aplikasi WhatsApp > pilih menu Izin > lalu silahkan anda aktifkan semua izin untuk Aplikasi WhatsApp dari mulai Kamera, Kontak, Microphone, Lokasi, Penyimpanan, SMS dan Telepon.

4. Bersihkan Data WhatsApp

Setiap kali anda mengirim file gambar atau file media lainnya, WhatsApp akan membuat file salinan tersebut yang akan tersimpan di memori internal ponsel anda. Biasanya pengguna WhatsApp tidak menyadari akan hal ini. Jika terus di biarkan maka file-file tersbut akan terus menumpuk hingga memori anda penuh yang bisa menyebabkan tidak bisa buka kamera WhatsApp. Maka anda harus membersihakan data WhatsApp ini secara berkala. Untuk membersihkan data WhatsApp tanpa menghapus chat anda bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga yaitu WhatsCleaner – Cleaner for WhatsApp yang bisa anda download secara gratis melalui Google Play.

Aplikasi WhatsCleaner ini akan secara khusus menampilkan semua data WhatsApp anda seperti file foto, video, rekaman pesan suara, dan lainnya. Jadi anda bisa dengan mudah memilih data WhatsApp tertentu yang sudah tidak digunakan untuk dibersihkan tanpa harus menghilangkan history chat

5. Install Ulang Aplikasi WhatsApp

Jika masalah kamera WhatsApp tidak bisa dibuka masih belum bisa di atasi, maka silahkan install ulang aplikasi WhatsApp di ponsel anda. Namun hal penting yang perlu diperhatikan sebelum melakukan install ulang adalah membackup seluruh history chat WhatsApp anda. Silahkan cadangkan chat melalui pengaturan WhatsApp. Setelah selesai mencadangkan chat, maka silahkan uninstall WhatsApp-nya kemudian download kembali melalui Play Store dan silahkan login kembali dengan nomor yang sama.

Nah, itulah Cara Mengatasi Kamera Tidak Bisa Dibuka di Whatsapp. Semoga pembahasan yang Saya berikan ini bisa dengan mudah dipahami oleh para pembaca semuanya. Selamat mencoba dan semoga berhasil!.