Cara Unlock BootLoader Semua Merek Xiaomi Lengkap Dengan Gambar 2019

Hallo Shobatasmo – Cara Unlock BootLoader Semua Merek Xiaomi Lengkap Dengan Gambar 2019 Xiaomi kini menjelma menjadi salah satu smartphone yang perangkat produksinya banyak di cari masyarakat di indonesia. Alasannya adalah karena Xiaomi menawarkan perangkat yang berspesifikasi mewah dengan harga murah. Selain itu, Para pengguna yang hobinya memodifikasi dan mengoprek sistem android, Xiaomi mempunyai forum yang banyak sekali di dukung oleh pengguna aktif dan merupakan salah satu forum terbesar di dunia (khususnya di bidang smartphone di indonesia ).

Dengan ROM yang terkunci bootloadernya tersebut, untuk melakukan modifikasi (tweaking) Anda harus melakukan izin unlock bootloader terlebih dahulu. dan Beberapa tipe smartphone Xiaomi yang dikunci bootloadernya adalah :

  • Mi 5
  • Redmi Note 3, Note 3 Pro,Kenzo
  • Redmi Note 4, Note 4x    
  • Redmi 3 , 3 pro, 3s, 3x ,3s prime
  • Redmi 4, 4A, 4X, 4 Prime 
  • Dan Masuh Banyak Lagi

Lalu, apakah sebenarnya Bootloader itu?

Bootloader merupakan sebuah kode yang harus di eksekusi sebelum sistem operasi (OS) mulai berjalan, yang berfungsi untuk mengarahkan OS melakukan booting secara normal. Xiaomi sendiri akan memberikan tanggung jawab penuh untuk perangkat yang terkunci bootloader-nya. Namun, jika perangkat Xiaomi sudah di Unlock Bootloadernya, maka layanan seperti update MIUI maupun jaminan keamanan akan di cabut oleh pihak xiaominya.

Jika Anda merupakan pengguna Xiaomi yang hanya untuk penggunaan standar (telvon, social media, mesagging) dan fitur-fitur standart yang telah disediakan, Alahkah bainnnya kamu tidak perlu melakukan Unlock-Bootloader.

Namun, jika kamu seorang opreker dan memodifikasi sistem agar dapat memaksimalkan performa smartphone Xiaomi, silahkan unlock perangkat Anda. Nah, dengan perangkat yang sudah terbuka locked bootloader-nya, Anda dapat nge-root, menginstall Custom ROM, pasang Xposed dll. Terlebih dahulu kita harus memeriksa status perangkat kita, apakah masih locked bootloader-nya, atau sudah unlock. Silahkan baca caranya pada artikel ini “Cara Cek Status Bootloader Xiaomi”.

Cara paling mudah unlock bootloader Xiaomi Anda adalah dengan melakukan registrasi di en.miui.com lalu menunggu persetujuan. Untuk itu, simak cara Unlock Bootloader Xiaomi selengkapnya di bawah ini.

Cara Unlock Bootloader Xiaomi

Xiaomi telah menyediakan tools khusus untuk memudahkan pengguna dalam meng-unlock Bootloader smartphone-nya yaitu Mi Unlock Tools. Pada prosesnya, tools ini membutuhkan Mi Account supaya proses unlock tidak dilakukan pihak-pihak yang tidak berkepentingan.
Langkah-langkah Unlock Bootloader

Berikut ini yang harus anda lakukan :

  • Anda harus mempunyai Mi Account. Anda bisa registrasi melalui web atau pada perangkat Xiaomi Anda menggunakan nomor handphone atau email. Saya lebih menyarankan menggunakan Nomor Handphone. Caranya, masuk ke menu Setting-Mi Account, pilih Create an account kemudian isi form yang tersedia hingga proses pembuatan Mi Account selesai lalu loginkan langsung di perangat xiaomi anda yang sekarang di pakai.

  • Jika sudah login akun mi kamu di hp kamu kamu lakukan langkah ini klik di sini dan jangan lupa pas di  Mi unlock status. Klik Add Account and Devices
  • Kunjungi link request unlock bootloader Xiaomi, silahkan pilih Unlock Now. Download Mi Unlock Tools di sini, Jangan lupa untuk mengaktifkan Developer Mode dan USB Debugging.
  • Jika sudah di download jangan lupa extra dulu lalu jalankan miflash_unlock.exe kemudian login dengan Mi Account yang sama pada aplikasi Mi Unlock, klik sign ini.
  • Matikan perangkat kemudian masuk ke fastboot mode dengan menekan tombol Power+Vol Down secara bersamaan hingga muncul logo Fastboot, kemudian lepaskan. Selanjutnya, sambungkan smartphone Anda ke komputer menggunakan USB.
  • Tunggu hingga ada notifikasi Phone Connected pada aplikasi Mi Unlock Tools. Jika sudah terhubung, klik Unlock untuk membuka locked bootloader perangkat Anda.
  • Jika proses selesai, maka akan muncul status Unlock Succesfully. Berikutnya klik Reboot Phone. Selesai!

Demikianlah cara unlock bootloader Xiaomi yang bisa saya bagikan. Jika Ada pertanyaan silahkan tulis dikolom komentar. Selamat mencoba!