Cara Mengatasi Playstore Error Tidak Bisa Dibuka di Android

Hallo Shobatasmo – Seperti yang Kamu ketahui bahwa Hp Android telah menjadi sistem operasi yang sangat popular di dunia, sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan Google ini memang telah banyak digunakan pada berbagai perangkat mobile baik itu smartphone maupun tablet. Terkenalnnya sistem operasi Android ini salah satunya adalah dikarenakan sistem operasi buatan Google ini memiliki dukungan pihak ketiga yang sangat kuat di mana membuat sistem operasi Android memiliki banyak sekali aplikasi yang tersedia.

Kamu tentu bisa melihat banyaknya aplikasi dan juga game yang saat ini bisa Kamu unduh di Google Play Store. Pengguna perangkat Android memang sangat dianjurkan untuk mengunduh aplikasi dari Google Play Store karena telah dipastikan aman dari virus yang akan beresiko menyerang smartphone Kamu. Google Play Store memang telah terpasang pada seluruh perangkat Android, namun terkadang aplikasi yang satu ini mengalami masalah. Apabila Google Play Store Kamu mengalami masalah, maka berikut ini akan kami ulas beberapa cara untuk mengatasinya.

Hapus Cache dan Data

Menghapus cache dan data menjadi cara kedua
yang juga bisa Kamu lakukan untuk mengatasi masalah yang terjadi pada
Googke Play Store, seperti yang telah Kamu ketahui bahwa cache ataupun
data yang menumpuk akan bisa mengakibatkan berbagai macam masalah pada
smartphone Kamu, oleh karena itu alangkah baiknya apabila Kamu menghapus
cache dan data secara berkala.

Google Play Services dan Framework

Cara
ketiga yang juga bisa Kamu lakukan untuk mengatasi masalah pada Google
Play Store adalah dengan menutup Google Play Services terlebih dahulu,
Kamu bisa mengaksesnya melalui menu pengaturan aplikasi, kemudian pilih
clear data. Selain itu Kamu juga perlu melakukan hal yang sama terhadap
Google Service Framework sehingga akan bisa memperlancar kinerja
smartphone.

Uninstall Update Google Play Store

Cara pertama yang bisa Kamu lakukan untuk mengatasi Google Play Store yang bermasalah adalah dengan cara melakukan uninstall update Play Store. Perlu Kamu ketahui bahwa update dari Google Play Store terkadang menjadi sebab mengapa aplikasi tersebut mengalami masalah, Kamu bisa melakukan uninstall update Google Play Store melalui menu pengaturan dari smartphone Kamu.

Aktifkan Download Manager

Mengaktifkan Download Manger menjadi cara keempat yang juga bisa Kamu lakukan untuk mengatasi Google Play Store yang bermasalah, perlu Kamu ketahui bahwa masalah yang terjadi pada Google Play Store juga bisa diakibatkan karena layanan Download Manager bawaan smartphone Kamu tidak aktif, sehingga untuk mengatasinya maka Kamu harus mengaktifkan layanan tersebut.

Hapus dan Pasang Lagi Akun Google

Cara kelima yang juga bisa Kamu lakukan untuk mengatasi Google Play Store yang mengalami masalah adalah dengan menghapus dan memasang kembali akun Google yang Kamu miliki. Kamu bisa menghapus akun Google melalui menu pengaturan, kemudian lakukan reboot pada smartphone Kamu, setelah itu Kamu bisa menambahkan kembali akun Google tersebut melalui menu pengaturan.

Nah, begitulah caranya. Mungkin sampai disitu dulu penjelasan tentang Cara Mengatasi Playstore Error Tidak Bisa Dibuka di Android. Apabila masih ada yang bingung dengan langkah-langkah di atas, kalian bisa tanyakan langsung kepadaku lewat comment dibawah. Semoga bermanfaat. Apabila Kamu sering mengalami masalah pada Google Play Store, maka Kamu bisa mencoba mengatasinya dengan beberapa cara di atas.