5 Rekomendasi Game Membangun Kota PC

Dari waktu ke waktu selalu ada game membangun kota PC yang dikembangkan dengan berbagai inovasi dan fitur unik. Tidak jarang beberapa game sejenis akan meluncurkan berbagai pembaruan misalnya pada peta, jenis bangunan dan fasilitas kota.

Hal tersebut berguna untuk memenuhi kebutuhan kalangan penikmat game yang ingin gameplay yang baru dan menarik dimainkan. Untuk mengetahui beberapa permainan city-building populer yang recommended untuk dimainkan di komputer, coba simak pada opsi berikut ini:

1. Urban Empire

Pertama kali dirilis pada tahun 2017 oleh Reborn Games dengan menawarkan kombinasi permainan strategi membangun kota dan skema politik. Urban Empire menambahkan kebiasaan sosial dan momen bersejarah untuk membuat gameplay berbeda dari yang pernah ada.

Dalam Urban Empire, pemain akan mengambil peran sebagai mayor untuk menjadi mastermind di bidang politik dan tata kota. Pastikan untuk bisa memenuhi kebutuhan penduduk, mulai dari tingkat kebahagiaan dan keamanan kota, serta fasilitas public services.

2. Age of Empire II: The Age of Kings

Permainan legendaris ini mengangkat tema membangun kota dengan latar era kerajaan setelah melewati zaman imperial. Akan ada dua mode permainan yang bisa dipilih, mulai dari peta secara acak atau mode campaign untuk ikut serta di perang.

Seseorang bebas melakukan tata kelola kota, mulai dari mengumpulkan sumber daya, mendirikan bangunan,  dan merenovasi bangunan. Adapun sumber daya yang dapat dikumpulkan pemain dalam game klasik ini mulai dari, kayu, emas, batu, dan bahan makanan.

3. SimCity

SimCity merupakan salah satu game membangun kota PC populer yang dikembangkan sejak tahun 1990. Kini sudah ada lebih dari 10 seri SimCity, bahkan ada pula spin-offs The Sims yang sukses dan diminati sampai saat ini.

Fitur yang tersedia pada SimCity adalah memungkinkan pemain untuk mengatur beberapa kota sekaligus (multi-city play). Setiap regional juga bisa dibangun dengan speciality yang berbeda untuk saling mendukung perkembangan kota, misalnya untuk energi, hiburan, dan pariwisata.

Pemain akan disuguhkan dengan tampilan kota yang realistis, mulai dari bagunan, jalan, sampai dengan lalu lalang kendaraan di kota. Begitu detailnya permainan ini bahkan perlu mengatur aliran air dan supply energi ke seluruh kota.

4. Anno 1800

Related Design mengembangkan bukan sekadar permainan untuk membangun kota, tetapi juga dengan tema real-time strategy. Uniknya, pemain akan bersaing dengan adanya lawan yang dimainkan secara random oleh komputer yang juga membangun dan memperkuat kotanya.

Sebenarnya Anno terdiri dari beberapa serial yang mengusung latar era berbeda, misalnya 1602, 1503, 1701, 2205 hingga 1800. Khusus versi Anno 1800 terdapat beberapa ekspansi, yakni Sunken Treasures, Land of Lions, dan New World Rising.

Siapa yang menduga bahwa permainan Anno pernah menjadi nominator di berbagai kategori penghargaan tahun 2018-2020. Bahkan pernah memenangkan penghargaan dari Gamescom sebagai Best PC Game (2018) dan Best German Game (2020) oleh Deutscher Computerspielpreis.

5. Cities (XL dan XXL)

Terdapat dua seri permainan yang dikembangkan Focus Home Interactive, yaitu Cities XL dan XXL tahun 2009-2015. Khusus seri Cities XL terbagi menjadi 3 macam, yaitu Cities XL (2011), Cities XL (2012), maupun Cities XL Platinum.

Pada awal seri permainan ini sempat menawarkan subscription fee pada fitur online service yang memungkinkan interaksi multiplayer. Akan tetapi fitur ini akhirnya dinonaktifkan pada tahun 2010 menjadi single player sehingga pemain bisa membangun kota secara individu.

Kini sudah tahu beberapa game membangun kota PC yang layak dimainkan sehingga tidak perlu lagi bingung mencari rekomendasi. Tidak hanya bisa sebagai sarana hiburan di kala penat, tetapi juga mengasah keterampilan seseorang dalam melakukan manajemen.