Rekomendasi Game Sepak Bola Indonesia Offline, Pilihan Seru Bermain Game

Salah satu game yang banyak diminati pengguna adalah game sepak bola, baik klub maupun negara tertentu. Semakin berkembangnya teknologi yang mencakup permainan digital, ada pula game sepakbola Indonesia offline yang bisa dimainkan di ponsel.

Game tersebut juga menampilkan negara Indonesia maupun klub sepak bola yang berada di Indonesia. Tentunya, menjadi hal baik bagi para gamers, terutama yang juga menggemari sepak bola. Berikut ini beberapa rekomendasi game yang bisa dipilih:

1. Pro League Soccer

Game sepakbola Indonesia offline pilihan pertama yang bisa dicoba pengguna untuk dimainkan adalah Pro League Soccer. Uniknya, game ini dapat diunduh sekitar 45 MB serta dimainkan secara offline di ponsel pecinta game.

Game play dengan fitur kontrol permainan seperti menu sprinter mode, normal pass or shoot serta lainnya. Di lain sisi, tidak ketinggalan tampilan line-up team dalam pengaturan susunan pemain serta strategi/taktiknya.

Nama-nama pemain Timnas Indonesia dalam game ini tidak sama persis, seperti posisi Goal keeper yang aslinya bernama Nadeo menjadi Madeo dan lain-lain. Kemungkinan terkait pada masalah lisensi atau perizinan untuk penggunaannya dalam game tersebut.

2. Football Cup

Dengan versi terbarunya, yakni Football Cup 2023, mengalami beberapa upgrade dari game yang sama di tahun-tahun sebelumnya. Game ini selain menghadirkan Timnas & beberapa klub Indonesia, juga menghadirkan Timnas serta beberapa klub dari negara lain.

Berkisar 50 hingga 68 MB tergantung versi update-annya masing-masing, game ini dilengkapi dengan fitur setting seperti pengaturan sound, pilihan bahasa serta fitur lainnya. Sayangnya, tidak ada pilihan Bahasa Indonesia.

Tidak jauh berbeda dengan game pada android lainnya, game play Football Cup tentunya menggunakan sistem touchscreen pada mode kontrol di ponsel.

3. Dream Club Soccer 2022

Update-an versi terbaru dari game ini menghadirkan Timnas Indonesia di dalam pilihannya. Bahkan, untuk versi paling barunya terdapat mode pengeditan nama pemain, jersey, nama team dan lain sebagainya, terkait adanya lisensi game walaupun belum full.

Sounds effect suporter yang terdengar di sela-sela permainan, memberikan kesan seperti pertandingan sungguhan. Apalagi ditambah visualisasi dari tim official pertandingan seperti wartawan di sekitaran luar lapangan.

Hanya sekitar 64MB, pengguna bisa mengunduhnya di ponsel dan menikmati game play yang lebih ringan atau lancar dari versi terupdate game ini. Kontrol permainan analognya pun cukup responsif.

4. FTS 23

First Touch Soccer atau FTS merupakan salah satu game sepak bola offline yang bisa diakses di ponsel pengguna. Versi FTS 23 dengan update-an terbaru tahun 2023, telah menghadirkan liga Indonesia serta Timnas Indonesia.

Tidak hanya itu, di game ini terdapat liga Asia lainnya seperti liga Jepang, liga Malaysia dan lain-lain. Tampilan grafik yang sudah lumayan HD, game ini bisa support di berbagai ponsel android dengan sekitar 395 MB.

5. Winning Eleven

Dirilisnya versi terbaru yakni Winning Eleven 2023, tentu hadir dengan modifikasi update-an serta mode pengaturan pertandingan yang menampilkan liga Indonesia. Pengguna dapat memainkannya secara offline di ponselnya dengan sekitar 163 MB.

Mode game play yang dapat memilih pengaturan tingkatan level permainan, mulai dari amatir hingga professional dan top player. Kontrol permainan dengan sentuhan layar bebas serta terdapat menu A & B pada layarnya  untuk mengatur tendangan.

6. Soccer Star

Berbeda dengan beberapa game sebelumnya, Soccer Star menampilkan permainan layaknya game simulasi. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa instruksi dalam permainan dengan informasi yang tertera di layar permainan.

Meskipun demikian, game sepak bola dengan modifikasi serta update-an dari tahun-tahun sebelumnya ini, menghadirkan pilihan negara Indonesia serta beberapa klub di liga Indonesia yang bisa dipilih. Tentu sangat cocok untuk dimainkan oleh pengguna.

Dengan adanya beberapa pilihan game sepakbola Indonesia offline, pengguna khususnya para pecinta sepak bola, bisa menjadikannya alternatif pilihan permainan. Terutama bagi gamers yang menginginkan bermain game secara offline tanpa menghabiskan kuota internet selama mengaksesnya.