5 Rekomendasi Game Mengetik Online yang Asyik

Memiliki keterampilan untuk bisa mengetik dengan cepat dan tepat tentu bukan hal mudah bila tidak sering melakukan latihan. Salah satu cara melatihnya bisa dengan game mengetik online yang membuat seseorang bisa belajar dengan cara berbeda.

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui keberadaan permainan mengetik yang begitu beragam di dunia internet. Untuk mengetahui pilihan game menarik apa saja yang dapat mendukung dalam melatih pengembangan kemampuan mengetik coba simak penjelasan berikut ini:

1. The Typing Cat

Salah satu opsi permainan typing yang memiliki tampilan sederhana ini juga menyediakan fitur typing tutor. Dengan adanya typing tutor, seseorang tidak akan asal bisa mengetik tetapi diberi petunjuk tentang jari mana yang tepat untuk mengetik.

Pengguna akan dibiasakan untuk memahami beberapa kode dalam meningkatkan kemampuan mengetik dengan akurasi yang baik. Serta membantu dalam pembiasaan diri dalam menghadapi kombinasi huruf yang mungkin sulit dan jarang digunakan, termasuk penggunaan tanda baca.

2. The Most Dangerous Writing App

Bagi yang ingin sebuah tantangan dalam menulis cepat, mungkin The Most Dangerous Writing App adalah pilihan tepat. Situs ini memungkinkan seseorang untuk menulis secara cepat tanpa peduli teknik dan bebas menuliskan apa pun tanpa berhenti.

Ada batasan waktu yang ditentukan dalam satu kali sesi penulisan (5 menit) dan selama itulah tidak boleh berhenti. Akan hanya ada kesempatan selama 2-4 detik sebelum tulisan memudar dan akhirnya akan hilang sepenuhnya secara otomatis.

Tentu saja aplikasi ini lebih berfungsi untuk melatih seseorang untuk cepat dalam berpikir dan mengetikkan secara terus-menerus. Lebih berguna untuk menghalau sindrom writer’s block, bukan untuk melatih seseorang mengetik secara tepat, misalnya metode 10 jari.

3. Word Games

Ada pula game mengetik online dari Word Games yang menyediakan beberapa macam permainan kata mulai dari scramble, daily quote typing, dll. Kebanyakan permainan berhubungan dengan keterampilan menyusun huruf acak atau menguji wawasan kosakata bahasa Inggris.

Puluhan game yang tersedia di Word Games bisa membuat suasana belajar semakin mengasyikkan dan seseorang tidak mudah bosan ketika mengasah keterampilan mengetik. Bahkan game ini bisa mendukung dalam hal menambah pengetahuan bahasa asing bagi pemain.

4. Speed Typing Online

Permainan lain yang bisa digunakan untuk melatih kemampuan mengetik adalah Speed Typing Online yang dikembangkan Matt Groeber. Keunggulan dari permainan ini, terdapat hasil perhitungan terhadap speed dan accuracy untuk dijadikan bahan penilaian dan evaluasi.

Pada fitur permainan yang tersedia secara gratis, seseorang bisa melakukan latihan dengan masing-masing durasi hanya 1 menit. Caranya cukup dengan mengetik ulang kalimat yang tercantum di kolom sampai waktu habis, lalu otomatis muncul personal result.

5. Typing Trainer

Tersedia beberapa pilihan latihan mengetik dengan kategori yang berbeda, misalnya untuk touch typing, speed building, hingga 10-key number. Masing-masing kategori memiliki 2 sampai 14 lessons yang bisa diikuti step by step dan tersedia secara gratis.

Typing Trainer bisa diakses melalui situs typingtest.com, sebelum memulai permainan bisa simak tutorial yang tersedia, misalnya terkait tips penggunaan jari. Lalu pilih kategori latihan yang diinginkan, ikuti urutan lessons yang tersedia sampai di final test.

Itulah beberapa pilihan game mengetik online yang bisa memfasilitasi seseorang dalam melatih mengetik dengan tepat dan meningkatkan kecepatan. Dengan meningkatnya kemampuan menggunakan keyboard bisa mendukung seseorang untuk bisa menyelesaikan pekerjaan mengetik dengan mudah dan cepat.