HP Xiaomi Tidak Bisa Dicas Saat Hidup, Ini Cara Mengatasinya

Apakah Anda mengalami HP Xiaomi tidak bisa dicas saat hidup? Jika ya, maka hal itu menandakan adanya masalah pada beberapa komponennya. Tentu akan sangat mengganggu jika kita harus mematikan HP hanya untuk mengecasnya.

Di beberapa kasus, cara mengatasi permasalahan di atas sebenarnya dapat dilakukan sendiri tanpa harus membawanya ke tempat service. Meski begitu, Anda juga harus menyiapkan sejumlah biaya jika terdapat komponen yang harus diganti.

Masalah smartphone yang tidak dapat dicas saat hidup umumnya bisa diatasi dengan cara yang hampir sama meskipun merk dan serinya berbeda. Bagi Anda pengguna ponsel Xiaomi, mari simak beberapa hal yang bisa dilakukan berikut ini!

Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Dicas Saat Hidup

HP yang tidak bisa dicas harus segera diatasi karena risikonya akan membuat kita tidak dapat menggunakan HP tersebut. Bagi Anda pemilik smartphone Xiaomi, beberapa hal berikut dapat dicoba untuk mengatasi masalah di atas:

1. Perbarui Versi MIUI

Jika HP hanya bisa dicas dalam keadaan mati, mungkin saja penyebabnya adalah karena masalah OS. Untuk itu, tak ada salahnya untuk memperbarui versi MIUI di HP tersebut. Proses update MIUI sendiri hanya butuh waktu 15-20 menit saja.

Selain untuk memastikan ada tidaknya masalah di atas, update MIUI juga tetap bermanfaat untuk pengalaman penggunaan yang lebih baik. MIUI sendiri akan memberitahukan kepada pengguna jika ada update versi baru.

2. Port USB Longgar atau Rusak

Penyebab HP Xiaomi tidak bisa dicas saat hidup mungkin juga karena port USB yang terlalu longgar atau sudah rusak. Jika benar demikian, proses pengisian baterainya tidak akan berjalan lancar sehingga statusnya kadang masuk kadang keluar.

Inilah yang sering kali dianggap tidak dapat dicas saat hidup. Untuk masalah ini, opsi terbaik memang harus mengganti port USB tersebut. Untuk itu, silakan bawa ponsel Anda ke tempat service yang dapat menangani HP Xiaomi.

3. Mengganti IC Charger

Salah satu permasalahan yang cukup fatal penyebab HP Xiaomi tidak bisa dicas saat hidup adalah kerusakan pada bagian IC charger. Jika hal ini terjadi, maka Anda juga harus menggantinya dengan komponen yang baru.

Harga dari komponen ini umumnya masih relatif terjangkau dengan harga yang berbeda-beda tergantung seri Xiaomi yang Anda gunakan. Untuk proses pemasangannya, Anda bisa membawanya ke tempat service.

4. Mengganti Kabel USB

Selanjutnya, penyebab HP Xiaomi tidak bisa dicas saat hidup bisa juga karena kabel USB yang digunakan bukan versi original. Hal ini akan membuat sistem Android tidak mengenali jenis kabel USB tersebut pada saat menyala.

Akan tetapi, terkadang proses charging justru dapat dilakukan pada saat ponsel sudah dimatikan. Oleh karena itu, cobalah untuk mengganti charger USB tersebut dengan yang versi original atau USB khusus untuk HP Xiaomi.

5. Lakukan Factory Reset

Terakhir, HP Xiaomi tidak bisa dicas saat hidup mungkin saja terjadi karena adanya bug pada sistem Android. Masalah bug seperti ini bisa saja terjadi karena instal ROM yang tidak cocok, atau berbagai penyebab lainnya.

Jika semua cara di atas sudah Anda coba, maka opsi selanjutnya adalah melakukan factory reset agar pengaturan sistem kembali seperti semula. Sebelum melakukannya, silakan backup terlebih dahulu data-data penting Anda.

Jika HP tidak dapat dicas, tentu akan membuat HP kita tidak dapat digunakan karena kehabisan daya. Pada kasus HP Xiaomi tidak bisa dicas saat hidup, maka Anda bisa coba mengatasinya dengan beberapa solusi di atas.