Cara Mengatai USB HP Putus Nyambung Anti Gagal

Sebagai pengguna gadget, pasti pernah mengalami masalah USB HP putus nyambung. Jika perangkat digunakan terus menerus dalam waktu lama, maka akan mengalami kerusakan yang menyebabkan konektor terputus.

Bagi Anda yang belum tahu, USB3 adalah kabel data versi terbaru biasa digunakan untuk menghubungkan berbagai perangkat (hard drive eksternal, flash drive, ponsel, dll) ke komputer.

Ada juga versi yang lebih baru, USB-C, lebih kecil dan dapat dibalik. Versi terbaru ini membawa beberapa perubahan signifikan dibandingkan dengan USB sebelumnya.

Penyebab USB Terputus di HP

Sebelum mendalami cara mengatasi USB HP putus nyambung, Anda perlu mencari tahu dulu penyebabnya. Dengan cara ini dapat menentukan metode mana yang paling efektif untuk membuat adaptor dikenali kembali.

Menurut laporan dari situs Microsoft, beberapa penyebab paling umum ialah pada driver USB tidak stabil atau rusak. Sistem operasi pada PC belum diperbarui.

Jadi ada masalah antara hard drive eksternal dan Windows. Ada pembaruan perangkat keras atau perangkat lunak Windows yang terlewat.

Kesalahan atau penyebab lainnya adalah pengontrol USB tidak stabil atau rusak, drive eksternal telah berhenti dan Motherboard PC perlu diperbarui.

Cara Mengatai USB HP Putus Nyambung di Smartphone

Dari penjelasan diatas terkait penyebab USB bermasalah, berikut adalah beberapa cara bisa Ada lakukan dalam mengatasi kebel data putus nyambung.

1. Periksa Kabel dan Adaptor Pengisi Daya

Cara pertama untuk melakukannya adalah dengan memeriksa kabel data dan adaptor smartphone. Mungkin bukan port USB yang bermasalah, tetapi kabel data dan adaptor yang disertakan dengan smartphone rusak.

Anda bisa mencoba menukar kabel data lain untuk memastikan adaptor bukan masalah utama. Periksa apakah colokan yang terhubung telah dicabut.

Jika memungkinkan, kemungkinan kerusakan terletak pada komponen kabel data standar smartphone tersebut. Namun jika tidak bisa, maka ada kemungkinan USB HP putus nyambung dari software atau hardware tersebut.

2. Mengatasi Konektor Charger yang Longgar

Salah satu penyebab putusnya konektor USB adalah port charger smartphone yang longgar. Tentu saja, saat mengisi daya, Anda harus menekan atau memindahkan colokan agar arus tidak putus.

Hal ini disebabkan longgarnya konektor charger pada smartphone. Gunakan jarum jahit atau obeng berujung kecil, lalu masukkan ke dalam lubang kebel data dan tekan ke bawah agar permukaannya lebih bengkok.

Lakukan hal yang sama pada bagian samping dan bawah colokan agar tidak terasa longgar saat dicolokkan ke port charger. USB HP putus nyambung ini akan terselesaikan dengan cara tersebut.

3. Bersihkan Debu/Karat Pada Konektor USB

Cara selanjutnya adalah dengan membersihkan port charger pada smartphone. Sebelum membersihkan, pengguna perlu memeriksa port USB.

Penyebabnya biasanya bukan debu di port charger, melainkan seringnya ganti kebel yang tidak cocok dengan smartphone. Jika merasa tidak ada masalah lain, bersihkan babel data secara perlahan dengan sikat kecil.

Sebagai pengingat, jangan bersihkan adaptor tersebut dengan air. Bukannya memperbaikinya, justru akan merusak port USB pada smartphone tersebut.

4. Ganti Konektor Jika Rusak atau Patah

Konektor ini merupakan alat yang mudah rusak jika tidak dirawat dengan baik. Sering melepas secara paksa atau sering menjatuhkannya ke benda yang lebih berat akan merusak port pengisian daya.

Cara mengatasi USB HP putus nyambung adalah ganti dengan konektor baru untuk menyelesaikan masalah. Anda dapat melakukannya sendiri di rumah dengan menonton tutorial di internet.

Menggunakan alat dan keterampilan yang tepat untuk menggantikannya sendiri. Namun, jika mengalami kesulitan, sebaiknya bawa ke ahlinya atau service terdekat untuk memperbaiki konektor yang rusak.

5. Pergi ke Service Center

Jika Anda sudah mencoba beberapa cara di atas namun tetap tidak mendapatkan jawaban. Cara terakhir adalah dengan membawanya ke service center terdekat.

Tujuannya untuk mengetahui apa saja kerusakannya, baik itu dari kabel data ataupun dari software smartphone itu sendiri. Karena setiap smartphone pasti memiliki service point untuk kerusakan smartphone tersebut.

Tujuannya untuk mencari solusi tepat dari pihak yang lebih berkompeten di bidangnya. Cara mengatasi USB HP putus nyambung tersebut cepat, mudah dan tentunya langsung siap digunakan.