Berapa Lama Ngecas Power Bank 20000mAh? Berikut Hitungannya

Pernahkah Anda bertanya-tanya berapa lama ngecas power bank 20000mAh ? Tidak sedikit pengguna power bank yang belum mengetahui cara untuk menghitung lamanya mengecas power bank.

Karena pada dasarnya menghitung lamanya mengecas power bank bisa dilakukan meskipun tidak ada keterangan resmi di dalamnya. Maka dari itu, untuk menjaganya tetap berfungsi maka ketahui cara mempertahankannya.

Dan tentunya adaptor charger dari ponsel memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Sehingga tidak akan terjawab berapa lamanya ngecas powerbank secara pasti. Tetapi masih bisa dihitung dengan cara tertentu.

Cara Menghitung Berapa Lama Ngecas Power Bank 20000mAh

Power bank merupakan salah satu aksesoris smartphone yang dapat menyimpan energi listrik dalam jumlah tertentu, untuk dialirkan ke handphone. Sehingga banyak pengguna power bank untuk mengisi baterai saat berada di luar ruangan.

Tentunya ukuran daya kapasitas power bank berbeda-beda, mulai dari 1600mAh, 1800,mAh, sampai 20000mAh. Sehingga banyaknya ukuran daya ini, membuat para penggunanya kebingungan berapa lama untuk mengecas power bank tersebut.

Biasanya pada pembelian power bank tidak disediakan adaptor chargernya, hanya kabelnya saja. Sehingga untuk mengecas power bank tersebut menggunakan adaptor charger ponsel yang biasa dipakai.

Bagi Anda yang memiliki power bank merk apapun itu, seperti Samsung, Vivan, Xiaomi, dan yang lainnya. Perlu bagi Anda mengetahui cara menghitung berapa lama ngecas power bank 20000mAh.

Hal ini dilakukan agar pengisian dayanya tidak overcharging, yang bisa membuat kerusakan pada power bank tersebut terutama baterainya. Anda bisa mulai belajar menghitungnya agar pengisian baterainya penuh tanpa overcharging. Simak penjelasan berikut.

Adapun rumus menghitung berapa lama mengecas power bank yaitu :

“Lama waktu charging = (besarnya mAh power bank) / (mA Charger/adaptor) + 10%“

Supaya tidak bingung, Kami akan menjelaskan keterangannya. Besarnya mAh power bank adalah besarnya ukuran power bank untuk menyimpan daya, sedangkan besarnya mA charger/adaptor adalah besarnya ukuran output charger yang tertera di body atau kepala charger.

Dan yang 10% adalah perkiraan atau estimasi faktor derau yang memiliki nilai tak tentu. Tergantung pada power bank atau charger itu sendiri.

Mari hitung berapa lama ngecas power bank 20000mAh, berikut uraiannya.

Besarnya mAh power bank = 20000mAh

Besarnya mA charger/adaptor = 2000mA

Maka : 20000/2000+ 10% = 10+1,0= 10 jam

Jadi dari hasil hitungan diatas, lamanya ngecas power bank 20000mAh adalah 10 jam. Itu pun jika besarnya mA pada charger 2000mAh. Dan hasilnya akan berbeda jika besarnya mAh charger bukan 2000mAh.

Jadi lamanya mengecas power bank 20000mAh itu berbeda-beda tergantung besarnya mA charger yang digunakan untuk mengecas power bank tersebut.

Perhitungan Lain yang Perlu Dipahami

Lalu, jika lamanya mengecas power bank 20000mAh dengan menggunakan charger sebesar 2000mA adalah 10 jam. Berapa kali power bank bisa digunakan untuk mengisi baterai ponsel ? Tentunya untuk mengetahui hal tersebut diperlukan hitung-hitungan.

Untuk melakukan hitungan tersebut tentunya berbeda dengan rumus menghitung berapa lama ngecas power bank 20000mAh. Jika power bank Anda memiliki kapasitas 20000mAh dan kapasitas baterai ponsel Anda misalnya 2000mAh, maka cara menghitungnya seperti berikut ini.

“ (mAh power bank) / (mAh baterai ponsel) = Hasilnya ”

Maka cara menghitungnya sangat mudah, bahkan Anda sudah bisa menghitungnya dengan cepat. Hasilnya hitungannya adalah :

“ 20000mAh / 2000mAh = 10 “

Jadi power bank dengan kapasitas 20000mAh bisa digunakan untuk mengecas baterai ponsel dengan kapasitas 2000mAh sebanyak 10 kali. Namun hasil ini akan berbeda, tergantung dari besarnya kapasitas power bank dan kapasitas baterai ponsel yang tertera.

Demikian cara untuk mengetahui berapa kali power bank dengan kapasitas 20000mAh dapat digunakan untuk mengecas baterai ponsel. Berikut dengan penjelasan cara menghitung berapa lama ngecas power bank 20000mAh.